Comscore Tracker

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal!

Bisa mengancam kesehatanmu lho!

Keputihan merupakan cairan bening yang muncul dari vagina. Biasanya keputihan yang normal tidak membahayakan. Namun saat keputihan terjadi tidak normal yaitu terjadi terus-menerus disertai bau yang menyengat kamu perlu waspada karena bisa saja kesehatanmu sedang terganggu. Berikut lima penyebab yang bisa saja terjadi saat keputihan berlangsung abnormal!

1. Kanker leher rahim

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal!medicalnewstoday.com

Banyak yang tak menduga bila keputihan yang terjadi terus-menerus merupakan indikasi terjadinya kanker leher rahim atau kanker serviks. Mungkin keputihan memang tak berbau namun terjadi secara terus-menerus dan biasanya hal ini terjadi setelah menstruasi. Gejala lain yaitu  perubahan berat badan yang terus menurun disertai kondisi wajah yang pucat. Nah jangan dianggap remeh ya!

2. Diabetes

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal!zeenews.india.com

Diabetes terjadi bisa saja karena produksi insulin sedikit dan terjadinya resistensi insulin di dalam tubuh. Gula darah yang tinggi sangat tidak baik oleh karena itu banyak dikeluarkan lewat urin. Nah urin yang mengandung glukosa ini amat disukai oleh organisme seperti jamur dan bakteri dan akibatnya keputihan pun terjadi karena adanya mikroorganisme tersebut. Nah segera atasi gula darahmu yang tinggi ya karena membahayakan!

Baca Juga: 7 Fakta tentang Keputihan yang Belum Banyak Diketahui, Yuk Kenali!

3. Infeksi jamur

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal!health.clevelandclinic.org/

Infeksi jamur bisa disebabkan oleh diabetes juga bisa disebabkan oleh hal lain. Seperti misalnya sanitasi yang buruk menyebabkan kamu mengalami infeksi jamur dan infeksi ini akhirnya menimbulkan keputihan. Keputihan bisa saja juga diakibatkan karena masuknya bakteri patogen seperti bakteri gonorrhea yang masuk karena aktivitas seksual. Bakteri ini menimbulkan penyakit sifilis dan menyebabkan keputihan terjadi terus-menerus.

4. Obat

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal!omgfacts.com

Jika kamu sedang sakit dan diharuskan mengonsumsi obat secara terus-menerus tentunya hal ini juga menyebabkan keputihan terjadi. Biasanya obat akan mengganggu keseimbangan hormon reproduksi yang akhirnya keputihan pun terjadi. Selain itu penggunaan pil KB dan berbagai alat kontrasepsi lainnya juga bisa menimbulkan keputihan.

5. Penipisan dinding vagina

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal!123rf.com/Shao-Chun Wang

Terakhir keputihan bisa saja terjadi karena dinding vagina mengalami penipisan karena masa menopause akan hadir. Kondisi ini normal karena mendekati masa menopause dinding selaput vagina akan mengalami penipisan dan kian mengering dan hal ini disebut dengan vaginal athropy.

Nah segera cek ya kenapa keputihan terjadi secara tidak normal karena bisa saja kamu sedang memiliki penyakit serius!

Baca Juga: Keputihan pada Pria Bisa Sangat Menyiksa, Sebenarnya Apa Penyebabnya?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya