Comscore Tracker

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahui

Gak ada rangsangan kok bisa tegang ya?

Ereksi merupakan kondisi di mana darah mengalir menuju penis sehingga penis akan nampak lebih besar, panjang, dan keras. Umumnya, kondisi ini terjadi sejak remaja, yang diakibatkan adanya pertumbuhan seksual dan rangsangan.

Meski demikian, ereksi juga dapat terjadi tanpa sadar atau tanpa adanya rangsangan. Lalu, apa hal yang menyebabkan seseorang mengalami ereksi tanpa rangsangan? Simak info berikut ini!

1. Adanya perubahan hormon

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuiraowellness.com

Kondisi penis yang ereksi tanpa adanya rangsangan atau gairah seksual bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Pada umumnya, kondisi ini disebabkan oleh adanya perubahan kadar hormon yang dibaca oleh otak sebagai sinyal untuk mengalirkan darah ke area panggul laki-laki.

2. Memasuki tahap tidur yang dalam (REM)

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuipinterest.co.uk

REM (rapid eye movement) merupakan ereksi spontan yang kerap terjadi saat seseorang sedang terlelap dan memasuki tahap tidur yang dalam. Hal ini terjadi karena saat dalam kondisi REM, tubuh akan memproduksi hormon dalam jumlah besar, sehingga otak memberikan perintah untuk mengalirkan darah ke daerah penis. Inilah alasan mengapa saat bangun tidur pria mengalami ereksi.

3. Tubuh sedang dalam keadaan sangat baik

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuiunichem.co.nz

Kalian pernah mengalami ereksi sebelum tidur? Nah, kondisi tersebut ternyata pertanda jika tubuh sedang dalam keadaan sangat baik.

Dilansir dari Menshealth, Adam Ramin, seorang pakar kanker urologi di Los Angeles mengatakan bahwa pria yang bertubuh sehat dapat mengalami ereksi sebanyak tiga hingga lima kali dalam semalam. Hal ini tentu akan tergantung pada seberapa sehat kondisi tubuhnya tersebut.

Baca Juga: 8 Cara Memperbesar Penis Secara Alami, Gak Perlu Pakai Obat!

4. Adanya stimulasi pada sistem saraf parasimpatis

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuit-nation.com

Secara umum, ereksi bermula dari adanya stimulasi pada sistem saraf parasimpatis akibat melihat sesuatu yang seksi. Akan tetapi, kondisi tersebut nyata juga dapat terjadi saat kamu sedang tertidur lelap.

Adanya peningkatan aktivitas sistem parasimpatis akan memperlambat detak jantung, melemaskan otot-otot, dan membuat mimpi menjadi lebih dalam. Kondisi inilah yang biasa memicu pria mengalami mimpi basah.

5. Gejala sindrom gairah seksual persisten

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuikannadigaworld.com

Ereksi tanpa adanya rangsangan ternyata merupakan hal yang wajar dan tidak berbahaya. Akan tetapi, saat ereksi terjadi secara tiba-tiba disertai nyeri sebagai kamu harus waspada. Sebab, kondisi tersebut bisa saja menandakan gejala sindrom gairah seksual persisten atau persistent genital arousal disorder (PGAD).

6. Ada bagian otak yang mati saat tidur REM

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuiseriousfacts.com

Ada sebuah teori yang mengatakan saat berada dalam tahapan tidur REM, sel noradrenergik yang berada pada bagian otak, yakni locus coeruleus akan mati. Teori ini pun didukung oleh studi yang dilakukan Society for Endocrinology, di mana mungkin saja bagian otak yang mati tersebut membuat penis dapat bebas melakukan apa yang ia mau, termasuk ereksi atau mengeras.

7. Mengalami gesekan dengan benda tertentu tanpa sadar

Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahuigoldilocksnaturalbedding.com.au

Salah satu penyebab penis mengalami ereksi secara tiba-tiba adalah gesekan yang terjadi tanpa sadar dengan benda-benda tertentu seperti guling, bantal, atau gesekan bahan celana sekalipun. Hal ini bisa terjadi akibat penis menganggap hal tersebut sebagai sebuah rangsangan, sehingga ia langsung bereaksi tanpa sadar.

Itu dia beberapa penyebab penis mengalami ereksi secara spontan. Dengan demikian, kamu gak usah khawatir. Sebab, bisa saja kondisi tersebut pertanda jika tubuh sedang berada dalam kondisi terbaiknya. 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Beginilah 7 Langkah Membersihkan Penis yang Benar

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You