Comscore Tracker

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadai

Jangan sampai terkena salah satunya ya..

Disfungsi ereksi atau impotensi merupakan masalah seksual paling umum yang dialami pria dewasa. Meski selama ini impotensi menjadi masalah yang paling ditakuti, kamu bisa mencegahnya dengan mengetahui gejalanya. Tidak hanya itu saja, ternyata ada beberapa jenis disfungsi ereksi yang bisa muncul lho. Berikut informasi lengkapnya.

1. Gejala: sulit mengalami ereksi

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaimedicalxpress.com

Gejala utama impotensi adalah ketidakmampuan untuk ereksi atau mempertahankan ereksi sampai kegiatan seks berakhir. Hal ini biasanya disebabkan oleh kecemasan, perubahan mood, depresi, insomnia, dan kekhawatiran tentang kinerja seksual lainnya.

2. Gejala: tidak bisa ejakulasi

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaiintermountainhealthcare.org

Salah satu gejala umum impotensi lainnya adalah ketidakmampuan penis untuk mencapai ejakulasi meski sudah mendapat cukup rangsangan. Parahnya, disfungsi ereksi ini menyebabkan kamu tidak bisa mengalami ejakulasi atau orgasme.

3. Gejala: kehilangan gairah seks

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaimy.lumitylife.com

Salah satu gejala yang muncul akibat disfungsi ereksi adalah hilangnya gairah seks akibat aspek psikologis dan emosional yang terganggu. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh rasa malu atau minder, putus asa, hingga rasa tidak pantas terhadap pasangan.

Baca Juga: 12 Penyebab Disfungsi Ereksi Ini Sering Gak Disadari, Rudal Jadi Lemas

4. Jenis impotensi: venogenic erectile dysfunction

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaifutureofpersonalhealth.com

Impotensi tipe venogenic biasanya terjadi karena adanya kebocoran darah yang terjadi pada batang penis. Akibatnya, kamu akan susah mengalami ereksi yang maksimal atau bahkan tidak dapat ereksi sama sekali. Biasanya ereksi tipe ini terjadi sejak kamu lahir.

5. Jenis impotensi: diabetic erectile dysfunction

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaihealth.harvard.edu

Jenis impotensi ini biasanya terjadi pada penderita diabetes yang kondisinya sudah semakin parah. Hal ini karena aliran darah yang menuju ke penis tidak dapat berjalan dengan lancar karena kadar gula dalam darah yang cukup tinggi. Untuk itu, biasanya pria yang mengidap diabetes disarankan untuk menjaga pola makan.

6. Jenis impotensi: neurogenic erectile dysfunction

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaimedscape.com

Disfungsi ereksi atau impotensi ternyata juga bisa disebabkan oleh kerusakan saraf. Hal ini karena kerusakan saraf yang diakibatkan penyakit tertentu seperti autoimun bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Sehingga meski mendapatkan rangsangan, darah tidak dapat dialirkan ke penis dan membuat ereksi.

7. Jenis impotensi: arteriogenic erectile dysfuntion

Bahaya, Ini 7 Gejala & Jenis Disfungsi Ereksi yang Perlu Kamu Waspadaitheconversation.com

Disfungsi ereksi tipe ini adalah jenis yang paling umum terjadi di antara pria yang khususnya sudah berusia lanjut. Sebab, pada kondisi ini darah di arteri akan terhalang sehingga penis tidak bisa ereksi dengan maksimal.

Tidak hanya gejala disfungsi ereksi saja yang perlu kamu perhatikan, tetapi juga jenis-jenis impotensi yang bisa saja muncul akibat hal-hal tertentu. Untuk itu, tetap waspada dengan berbagai jenis gejala yang mungkin saja menjadi pertanda buruk bagi kesehatan. Jangan sampai mengabaikannya dan justru menjadi masalah yang serius.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Cegah Disfungsi Ereksi atau Impotensi Sebelum Terlambat 

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You