Comscore Tracker

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tampon

Lebih hemat dan ramah lingkungan

Perempuan pada umumnya menggunakan pembalut sebagai penampung darah haid ketika sedang menstruasi namun, tahukah kamu bahwa terdapat alternatif lainnya? Yaitu menstrual cup. Pengganti pembalut yang bertekstur elastis dan fleksibel ini memiliki keunggulan apabila dibandingkan dengan pemakaian pembalut atau tampon. Yuk, simak tujuh keunggulan dari menstrual cup yang perlu kamu ketahui!

1. Tidak perlu khawatir terjadinya "bocor"

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tamponhttps://unsplash.com/boramkim

Dengan pemilihan bentuk menstrual cup dengan benar dan juga pemasangan yang tepat maka akan semakin meminimalisir terjadinya bocor. Menstrual cup memiliki bentuk yang bermacam-macam serta terbuat dari silikon, namun menstrual cup yang paling sering digunakan pada kebanyakan perempuan memiliki panjang 6 cm dan berdiameter 4 – 6 cm.

2. Anti bolak-balik ke kamar mandi

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tamponhttps://unsplash.com/JuanMarin

Penggunaan pembalut diharuskan untuk mengganti dalam beberapa jam sekali, cukup mengganggu aktivitas bukan? Menstrual cup yang bersifat menampung, bukan menyerap lebih tahan lama sekitar 4 – 9 jam tergantung seberapa banyak darah yang keluar. Kalau sudah penuh hanya perlu dicuci sampai bersih lalu dipasang lagi. Sangat efektif kan?

3. Tidak menghalangi aliran darah menstruasi

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tamponhttps://unsplash.com/PriscillaDuPreez

Menggunakan menstrual cup tentu tidak akan menghambat aliran dari darah menstruasi, darah haid akan tetap berjalan seperti pada umumnya meski letak menstrual cup berada di dalam vagina. Menstrual cup secara anatomi dirancang untuk dapat bertahan pada saat pemasangan sudah benar. Tenang girls, aliran darah haid kamu tetap akan lancar-lancar aja kok.

Baca Juga: 7 Fakta Menstrual Cup, Apakah Aman untuk Digunakan yang Masih Gadis?

4. Lebih higienis dong!

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tamponfeminisminindia.com

Menstrual cup yang terbuat dari silikon tentu jauh lebih higienis jika dibandingkan dengan pembalut atau tampon jika dibersihkan harus dengan cara yang benar. Menstrual cup perlu dibersihkan sekali dalam 12 jam dengan sabun bebas minyak, ketika masa haid sudah selesai bisa dicuci lalu direbus dengan air mendidih agar lebih bersih lagi. Asalkan perawatannya benar akan jauh lebih higienis untuk digunakan, setuju kan?.

5. Bersifat ramah lingkungan

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tamponlunette.com

Bisa bayangin gak dalam setiap bulan ada berapa banyak sampah pembalut atau tampon yang dihasilkan? Banyak banget tentunya. Hal tersebut dapat mempengaruhi kelestarian dan juga kebersihan lingkungan sekitar. Menstrual cup yang bersifat dapat dipakai berkali-kali tentu akan membantu mengurangi angka sampah pembalut atau tampon setiap bulannya.

6. Harga lebih hemat di kantong

Ini 6 Keunggulan Menstrual Cup Dibanding Pembalut atau Tamponhttps://unsplash.com/KatYukawa

Meski pada awalnya dalam membeli menstrual cup cukup menguras kantong karena harga berkisar Rp300.000 hingga Rp500.000 namun penggunaan menstrual cup berkali lipat lebih ekonomis dibanding dengan menggunakan pembalut karena tidak sekali pakai. Sudah lebih hemat ditambah dapat menyelamatkan bumi pula!.

Menggunakan menstrual cup mungkin pada awalnya akan terlihat menyeramkan, tetapi dengan terbuat dari bahan yang aman ditambah memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pembalut dan tampon tentu penggunaan menstrual cup cukup untuk  dijadikan pertimbangkan bukan?

Baca Juga: Tampon, Pembalut, Menstrual Cup & Reusable Pad, Mana yang Terbaik?

Naufal Al Rahman Photo Community Writer Naufal Al Rahman

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You