Comscore Tracker

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!

Setidaknya, perlu berhubungan seks sekali dalam seminggu

Ketika berbicara tentang pria dan seks, yang paling banyak dibahas adalah mengenai ukuran penis dan berapa lama daya tahan di atas ranjang. Padahal, masih banyak yang bisa didiskusikan, misalnya seberapa sering seorang pria perlu berhubungan seks. Masih banyak pria yang belum paham mengenai intensitas berhubungan seks yang wajar.

Lantas, apa efeknya apabila seorang pria terlalu sering atau justru kurang berhubungan seks? Ketahui jawabannya di bawah ini!

1. Setidaknya, perlu berhubungan seks sekali dalam seminggu

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!motherandbaby.co.uk

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Archives of Sexual Behavior di tahun 2017, seorang pria perlu berhubungan seks minimal 54 kali dalam setahun. Ini artinya, kamu perlu berhubungan badan sekali dalam seminggu. Bagi pasangan yang aktif secara seksual, setidaknya perlu mengalokasikan waktu khusus untuk berhubungan seks.

2. Orang di bawah usia 30 tahun rata-rata berhubungan seks 112 kali dalam setahun

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!dailylife.com

Saat masih muda, hasrat seks masih menggebu-gebu. Menurut laman Health.com, orang di bawah usia 30 tahun berhubungan seks sebanyak 112 kali dalam setahun. Tetapi, di usia 30-39 tahun, jumlahnya menurun jadi 86 kali dalam setahun. Di usia 40-49 tahun, rata-rata hanya berhubungan seks 69 kali per tahun dan hanya 52 kali dalam setahun untuk orang dengan rentang usia di atas 50 tahun, ungkap penelitian dari Kinsey Institute.

3. Ini manfaat yang didapat jika rutin berhubungan seks!

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!ujjawalprabhat.com

Apa manfaat kesehatan yang diperoleh jika seorang pria rutin berhubungan seks? Suasana hati akan membaik, sistem imun bekerja lebih optimal, mengurangi rasa sakit, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, membuat kemampuan kognitif bekerja lebih baik serta meningkatkan kebugaran, ujar laman Verywell Mind.

4. Intensitas hubungan seks berkorelasi dengan kebahagiaan

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!pinterest.com

Rupanya, berhubungan seks tak hanya baik bagi fisik, tetapi juga untuk kebahagiaan emosional dan hubungan. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Social Psychological and Personality Science di tahun 2015, pasangan yang rutin berhubungan seks akan lebih bahagia dengan hubungan mereka daripada pasangan yang jarang melakukannya.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Hubungan Seks Lebih Menyenangkan saat Berumah Tangga

5. Ada banyak faktor yang memengaruhi sering atau tidaknya berhubungan seks

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!menshealth.com

Idealnya, seorang pria perlu berhubungan seks sekali dalam seminggu. Namun, hal ini tidak selalu mudah terlaksana, karena ada banyak faktor yang memengaruhi sering-tidaknya berhubungan seks. Antara lain usia, kesehatan, kualitas hubungan, gaya hidup, libido, mood dan lain sebagainya, terang laman Health.com.

6. Tetapi, rasa jenuh bisa mengurangi intensitas berhubungan seks

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!freepik.com

Mungkin, waktu awal-awal menikah, intensitas berhubungan seks masih sangat tinggi. Bahkan, mungkin bisa beberapa kali dalam seminggu.

Namun, akan muncul kejenuhan seks yang datang dalam waktu 2-3 tahun. Hal ini wajar terjadi saat usia pernikahan kian menua. Akibatnya, semakin jarang berhubungan seks dan kepuasan semakin berkurang.

7. Bagi pria yang masih lajang, setidaknya perlu ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan

Seberapa Sering Pria Perlu Berhubungan Seks? Ini Angka Normalnya!mirror.co.uk

Untuk pria yang masih lajang atau belum memiliki pasangan, setidaknya perlu ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan, saran laman Healthline. Rutin ejakulasi mengurangi risiko pria terkena kanker prostat. Selain itu, masturbasi akan meningkatkan emosi positif karena tubuh mengeluarkan hormon oksitosin dan dopamin.

Nah, itulah jawaban mengenai seberapa sering pria harus berhubungan seks dan apa manfaat positif di baliknya. Semoga informasi singkat ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 8 Tip Seks Oral yang Bisa Membuat Pria Kamu Melayang dalam Kenikmatan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You