Comscore Tracker

Ternyata Pria Perjaka Mungkin Kena Penyakit Menular Seksual Lho!

Harus bisa jaga diri

Kebanyakan orang berpikir bahwa seorang perjaka bebas dari infeksi seksual, padahal mereka juga menghadapi kemungkinan terkena human papillomavirus (HPV). Sehingga keperjakaan seseorang gak menjamin keamanan itu. Bukti lebih lanjut berasal dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Infectious Diseases oleh para peneliti di The University of Texas Health Science Center. Untuk lebih jelasnya, baca selengkapnya di sini!

1. HPV adalah infeksi menular seksual yang dianggap biasa, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC)

Ternyata Pria Perjaka Mungkin Kena Penyakit Menular Seksual Lho!lifestyle.analysadaily.com

HPV termasuk penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. HPV adalah virus yang berbeda dengan HIV dan HSV (herpes). Masyarakat AS, kebanyakan di usia belasan dan awal 20-an, terinfeksi HPV. Ada banyak jenis HPV. Beberapa jenis dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk genital warts dan kanker. Namun ada vaksin yang bisa menghentikan masalah ini agar gak berkepanjangan.

2. Orang AS sudah gak terkejut jika seseorang didiagnosis terkena HPV, tapi pemikiran masyarakat adalah bahwa orang dengan HPV pasti aktif secara seksual

Ternyata Pria Perjaka Mungkin Kena Penyakit Menular Seksual Lho!jezebel.com

Dilansir dari iflscience, bahkan tercatat 80 juta orang di AS saat ini memilikinya. Virus ini dapat menyebar melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi, yang meliputi seks vaginal, anal atau oral. Ternyata penelitian terbaru menemukan bahwa itu bukan satu-satunya cara penularan HPV, bahkan perjaka dan perawan pun bisa mendapatkannya.

Baca juga: 7 Hal Soal Kesehatan Seksual Ini Gak Disampaikan oleh Kebanyakan Dokter

3. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun pria menahan diri dari hubungan seks vaginal dan anal, mereka masih mungkin terkena virus tanpa aktivitas penetrasi

Ternyata Pria Perjaka Mungkin Kena Penyakit Menular Seksual Lho!datingloveandsextips.com

Ternyata bisa juga disebabkan kontak antara tangan dengan kelamin atau kontak antar kelamin walau tak dipenetrasi (hanya bersentuhan). Bahkan saat menggunakan kondom, kamu masih belum sepenuhnya terlindungi dari penyakit IMS, karena kontak yang terjadi juga bisa dari kulit ke kulit. Penelitian terbaru ini memantau 87 perjaka berusia 18-70, mulai dari tahun 2005-2009 di segala penjuru AS, Brasil dan Meksiko.

4. Di sebagian besar kasus, HPV gak menjadi masalah yang berarti dan bisa sembuh begitu saja dengan sendirinya

Ternyata Pria Perjaka Mungkin Kena Penyakit Menular Seksual Lho!livescience.com

Meskipun begitu kadang tetap ada beberapa kasus HPV yang perlu ditangani medis sesegera mungkin, apalagi jika sangat mengganggu. Dilansir dari plannedparenthood.org, kebanyakan orang bahkan gak tahu bahwa mereka pernah mendapatkan HPV sekali dalam hidupnya, terutama ketika mereka sudah pernah melakukan hubungan seks. Sehingga gak perlu dikhawatirkan dan gak perlu malu.

Ternyata Pria Perjaka Mungkin Kena Penyakit Menular Seksual Lho!paulchappell.com

Kamu memang gak perlu khawatir berlebih jika kena HPV, tapi tetap lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika kamu melakukan hubungan seks, lakukanlah dengan aman dan sebagai pasangan harus sama-sama menjaga kesehatan. Yang penting juga, lakukan dengan pasangan sah, agar kamu gak terkena risiko tersebut akibat ganti-ganti pasangan.

Baca juga: 5 Tanda Infeksi Ragi Pada Pria, Sudah Tahu?

Topic:

Just For You