Comscore Tracker

Awas, Stres Bisa Benar-benar Mempengaruhi Kondisi Spermamu Lho!

Lebih banyak tenangkan diri

Gak ada yang bagus kalau kita bicara soal stres. Stres akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita yang akhirnya membuat kita jadi gak sehat, baik pikiran maupun fisik. Dampak itu ternyata bisa langsung terlihat pada sperma seorang pria lho. Dilansir dari iflscience, baca selengkapnya di sini untuk mengetahui bagaimana stres bisa mempengaruhi kondisi spermamu.

1. Stres bisa mempengaruhi sperma dan berdampak pada keturunan yang dihasilkan

Awas, Stres Bisa Benar-benar Mempengaruhi Kondisi Spermamu Lho!menshealth.com

Penelitian ini dipimpin oleh Jennifer Chan, seorang ahli neuroendokrinologi di University of Pennsylvania. Efek ini terlihat bahkan setelah beberapa lama kondisi stres sudah berlalu. Bahkan dengan paparan stres yang sama selama 3 bulan, kondisi keturunan yang termodifikasi oleh stres itu menjadi nyaris permanen.

2. Namun gak semua stres itu bisa dikategorikan buruk

Awas, Stres Bisa Benar-benar Mempengaruhi Kondisi Spermamu Lho!huffingtonpost.com

Pernyataan ini diungkapkan oleh Daniela Kaufer, seorang profesor biologi integratif dari University of California Berkeley, yang gak terlibat dalam studi tersebut, kepada Berkeley News. Menurutnya, beberapa jumlah stres itu baik untuk mendorongmu ke tingkat kewaspadaan optimal, kinerja perilaku dan kemampuan kognitif. Adrenalin, kortisol, dan norepinephrine: 3 hormon yang dilepaskan saat mengalami stres, adalah alasan di balik respon stres kita.

Baca juga: Kenapa Bau Badan Pria Bisa Membuat Wanita Bergairah?

3. Namun paparan lingkungan yang buruk seperti stres, pola makan, obat-obatan atau polusi bisa meningkatkan risiko penyakit neuropsikiatrik pada generasi berikutnya

Awas, Stres Bisa Benar-benar Mempengaruhi Kondisi Spermamu Lho!healthline.com

Tim peneliti mengamati epididimis caput, wilayah saluran reproduksi laki-laki di mana sel sperma menjadi matang. Mereka mengambil reseptor glukokortikoid, yang terlibat dalam transmisi stres. Biasanya, seorang pria saat stres, dengan reseptor glukokortikoid, membuat terlalu banyak kortikosteron, sebuah hormon stres. Hal ini diturunkan terhadap keturunannya, yang juga memproduksi kortikosteron lebih banyak saat terpapar penyebab stres yang sama.

4. Ketika tim peneliti menyingkirkan reseptornya, mereka secara efektif menghentikan kelebihan produksi kortikosteron pada keturunannya dan membawa respons hormonal mereka kembali ke tingkat normal

Awas, Stres Bisa Benar-benar Mempengaruhi Kondisi Spermamu Lho!psychologytoday.com

Tim peneliti percaya bahwa kemungkinan aktivasi reseptor glukokortikoid mengubah RNA pada vesikula epididimis, yang menyalurkan isi yang telah berubah ke sperma dan, selanjutnya, ke generasi yang berikutnya.

Awas, Stres Bisa Benar-benar Mempengaruhi Kondisi Spermamu Lho!medicalxpress.com

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya menjaga pikiran dan perasaan tetap tenang. Karena bahkan itu akan mempengaruhi keturunanmu lho. Maka jadilah pria yang kuat dan penuh kesabaran, karena selain akan membuatmu bijak, juga baik buat kesehatanmu dan generasi mendatangmu.

Baca juga: 7 Hal Soal Kesehatan Seksual Ini Gak Disampaikan oleh Kebanyakan Dokter

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You