Comscore Tracker

Masturbasi Memang Bikin Lemas dan Ngantuk, Ini Lho Alasan Jelasnya!

Pertimbangkan situasi kondisi sebelum melakukannya

Masturbasi sering menjadi pelarian aktivitas ketika seseorang merasa penat ataupun bosan dengan rutinitas hariannya. Ini karena masturbasi telah diketahui masyarakat bisa memberikan efek menyenangkan dan menenangkan.

Namun tidak sedikit orang yang mengaku bahwa mereka merasa lemas setelah masturbasi. Apakah memang wajar seperti itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah penjelasan penyebab kamu lemas setelah masturbasi!

1. Masturbasi memang sebabkan lemas setelah melakukannya, tapi seharusnya itu tidak berlangsung terlalu lama

Masturbasi Memang Bikin Lemas dan Ngantuk, Ini Lho Alasan Jelasnya!medicalnewstoday.com

Berdasarkan diskusi dengan beberapa dokter ahli di Quora, ada beberapa penyebab wajar lemasnya kondisi tubuh setelah masturbasi. Terutama sama seperti ketika kamu baru saja mengerahkan tenaga untuk pup atau olahraga.

Ketika kamu ejakulasi, otot-otot tubuhmu mengejan dengan kuat seluruhnya dan kamu melepaskan testosteron, ini menyebabkan kamu lelah. Orgasme dari masturbasi memang menimbulkan rasa “lemas” sama halnya dengan pengerahan tenaga fisik pada aktivitas lainnya.

2. Ejakulasi membuat lemas karena semen mengandung banyak bahan-bahan vital yang penting untuk fungsi prima tubuh

Masturbasi Memang Bikin Lemas dan Ngantuk, Ini Lho Alasan Jelasnya!netdoctor.co.uk

Selain itu sperma juga digunakan ulang oleh tubuh untuk melakukan beberapa fungsi penting pada tubuh. Semen dan sperma adalah kekuatan energi vital tubuh, jadi kehilangannya berarti akan melemahkan badanmu (untuk sementara waktu).

Untuk membentuk ulang semen dan sperma yang telah dikeluarkan, tubuh akan menyerap kandungan-kandungan yang dibutuhkan. Sehingga dibutuhkan waktu beberapa saat sampai kamu mendapatkan energimu kembali dan siap beraktivitas secara prima. Masturbasi dengan posisi yang tidak rileks pun akan membuatmu semakin kelelahan.

Baca juga: Ini 7 Pengalihan Pikiran Agar Kamu Gak Masturbasi Melulu

3. Orgasme di ujung masturbasi bisa memberikan rasa rileks dan meningkatkan kualitas tidur, ini yang sering disalahartikan sebagai lemas

Masturbasi Memang Bikin Lemas dan Ngantuk, Ini Lho Alasan Jelasnya!rd.com

Orgasme diketahui mampu meningkatkan lamanya waktu tidur dalam keadaan sangat nyenyak. Orgasme melepaskan hormon-hormon bahagia, seperti endorfin (pada pria dan wanita) dan oksitosin (pada wanita). Hormon bahagia yang bereaksi di tubuh ditambah dengan otot-otot yang habis mengejan, akan membuatmu merasa ingin berbaring dan bermalasan, yang bisa berujung tidur nyenyak.

Sebenarnya seseorang bisa tetap lanjut beraktivitas jika tidak menuruti dorongan istirahat tersebut, namun perasaan tersebut sering disalahartikan sebagai lelah dan tidak mampu melanjutkan aktivitas biasa, sehingga harus istirahat. Padahal kamu bisa banget kok tetap beraktivitas setelah itu, apalagi jika aktivitas yang akan kamu lakukan butuh ketenangan, hal ini malah akan membantu.

4. Masturbasi berlebihan bisa menjadi tanda dari stres yang sudah menumpuk, baik disadari maupun tidak dan stres itulah yang membuat tubuhmu lebih terasa lelah

Masturbasi Memang Bikin Lemas dan Ngantuk, Ini Lho Alasan Jelasnya!asiaone.com

Berdasarkan situs WebMD, masturbasi berlebihan bisa juga menjadi tanda bahwa kamu sedang sangat tertekan. Meskipun melakukannya bisa terbilang normal, kalau sampai kelelahanmu mengganggu aktivitas sehari-harimu, itu tandanya kamu perlu segera meminta pertolongan ahli.

Bantuan ahli yang dimaksud di sini adalah dari sisi medis maupun psikis. Kamu perlu mengetahui akar penyebab kelelahanmu, agar tidak berkelanjutan dan terus mengganggumu.

Masturbasi Memang Bikin Lemas dan Ngantuk, Ini Lho Alasan Jelasnya!mazemenshealth.com

Nah, itulah alasan kenapa masturbasi dapat membuatmu merasa sangat lemas. Bukan berarti lebih baik untuk tidak masturbasi ataupun lebih baik untuk masturbasi, tapi kamu perlu mengetahui waktu yang tepat untuk melakukannya. Pertimbangkan apa aktivitasmu berikutnya jika memang ingin masturbasi, kalau membutuhkan konsentrasi dan fokus tinggi, lebih baik jangan.

Baca juga: 8 Mitos Soal Penis Ini Dibantah Langsung oleh Para Dokter

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You