Comscore Tracker

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umum

Temukan jawabannya di sini!

Ketidaksuburan memengaruhi 15 persen pasangan secara global. Laki-laki bertanggung jawab atas 20-30 persen kasus infertilitas dan berkontribusi 50 persen dari kasus secara keseluruhan. Meski angka ini tidak mewakili seluruh populasi di dunia, namun tetap harus menjadi perhatian khusus bagi pasangan yang berencana memiliki anak.

Tahukah kamu, apa saja penyebab ketidaksuburan pada pria? Apakah gaya hidup dan pola makan ikut memengaruhi? Let's find the answer here!

1. Adanya masalah ejakulasi

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumaskmen.com

Ketidaksuburan pada pria biasanya terjadi karena sperma tidak normal, jumlah sperma yang tidak memadai atau ada masalah dengan ejakulasi, ungkap laman American Pregnancy. Misalnya, ejakulasi retrogade yang terjadi ketika sperma memasuki kandung kemih selama orgasme, bukan muncul di ujung penis.

Berbagai kondisi kesehatan dapat menyebabkan ejakulasi retrogade, seperti diabetes, cedera tulang belakang, operasi kandung kemih, penyakit pada prostat atau uretra serta pengaruh obat-obatan, ungkap laman Mayo Clinic.

2. Adanya varikokel atau pembengkakan pembuluh darah yang mengeringkan testis

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumnorthwestradiology.com

Selain itu, varikokel bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan pada pria. Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah yang mengeringkan testis. Penurunan kualitas sperma diakibatkan oleh varikokel. Selain itu, varikokel juga bisa ditandai dari pembesaran vena normal di skrotum.

Dilaporkan bahwa varikokel menyerang 15 persen pria. Varikokel menyebabkan rendahnya produksi sperma dan penurunan kualitas sperma. Maka, perempuan dengan pasangan pria yang memiliki varikokel biasanya akan susah hamil. Varikokel bisa disembuhkan dengan cara menutup vena yang terkena varikokel lalu mengarahkan aliran darah ke vena normal.

3. Infeksi bisa memengaruhi kesuburan pria

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumhpathy.com

Faktor lain yang menyebabkan ketidaksuburan pada pria adalah karena infeksi. Beberapa infeksi dapat mengganggu produksi sperma atau dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi jalannya sperma. Infeksi tersebut antara lain adanya radang epididimis, radang testis hingga beberapa penyakit menular seksual (PMS).

Di antaranya adalah gonore atau HIV. Infeksi gonore bisa menyebabkan infertilitas pada pria karena adanya jaringan parut permanen dan penyumbatan pada pipa produksi sperma. Meskipun beberapa infeksi dapat menyebabkan kerusakan testis permanen, namun sperma masih bisa diambil, ungkap laman Mayo Clinic.

4. Adanya ketidakseimbangan hormon pada laki-laki

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumhormone.org

Tahukah kamu bahwa ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan infertilitas pada pria? Hormon luteinizing (LH) dan hormon stimulasi folikel (FSH) adalah hormon yang berperan penting agar testis memproduksi testosteron dan sperma. Sementara, setiap kondisi yang bisa menurunkan LH dan FSH bisa menyebabkan ketidaksuburan pria.

Misalnya, tumor hipofisis dapat mengakibatkan produksi sperma yang rendah dan kadar testosteron yang rendah pula. Di sisi perempuan, kekurangan hormon LH juga dapat menyebabkan mereka susah hamil.

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan pada Laki-laki, Enak Lho!

5. Adanya cacat pada tubulus yang mengangkut sperma

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumpikove.com

Selain itu, adanya cacat tubulus bisa mengakibatkan ketidaksuburan pada pria. Tubulus adalah saluran yang mengangkut sperma dan dapat tersumbat karena beberapa sebab. Misalnya, karena operasi, cedera yang tak disengaja, infeksi, trauma atau perkembangan abnormal seperti cystic fibrosis, jelas laman Mayo Clinic.

Penyumbatan tubulus bisa terjadi di manapun, seperti di dalam testis, di dalam tabung yang mengalirkan testis, di epididimis, vas deferens, dekat saluran ejakulasi maupun di uretra. So, you have to be aware!

6. Terpengaruh oleh faktor eksternal

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumunsplash.com

Bukan hanya dari dalam, ada faktor eksternal yang bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Seperti merokok, minum minuman beralkohol, memakai ganja atau memakai obat-obatan tertentu. Obat yang berpengaruh pada infertilitas pria adalah obat antibiotik, anti hipertensi, steroid anabolik dan lainnya, ungkap laman Mayo Clinic.

Selain itu, paparan lingkungan juga berpengaruh, seperti terpapar pestisida, bahan kimia tertentu dan radiasi. Bisa juga disebabkan terlalu sering sauna dan berendam di kolam air panas dapat meningkatkan suhu inti tubuh dan memengaruhi produksi sperma.

7. Memiliki masalah dalam berhubungan seksual

Tahukah Kamu? Ini 7 Penyebab Ketidaksuburan pada Pria yang Paling Umumeverydayhealth.com

Terakhir, yang menyebabkan infertilitas pada pria dan berpengaruh pada kesulitan memiliki anak disebabkan oleh masalah dalam berhubungan seksual. Semisal kesulitan menjaga atau mempertahankan ereksi (disfungsi ereksi), ejakulasi dini, hubungan seksual yang menyakitkan sampai adanya kelainan anatomi, seperti memiliki lubang uretra di bawah penis (hipospadia).

Untuk ejakulasi dini misalnya, memang tidak selalu berkaitan dengan infertilitas pria. Namun, ini bisa menyebabkan masalah pada pasangan yang mencoba hamil dan memiliki anak. Apalagi, jika ejakulasi dini terjadi sebelum adanya penetrasi ke vagina, ungkap laman Andrology Australia.

Nah, itulah 7 penyebab ketidaksuburan pada pria yang perlu kamu ketahui. Jika mengalaminya, jangan ragu-ragu untuk berobat, ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Mengonsumsi Kerang, Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya