Comscore Tracker

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladies

Terlalu kecil memang bisa bikin gak percaya diri, tapi...

Saat memasuki masa pubertas, tubuh perempuan akan mengalami beberapa perubahan. Salah satunya adalah payudara yang membesar. Namun, ukuran payudara pada setiap perempuan pada dasarnya tidaklah sama.

Bahkan, ada juga perempuan yang memiliki payudara kecil atau tidak tumbuh. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Hipoplasia payudara

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiesmedicalnewstoday.com

Hipoplasia merupakan kondisi di mana jaringan payudara tidak berkembang dengan sempurna. Sehingga membuat payudara tidak dapat tumbuh atau memiliki ukuran yang relatif kecil. Belum diketahui pasti penyebab kondisi ini. Akan tetapi, beberapa penelitian menduga jika hal tersebut terjadi karena kelainan bawaan sejak lahir, faktor keturunan, atau efek samping terapi radiasi.

2. Faktor genetik

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiessci-news.com

Faktor genetik ternyata dapat menentukan seberapa besar ukuran payudara akan tumbuh. Oleh karena itu, jika ibu atau tante kamu memiliki payudara dengan ukuran yang serupa jangan terlalu khawatir. Sebab, berpikiran negatif hanya akan membuat frustrasi dan justru membuat pertumbuhan payudara tidak stabil.

3. Faktor nutrisi

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiescuritibainenglish.com.br

Pola makan yang buruk ternyata juga dapat menyebabkan pertumbuhan payudara menjadi tertunda. Pasalnya, defisiensi vitamin akan mengakibatkan hormon yang bertanggung jawab terhadap pembesaran payudara tidak dapat dilepaskan. Akibatnya payudara akan berhenti tumbuh. Oleh karena itu, segera terapkan pola makan sehat untuk mendapatkan hidup yang baik.

Baca Juga: Gak Nyangka, 10 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Memicu Kanker Payudara

4. Masalah berat badan

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiesmanderlon.com

Memiliki badan yang kurus dan langsing ternyata memengaruhi perkembangan anggota tubuh yang lainnya. Salah satunya adalah payudara.

Perempuan dengan kondisi badan yang kurus cenderung memiliki payudara yang kecil. Hal ini dikarenakan perempuan yang gemuk memiliki lebih banyak lemak di dalam tubuh sehingga cenderung memiliki payudara yang lebih besar.

5. Fluktuasi hormonal

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiesbustle.com

Pertumbuhan payudara dapat berhenti karena adanya fluktuasi hormonal yang terjadi. Meski demikian, pertumbuhan yang berhenti pada usia 18 tahun ini dapat kembali berjalan saat kamu sedang hamil. Hal ini karena tubuh akan menyesuaikan diri selama masa kehamilan dan menyusui.

6. Paparan radiasi

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiesitnonline.com

Seseorang yang melakukan terapi radiasi akan meningkatkan risiko pemberhentian pertumbuhan payudara. Hal ini terjadi karena sel-sel jaringan yang terdapat di sekitar payudara akan rusak dan menyebabkan payudara sulit untuk tumbuh. Kondisi ini merupakan salah satu efek samping yang biasanya ditimbulkan pasca terapi radiasi.

7. Faktor usia

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladiesunsplash.com

Ketika usia semakin bertambah, maka ukuran payudara juga dapat mengecil. Hal ini karena saat kamu mendekati masa menopause, kadar hormon estrogen akan turun secara drastis. Akibatnya, jaringan kelenjar di payudara akan menyusut dan kehilangan elastisitasnya.

Segala pemberian Tuhan pada dasarnya harus kita syukuri. Sebab, memiliki payudara yang kecil bukanlah sebuah kesalahan yang terjadi dengan sengaja. Untuk itu, kamu juga bisa memperbaikinya dengan mulai hidup sehat dan menerapkan pola makan yang baik.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You