Comscore Tracker

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benar

Orangtua wajib peka terhadap perubahan perilaku anak

Beberapa hari belakangan perhatian masyarakat Indonesia terfokus pada kasus kekerasan seksual yang menimpa anak SMP asal Pontianak. Pelecehan seksual adalah jenis trauma yang sangat menakutkan karena sulit untuk dilupakan sepenuhnya.

Kejahatan jenis ini benar-benar akan merusak mental dan masa depan si korban. Jadi jika tidak ditangani dengan orang yang tepat dan penanganan yang benar, dapat menyebabkan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), depresi dan kecemasan yang akan dialami seumur hidup.

Setiap anak memiliki cara untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan dan derita dengan cara yang berbeda berdasarkan sifat dan karakter masing-masing. Ada anak yang menyimpannya dengan sangat manis dan rapi, ada juga yang tidak.

Meskipun tidak ada tanda-tanda yang memperlihatkan bukti yang mutlak, tetapi jika gejala-gejala ini diperlihatkan oleh anakmu dalam waktu yang cukup lama dan berulang sekiranya perlu dipertimbangkan anakmu mengalami pelecehan seksual. Berikut ciri-cirinya!

1. Terdapat perubahan fisik dan perilaku

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarthediabetescouncil.com

Beberapa korban akan menderita berbagai masalah kesehatan. Contohnya, masalah kesehatan seperti merasa nyeri dan gatal pada daerah genital dan dubur, terdapat luka memar di wilayah yang tersembunyi pakaian.

Kemudian anak sulit menjelaskan saat ditanya serta menghisap jempol. Jika tanda-tanda ini diperlihatkan oleh sang anak orang tua wajib berhati-hati dan curiga bahwa anakmu mengalami pelecehan seksual.

2. Memperlihatkan perilaku seksual

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarheysigmund.com

Saat anakmu sedang bermain dengan mainannya, perhatikanlah dengan saksama. Jika mereka mempraktikkan atau menunjukkan secara terang-terangan bagaimana tindakan seksual dilakukan, kamu harus merasa ada sesuatu yang mengganjal.

Sebab, itu bisa dijadikan tanda bahwa anakmu telah mengalami pelecehan seksual. Selain itu, anak akan melakukan masturbasi yang berlebihan dan memiliki keinginan lebih dalam mengenai masalah seksual.

3. Memiliki pikiran untuk melakukan bunuh diri

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarksnmedia.com

Korban yang telah merasakan pelecehan seksual akan merasakan stres yang mendalam. Mereka biasanya akan merasa malu untuk menceritakan apa yang telah terjadi di hidup mereka kepada orang lain, karena jika itu terungkap, itu hanya menjadikan mereka dinilai sebagai sosok yang hina.

Atas dasar itu, mereka berpikir masa depan mereka sudah hancur, sehingga lebih baik untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Bunuh diri ini bisa dilakukan dalam berbagai cara.

4. Ingin melarikan atau menarik diri dari lingkungan pergaulan

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarkiwifamilies.co.nz

Korban pelecehan seksual sering kali tidak menyukai lingkungan yang ramai. Mereka lebih suka menghindar dan lebih memilih untuk menyendiri di tempat yang sepi.

Beberapa anak juga ada yang mengalami perubahan perilaku menjadi sangat agresif dan mudah marah terhadap orang lain. Anak-anak yang ceria dan bebas sangat mudah sekali terlihat perubahannya pada lingkungan keramaian, mereka akan menjadi pendiam, kikuk dan sering menangis.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Bentuk Pelecehan Seksual yang Paling Sering Terjadi!

5. Sukar berkonsentrasi

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarshutterstock.com

Anak yang mengalami pelecehan seksual akan mengalami gangguan mental, yang berpengaruh pada tingkat konsentrasinya di aktivitas sehari-hari. Akibat, menurunnya konsentrasi ini, nilai anak di sekolah juga mengalami penurunan. Ini adalah tanda halus yang harus diperhatikan secara sensitif oleh orangtua, agar anak segera ditangani dengan tepat.  

6. Selalu terlihat sedih, lesu dan menjadi tertutup

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarexploringyourmind.com

Terkadang beberapa anak merasa malu, bingung dan takut dan menjadi introvert untuk menceritakan bahwa sesungguhnya mereka telah mengalami pelecehan seksual. Sehingga, cara mereka untuk menyuarakan itu adalah dengan memberikan tanda-tanda atau petunjuk bahwa dirinya telah mengalami pelecehan seksual.

7. Terlihat menyembunyikan sesuatu

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarspectrumnews.org

Pada umumnya para pelaku pelecehan seksual akan selalu mendominasi hidup anakmu. Para pelaku memaksa anakmu untuk menyembunyikan identitas mereka dan perbuatan yang telah mereka perbuat.

Atas dasar itulah, anakmu akan berubah menjadi bermain rahasia-rahasiaan dan misterius. Nah, jika sebelumnya anakmu tidak berperilaku demikian sudah sepatutnya kamu mewaspadai ada sesuatu yang aneh terjadi pada buah hatimu.  

8. Perubahan selera makan

8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benarparentsafrica.com

Kekerasan seksual memengaruhi kesehatan korban dalam berbagai hal, termasuk dalam pengendalian diri terhadap selera makan. Beberapa dari banyaknya korban akan menjadikan makanan sebagai pelampiasan mengatasi trauma yang mereka derita hanya agar mereka dapat memegang kendali diri mereka kembali.

Namun biasanya hal ini hanya berlangsung sementara, selanjutnya akan mengalami penurunan nafsu makan yang akan merusak tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya para korban akan mengalami anorexia atau bulimia.

Itulah beberapa ciri yang harus diperhatikan oleh orang tua. Semakin peka orang tua terhadap tanda-tanda di atas semakin cepat pula fakta terungkap.

Baca Juga: Ketahui 8 Bentuk Pelecehan Seksual di Sekitarmu, Bukan Cuma Perkosaan

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You