Comscore Tracker

Hamil Tanpa Berhubungan Seks, Mungkinkah Ini Terjadi?

Fenomena ini disebut virgin pregnancy

Kehamilan terjadi saat sperma membuahi sel telur, yang umumnya terjadi melalui hubungan seksual yang melibatkan penetrasi. Selama penetrasi, air mani yang berisi ribuan sperma bisa dilepaskan dan memasuki vagina, kemudian berjalan melalui leher rahim dan rahim ke saluran tuba, di mana sel telur biasanya dibuahi.

Namun, terkadang kehamilan bisa terjadi tanpa hubungan seks. Meskipun kasus ini sangat jarang dan tampaknya hampir tidak mungkin, tetapi ternyata ini adalah kasus nyata. Bahkan, sejumlah perempuan mengaku hamil dan memiliki anak tanpa melakukan hubungan seks.

Bagaimana hamil tanpa berhubungan seks bisa terjadi? Mari kita membahas fenomena ini lebih mendalam lewat ulasan di bawah ini. Baca terus, ya!

1. Sejumlah perempuan mengklaim bahwa mereka hamil tanpa berhubungan seks

Hamil Tanpa Berhubungan Seks, Mungkinkah Ini Terjadi?ilustrasi perempuan hamil (pexels.com/Leah Kelley)

Sebuah analisis data yang dimuat dalam British Medical Journal tahun 2013 menemukan bahwa dari 7.870 perempuan yang berpartisipasi dalam studi ini, sebanyak 45 perempuan mengklaim bahwa mereka hamil tanpa berhubungan seks dan tidak terkait dengan fertilisasi in vitro atau inseminasi buatan.

Para peneliti menemukan bahwa kasus ini lebih banyak terjadi pada perempuan yang orangtuanya sama sekali tidak berbicara atau hanya sedikit berbicara tentang seks dan pengendalian kelahiran.

Selain itu, dilansir Health, beberapa dokter mengaku bahwa mereka pernah membantu persalinan perempuan yang ternyata memiliki selaput dara yang utuh. Kasus ini dikenal sebagai virgin pregnancy atau kehamilan perawan.

2. Bagaimana seseorang bisa hamil tanpa berhubungan seks?

Agar kehamilan terjadi, sperma harus bertemu dengan satu sel telur di dalam saluran tuba fallopi. Melakukan hubungan seks penetrasi membantu mengantarkan ejakulasi paling dekat ke leher rahim, sehingga sperma dapat melakukan perjalanan menuju pembuahan.

Namun, sperma juga bisa masuk ke dalam vagina saat seorang laki-laki ejakulasi atau mengeluarkan cairan pre-ejakulasi di dekat lubang vagina. Sperma di dalam air mani secara alami akan menemukan jalan mereka ke dalam vagina dan berenang ke serviks serta melakukan pembuahan, mengutip Health

Kehamilan seperti ini lebih mungkin terjadi pada orang yang lebih muda, yang cenderung cukup subur. Meskipun sangat kecil kemungkinannya hal ini dapat terjadi, tetapi perlu diketahui bahwa kehamilan perawan adalah hal yang nyata.

Baca Juga: 7 Fakta Berhubungan Intim Setelah Melahirkan, Pasutri Harus Tahu!

3. Adakah cara lain untuk hamil tanpa berhubungan seks?

Hamil Tanpa Berhubungan Seks, Mungkinkah Ini Terjadi?ilustrasi berhubungan seks (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melalui bantuan teknologi, perempuan juga bisa hamil tanpa melakukan hubungan seks. Mengutip Healthline, kehamilan tanpa seks bisa dilakukan menggunakan bantuan prosedur medis, seperti inseminasi intrauterine dan fertilisasi in vitro.

Kedua prosedur tersebut biasanya dipilih oleh orang-orang yang membutuhkan sperma atau sel telur donor. Biasanya, ini dilakukan oleh orang-orang yang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan hubungan seksual, atau pasangan sesama jenis yang ingin memiliki anak.

4. Apa yang harus dilakukan jika kamu berpikir kamu mungkin hamil?

Jika kamu mengalami keterlambatan menstruasi atau menunjukkan gejala awal kehamilan lainnya, jangan panik dan segera lakukan tes kehamilan di rumah.

Kamu bisa membeli test pack yang banyak tersedia di apotek bahkan supermarket. Jika masih tidak yakin, cobalah buat janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dan mendapatkan hasil akurat.

Beberapa tanda kehamilan yang umum meliputi payudara bengkak atau sakit, sering buang air kecil, mual dan muntah, serta kelelahan. Beberapa perempuan hamil juga mengalami gejala yang kurang umum, seperti sembelit, rasa logam di mulut, atau pusing.

5. Mencegah virgin pregnancy

Hamil Tanpa Berhubungan Seks, Mungkinkah Ini Terjadi?ilustrasi kontrasepsi (unsplash.com/@rhsupplies)

Virgin pregnancy adalah kejadian yang langka, sehingga kamu tidak boleh khawatir tanpa alasan yang jelas. Meski begitu, untuk mengurangi risiko kehamilan yang tidak diinginkan, kamu mungkin perlu mengambil tindakan pencegahan di masa depan.

Jika ada kemungkinan penis pasangan atau air maninya berkontak dengan atau mendekati vagina, minta pasangan menggunakan kondom. Selain itu, kontrasepsi reversibel jangka panjang, seperti spiral atau implan pengendalian kelahiran, dapat membantu memberikan perlindungan dari kehamilan yang tidak diinginkan.

Hamil tanpa berhubungan seks mungkin terdengar tidak masuk akal pada awalnya, tetapi sekarang kamu sudah tahu bahwa ini nyata adanya. Apabila kamu tidak ingin hamil dalam waktu dekat, luangkan waktu untuk mempertimbangkan beberapa opsi pengendalian kelahiran atau buat janji dengan dokter.

Baca Juga: 7 Risiko Melakukan Fingering saat Berhubungan Seks, yuk Kenali!

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya