6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!

Ucapkan selamat tinggal pada dismenorea!

Meningkatnya kadar hormon prostaglandin selama menstruasi membuat banyak perempuan mengalami nyeri haid. Beberapa gejala yang biasanya dialami seperti nyeri di perut bagian bawah (dismenorea), sakit kepala, lemas, kembung, diare, serta suasana hati yang tak menentu.

Meskipun begitu, gejala nyeri haid tersebut bisa berbeda-beda pada setiap perempuan. Jika nyeri yang dialami termasuk ringan, maka ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu meringankannya.

Tak perlu bingung karena makanan serta minuman pereda nyeri haid tersebut terbilang mudah ditemui di sekitarmu. Lalu, ada apa saja, ya? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Pisang

6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!ilustrasi pisang (freepik.com/KamranAydinov)

Banyak perempuan yang merasakan kram serta perut kembung saat menstruasi. Jika kamu salah satu yang mengalaminya, mengonsumsi pisang adalah solusi yang tepat untuk meringankan gejala dismenorea.

Buah berwarna kuning tersebut kaya akan kandungan potasium serta vitamin B6. Kedua nutrisi inilah yang diketahui dapat menjaga keseimbangan cairan, meringankan kram otot, serta mengurangi perut kembung, seperti dilansir dari laman Everyday Health.

2. Yogurt

6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!ilustrasi yogurt (pexels.com/Daria Shevtsova)

Dikenal bermanfaat bagi sistem pencernaan, makanan fermentasi ini nyatanya juga berdampak positif untuk sistem reproduksi. Menurut keterangan dari Healthline, kandungan probiotik dalam yoghurt mampu menjaga pH vagina tetap seimbang serta membantu mencegah adanya infeksi jamur.

Tak hanya itu, produk olahan susu ini juga ampuh untuk meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS) serta meredakan nyeri haid. Hal tersebut karena yoghurt mengandung kalsium serta magnesium yang dapat mengurangi nyeri akibat kram perut.

3. Teh kamomil

6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!ilustrasi teh chamomile (livescience.com)

Kamomil merupakan salah satu tanaman bunga yang berasal dari Eropa yang sering dijadikan minuman teh herbal. Rasanya yang manis, harum, bebas kafein, serta memiliki sejuta manfaat inilah yang membuat teh tersebut banyak diminati.

Mengutip Medical News Today, teh kamomil mengandung apigenin yang berkhasiat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan sistem imun dan mengurangi risiko kanker. Kandungan zat azolin di dalamnya juga mampu bekerja sebagai analgesik sehingga mengurangi nyeri haid, termasuk perut kembung.

Baca Juga: Waspadai Nyeri saat Haid, Bisa Jadi Itu Tanda Endometriosis

4. Telur

6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!ilustrasi telur rebus (freepik.com/timolina)

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sama halnya dengan lemak dan karbohidrat, zat makronutrien ini juga termasuk sebagai sumber energi yang dapat membuatmu kembali bertenaga.

Sebab, tak sedikit perempuan yang mengeluhkan merasa lemas saat menstruasi. Nah, telur merupakan salah satu sumber protein sekaligus mengandung vitamin B6, D, serta asam lemak sehat seperti omega-3. Semua nutrisi inilah yang dapat mengurangi intensitas nyeri haid serta menstabilkan mood.

5. Jahe

6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!ilustrasi minuman yang terbuat dari jahe (freepik.com/jcomp)

Minuman herbal yang terbuat dari jahe sudah dikenal sejak dulu memiliki khasiat bagi kesehatan. Lalu, benarkah demikian? Faktanya, khasiat yang berasal rempah-rempah ini tak hanya sekadar mitos belaka saja, lho.

Dilansir WebMD, minuman jahe berkhasiat untuk mengurangi mual, meningkatkan sistem imun, mengendalikan gula darah, serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Ditambah lagi, kandungan zat gingerol yang bersifat antinyeri ini mampu menghambat produksi prostaglandin.

Pasalnya, jika kadar senyawa tersebut terlalu banyak maka akan memicu kontraksi otot serta pembuluh darah rahim. Inilah alasannya mengapa banyak perempuan yang merasakan nyeri saat haid.

6. Kunyit

6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!ilustrasi kunyit (freepik.com/jigsawstocker)

Selain menjadi bumbu dapur, kunyit termasuk rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak keistimewaan. Mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, meredakan peradangan, serta mengurangi nyeri haid seperti dikutip dari laman Cleveland Clinic.

Perlu kamu ketahui jika tanaman yang bernama ilmiah Curcuma longa mengandung zat aktif kurkumin. Senyawa kimia tersebutlah yang dapat meredakan nyeri sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Meskipun umum dialami, nyeri haid dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi makanan serta minuman di atas. Namun, jika belum membaik atau malah nyeri semakin meningkat, maka sebaiknya segeralah berkonsultasi dokter terdekat demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Dismenore (Nyeri Haid): Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya