Comscore Tracker

Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!

Asal makan, bisa-bisa pasangan kecewa

Libido atau gairah seksual menjadi hal penting bagi pasangan suami istri. Hubungan ranjang yang intim dan harmonis bisa menguatkan ikatan cinta pasangan.

Begitu pula sebaliknya, saat performa seksual tak sesuai harapan, muncul ketidakpuasan yang bisa berbuntut panjang. Ketidakharmonisan hingga godaan perselingkuhan.

Aspek psikologis ataupun hormon dapat memengaruhi libido seseorang. “Pada laki-laki dan perempuan, hormon testosteron mendorong banyak libido. Testosteron rendah, artinya dorongan seks pun rendah,” kata Dr. Michael Hirt, pendiri Center for Integrative Medicine, Amerika Serikat (AS), mengutip Insider.

Dengan alasan inilah kenapa banyak orang tertarik dengan makanan yang diyakini bersifat afrodisiak, yakni bisa meningkatkan libido, meskipun masih sedikit fakta ilmiah yang bisa membuktikannya.

Di sisi lain, ada beberapa jenis makanan yang diketahui bisa "membunuh" libido, sehingga sebaiknya batasi atau kurangi konsumsinya. Apa saja? Ini daftarnya!

1. Alkohol

Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!freepik.com/drobotdean

Terdapat kesalahpahaman terhadap pengaruh alkohol yang banyak diyakini bisa meningkatkan gairah seks seseorang. Memang, efek alkohol dapat membuat kamu lebih berani. Namun, untuk performa seksual, justri bisa berdampak sebaliknya.

Menurut Hirt, minuman beralkohol bisa merusak performa seks karena dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan fungsi seksual.

2. Makanan manis

Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!unsplash.com/Michaela Baum

Waspadalah dengan makanan dan minuman manis. Sering mengonsumsinya tak hanya meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, tapi juga dapat memengaruhi kehidupan seks.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Endocrinology melibatkan 74 orang pria berusia 19-74 tahun. Hasilnya, pemberian asupan gula 75 gram ternyata dapat menurunkan kadar testosteron hingga 25 persen. Efeknya bahkan bertahan hingga 2 jam setelah melahapnya. Para peneliti meyakini hal ini dapat terjadi akibat gangguan pada testis akibat konsumsi gula.

Penelitian lain yang dimuat dalam jurnal Reproductive Biology and Endocrinology menunjukkan kesimpulan serupa. Melibatkan 545 laki-laki berusia 20-39 tahun, ditemukan adanya hubungan antara konsumsi minuman manis dengan tingkat testosteron yang rendah.

Baca Juga: Ini 7 Faktor Penyebab Libido Rendah Paling Umum, Jadi Kurang Greng Deh

3. Air minum dalam kemasan

Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!pexels.com/@olly

Karena praktis dibawa ke mana-mana, air minum dalam kemasan kerap jadi pilihan saat bepergian. Namun, sebaiknya hindari sering-sering mengonsumsi air minum dalam kemasan. Kenapa?

Melansir Eat This, Not That!, yang dipermasalahkan bukanlah airnya, melainkan botol plastik yang digunakan. Diketahui bahwa bisphenol A (BPA) adalah senyawa kimia yang umum ditemukan pada berbagai kemasan plastik dan kaleng, dan telah dikaitkan terhadap penurunan kesuburan pada perempuan maupun laki-laki.

Sebuah studi yang terbit di jurnal Fertility & Sterility menemukan hubungan antara konsentrasi BPA pada urine lelaki dengan kuantitas sperma. Dibandingkan dengan urine laki-laki yang tidak mengandung BPA, urine laki-laki yang mengandung BPA lebih berisiko mengalami penurunan konsentrasi sperma, vitalitas sperma, jumlah sperma, dan rendahnya motilitas atau kemampuan sperma untuk bergerak secara lebih efisien. Tentunya ini akan menyulitkan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Tak hanya berdampak buruk bagi laki-laki, paparan BPA juga memengaruhi sistem reproduksi perempuan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, perempuan dengan kadar BPA yang tinggi dalam tubuhnya mengalami penurunan kuantitas sel telur yang matang.

4. Cokelat

Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!unsplash.com/@sigmund

Walaupun jenis dark chocolate baik untuk kesehatan, tapi mengonsumsinya bisa berdampak kurang baik untuk performa seks. Melansir Insider, Hirt mengatakan bahwa cokelat kerap dianggap sebagai afrodisiak karena efeknya yang bisa meningkatkan suasana hati. Sayangnya, cokelat juga bisa menekan kadar testosteron, hormon yang penting dalam mendongkrak gairah seks.

Alasan lainnya untuk menghindari makan cokelat sebelum berhubungan intim adalah kandungan cokelat yang bikin mengantuk.

“Walaupun benar-benar nikmat, cokelat penuh dengan (kandungan) methylxantines, yang bisa membuat kita merasa lesu dan mengantuk, (dan) secara alami menurunkan gairah seks kamu,” ujar Frida Harju, ahli nutrisi pada aplikasi Lifesum, mengutip Cosmopolitan.

5. Gorengan

Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!pixabay.com/free-photos

Jenis makanan lain yang bisa menurunkan libido adalah gorengan. Menurut Frida, jenis makanan berminyak tak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga memengaruhi gairah seks.

“Lemak trans yang ditemukan pada kebanyakan makanan yang digoreng telah diketahui dapat menurunkan libido perempuan maupun laki-laki, dengan meningkatnya produksi sperma abnormal pada laki-laki dan mengganggu proses kehamilan pada perempuan,” ujar Frida.

Mengutip The Healthy, gorengan juga tinggi kadar lemak jenuh yang dapat menyumbat pembuluh arteri, menghambat aliran darah, dan memicu penambahan berat badan. Semua faktor itu bisa menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi, sehingga akan mengganggu libido seks pada kaum adam.

Menurut Jamin Brahmbhatt, MD, salah satu direktur di PUR Clinic di Clermont, Florida, AS, pola makan yang buruk akan meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes, atau tekanan darah tinggi, yang kesemuanya itu dapat memengaruhi libido. Ia menyarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat demi kehidupan seks yang lebih sehat.

Supaya kehidupan rumah tanggamu semakin harmonis, pastikan hindari makanan yang bisa menurunkan libido saat hendak melakukan hubungan intim, supaya performa di ranjang bisa maksimal!

Baca Juga: 7 Tanda Gairah Seks yang Sehat, Apakah Nafsumu Wajar?

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya