Comscore Tracker

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Pria

Cari tahu disini alasannya!

Menurunnya libido dapat menyebabkan kurangnya minat gairah dalam aktivitas seksual. Tingkat libido setiap orang sangat bervariasi. Namun, jika salah seorang dari kamu mengalami keadaan di mana libido rendah dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa kekhawatiran tertentu.

Terkadang, itu bisa menjadi indikator masalah kesehatan. Berikut ini beberapa penyebab paling umum libido rendah pada pria.

1. Testosteron rendah

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priacitizen.co.za

Testosteron adalah hormon pria yang paling penting, karena testosteron pada umumnya bertanggung jawab untuk membangun massa tulang dan otot serta meningkatkan produksi sperma. Tingkat testosteron juga menjadi faktor dalam dorongan seksual. Ketika kadar testosteron berkurang, gairah untuk berhubungan seks juga akan berkurang.

Penurunan kadar testosteron dapat menyebabkan penurunan libido. Jika kamu menderita masalah ini, bicarakan dengan dokter. Kamu juga dapat menggunakan gel atau suplemen untuk meningkatkan kadar testosteron.

2. Depresi

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priaformulaswiss.com

Depresi adalah salah satu penyebab utama rendahnya libido pada pria dan dapat mengubah bagian dari kehidupan seseorang. Orang dengan yang mengalami depresi akan mengalami penurunan minat dalam aktivitas seksual.

3. Obat-obatan

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priathetimes.co.uk

Pada dasarnya, terdapat obat-obatan tertentu yang dapat mengurangi kadar testosteron yang berakibat pada penurunan libido pada pria. Obat tekanan darah seperti beta-blocker dan ACE inhibitor, obat flu yang mengandung antihistamin dan dekongestan, antidepresan, dan obat kemoterapi dapat mencegah ereksi dan ejakulasi.

Konsultasikan dengan dokter jika menderita efek testosteron rendah karena obat-obatan dan beralih ke obat yang lebih aman serta tidak mengganggu testosteron.

4. Penyakit kronis

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priamedicalnewstoday.com

Adanya penyakit tertentu yang sedang diderita, seperti kanker, juga dapat menurunkan jumlah produksi sperma. Jika kamu memiliki penyakit kronis, ada baiknya kamu perlu berbicara dengan pasangan tentang metode berhubungan intim, atau juga kamu dapat menemui terapis seks atau konselor pernikahan untuk membicarakan masalah yang kamu alami.

5. Stres

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priaindependent.ie

Stres dianggap sebagai salah satu penyebab umum rendahnya libido pada pria karena dapat mengganggu kadar hormon dan ini dapat membuat arteri kamu menyempit. Penyempitan ini mencegah aliran darah dan berpotensi menyebabkan disfungsi ereksi. Stres dapat mempengaruhi kualitas hubungan intim dan gejala psikologis yang berdampak langsung pada masalah seksual.

Baca Juga: Libido Tinggi Itu Sangat Wajar, Kecuali Kalau Kamu Sudah Mengalami Ini

6. Memiliki gangguan tidur

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priaparkinson.org

Pria yang memiliki gangguan tidur dapat membuat tingkat testosteron menurun ke arah yang lebih rendah. Akibat dari masalah tidur yang diderita ini tubuh akan merasa kurang berenergi dan sering merasa lelah, hal ini akan menyebabkan penurunan libido dan aktivitas seksual.

7. Restless Legs Syndrome

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priahenryfordlivewell.com

Restless Legs Syndrome adalah dorongan yang tidak terkendali untuk menggerakkan kaki. Menurut sebuah studi, pria dengan restless legs syndrome lebih rentan mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria tanpa restless legs syndrome. Ketika seorang pria tidak dapat mempertahankan atau ereksi, maka disfungsi ereksi akan terjadi. 

8. Penuaan

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priamcmasteroptimalaging.org

Bertambahnya usia juga mempengaruhi produksi testosteron dalam tubuh. Ketika kamu sudah memasuki usia paruh baya, gairah seksual kamu akan berkurang. Hal ini karena kadar testosteron yang dihasilkan tubuh tidak sebanyak seperti masa remaja dulu.

9. Alkohol

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priatimesofisrael.com

Alkohol juga bisa menyebabkan libido rendah. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan tubuh merasa kelelahan sehingga kamu sulit untuk bergairah.

10. Disfungsi ereksi

Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Priaintermountainhealthcare.org

Disfungsi ereksi juga bisa menjadi penyebab libido rendah. Seringkali, pria yang menderita disfungsi ereksi akan merasa malas dan tidak bergairah untuk berhubungan intim. Hal ini karena mereka memiliki ketakutan dalam dirinya jika penisnya tidak bisa mempertahankan ereksinya dan tidak cukup keras untuk melakukan penetrasi.

Mengobati libido rendah seringkali bergantung pada masalah yang mendasarinya. Kamu juga dapat mengunjungi terapis untuk masalah yang kamu alami. Selain itu, kamu harus menjalani gaya hidup yang lebih sehat, makan makanan yang lebih sehat, cukup tidur dan menjaga tingkat stres untuk meningkatkan libido secara alami.

Baca Juga: 9 Kesalahan yang Dilakukan Wanita di Ranjang, Seks Jadi Terasa Hambar

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You