Comscore Tracker

5 Tips Bercinta untuk Lansia agar Tetap Aman dan Nyaman

Siapa bilang hanya kaum muda yang bisa bercinta?

Meskipun usia tak lagi muda, bukan berarti orang-orang yang telah lanjut usia atau lansia tidak bisa memiliki hubungan seks yang berkualitas. Namun, untuk mendapatkannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hubungan seks pada usia ini tetap aman dan nyaman.

Sebab, seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi tubuh, tak terkecuali fungsi reproduksi. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar hubungan seks lansia tetap aman, nyaman, dan memuaskan? Dirangkum dari Mayo Clinic, WebMD, dan Verywell Health, berikut ini lima tipsnya!

1. Komunikasi terlebih dahulu dengan pasangan

5 Tips Bercinta untuk Lansia agar Tetap Aman dan Nyamanilustrasi tips bercinta untuk lansia agar aman dan nyaman (freepik.com/tirachardz)

Saling terbuka dengan pasangan akan membuat kualitas seks menjadi lebih baik. Pasalnya, penurunan fungsi reproduksi akibat bertambahnya usia membuat hubungan seks pada usia senja akan terasa berbeda dibanding pada waktu muda dulu.

Oleh sebab itu, bicarakan dengan pasangan tentang kebutuhan, keinginan, kenyamanan, serta hal-hal yang menyenangkan. Dialog seperti ini akan membuatmu dan pasangan saling mengerti satu sama lain sehingga hubungan tetap intim dan menyenangkan.

2. Tetap fokus dan percaya diri

5 Tips Bercinta untuk Lansia agar Tetap Aman dan Nyamanilustrasi tips bercinta untuk lansia agar aman dan nyaman (freepik.com/katemangostar)

Segala perubahan yang terjadi pada tubuh saat usia senja adalah hal yang normal. Jadi, tak perlu khawatir, apalagi jika kamu dan pasangan telah saling mengerti dan memahami satu sama lain. Sebab, gairah seksual akan meningkat pada para pasangan lansia yang tetap percaya diri.

Selain itu, fokuslah sepenuhnya terhadap pasangan, termasuk setiap rangsangan yang akan diberikan. Dengan begini, hubungan dengan pasangan akan terasa makin hangat dan erat.

Baca Juga: Pengaruh Depresi terhadap Seks, Waspadai Turunnya Libido

3. Menggunakan pelumas

5 Tips Bercinta untuk Lansia agar Tetap Aman dan Nyamanilustrasi pelumas (pexels.com/Deon Black)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bertambahnya usia membuat fungsi reproduksi menurun, termasuk hormon estrogen. Kondisi inilah yang menyebabkan penurunan gairah seks serta kekeringan pada vagina. Akibatnya, hubungan seks akan terasa kurang nyaman dan bahkan bisa menyakitkan.

Itulah mengapa penggunaan pelumas sangat disarankan bagi lansia yang ingin melakukan hubungan seks. Pilihlah pelumas yang berbahan dasar air dan bebas pewangi agar tidak menimbulkan iritasi.

4. Lakukan foreplay dan cari posisi seks yang nyaman

5 Tips Bercinta untuk Lansia agar Tetap Aman dan Nyamanilustrasi tips bercinta untuk lansia agar aman dan nyaman (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebelum menuju ke "menu utama", tak ada salahnya untuk melakukan foreplay terlebih dahulu agar hubungan seks makin mengairahkan. Kamu dapat memulainya dengan berpelukan serta memberikan ciuman kecil di titik-titik sensitif pasangan.

Selanjutnya, temukan posisi seks yang nyaman dan aman. Salah satu posisi seks yang disarankan bagi lansia adalah spooning atau posisi berpelukan. Sebab, posisi seks ini tak begitu membutuhkan banyak tenaga dan mengurangi tekanan pada lutut.

5. Jaga kesehatan secara menyeluruh

5 Tips Bercinta untuk Lansia agar Tetap Aman dan Nyamanilustrasi yoga pada lansia (freepik.com/freepik)

Kesehatan fisik dan emosional menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kualitas seks. Demi mendapatkan seks yang berkualitas, lansia juga perlu menjaga kesehatan secara menyeluruh. Ini karena stamina dan daya tahan tubuh juga menurun akibat penuaan.

Jangan khawatir, dilansir Healthline, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan lansia, antara lain:

  • Tetap bergerak aktif. Lansia tetap disarankan melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan kaki, yoga, dan renang. Lakukan selama 20 hingga 30 menit per hari.
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi secara seimbang. Lansia sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi antioksidan demi menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Istirahat cukup serta kelola stres dengan baik.

Itulah tips bercinta untuk lansia agar hubungan seks tetap aman dan nyaman. Ada banyak manfaat seks yang didapatkan lansia, salah satunya adalah menjaga hubungan tetap harmonis. Namun, jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri serta berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Baca Juga: 5 Posisi Seks yang Paling Disukai Perempuan, Ada Cowgirl Style 

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya