Comscore Tracker

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Aman

Pengetahuan penting nih, guys!

Dalam urusan hubungan seksual, penggunaan kondom adalah hal yang sangat penting. Sebagai salah satu alat kontrasepsi, kondom penting bagi pasangan yang tidak ingin terjadi pembuahan. Selain itu, kondom juga berperan sebagai pengaman yang melindungi diri sendiri dan pasangan dari terjangkitnya penyakit menular seksual seperti HIV misalnya.

Sayangnya pemahaman akan penggunaan kondom ini masih terbilang minim di Indonesia. Pasalnya, banyak pihak yang menganggap bahwa pengetahuan tentang seks dan kondom adalah hal yang tabu. Nah supaya kamu gak salah paham tentang pentingnya kondom dalam hubungan seks, sebaiknya baca dulu nih petunjuk cara pakai kondom yang benar berikut ini. Penting banget lho buat nambah pengetahuanmu! 

1. Pertama-tama buka pembungkus kondom dengan benar ya!

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Hans

Ketika akan menggunakan kondom, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah membuka pembungkus kondom. Pastikan kamu membuka pembungkus kondom dengan cara merobek bagian tepi yang bergerigi. Jangan sekali-kali membuka bungkus kondom dengan gunting, gigi, atau benda tajam lainnya sebab hal ini bisa membuat kondom ikut tersobek dan rusak sebelum digunakan.

2. Dengan hati-hati, periksa ke arah mana kondom tergulung

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Bru-nO

Dengan hati-hati sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu ke arah mana kondom tergulung. Penting untuk mengetahui arah gulungannya supaya kondom bisa dipakai dengan baik dan benar. Salah satu tips yang perlu dicatat adalah pasang kondom pada jari lalu mulailah membuka gulungannya. Jika tidak terbuka maka berarti kamu menggulung di arah yang salah. Selanjutnya, balik kondom ketika menggunakannya.

3. Jika perlu, teteskan sedikit saja cairan pelumas

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Bru-nO

Yup, jika kamu merasa perlu, teteskan sedikit saja cairan pelumas pada bagian dalam reservoir untuk memudahkan pemakaian kondom pada penis. Cara pakai kondom ini perlu diperhatikan terutama dalam memilih cairan pelumas supaya tidak merusak fungsi kondom. Pemakaian kondom yang terbuat dari bahan lateks atau getah karet misalnya, disarankan untuk menghindari penggunaan pelumas dari minyak karena bisa membuat kondom mudah rusak atau terlalu licin sehingga menyebabkan selip.

4. Ketika memasang kondom, pastikan bahwa penis telah ereksi

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Bru-nO

Hal yang perlu dicatat ketika menggunakan atau memasang kondom adalah memastikan bahwa penis telah ereksi sempurna. Hal ini penting agar kondom bisa melekat dengan baik pada penis dan tidak longgar. Jika tidak benar atau tidak pas mengenai cara pakai kondom ini, maka bisa saja kondom sobek atau terlepas ketika sedang berhubungan.

Baca Juga: 12 Vending Machine Aneh di Jepang, Mulai dari Gadget Hingga Kondom

5. Selanjutnya, jepit dan tutup seluruh bagian reservoir

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanunsplash.com/Charles ??

Selanjutnya, jepit dan tutup seluruh bagian reservoir pada ujung kondom untuk menghilangkan kemungkinan munculnya kantung udara ketika kondom dipasangkan, serta menghindari kerusakan dan menutup kemungkinan air mani ‘menemukan’ jalan keluar selama ejakulasi.

6. Pastikan kamu menggulung kondom menutupi seluruh bagian penis

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Bru-nO

Pastikan kamu menggulung kondom menutupi keseluruhan bagian penis. Jika kebetulan pemakaian kondom terbalik, buang kondom tersebut lalu pakai kondom baru yang lain. Hal ini dikarenakan penis yang telah ereksi mengeluarkan cairan yang mungkin mengandung air mani, sehingga penggunaan kondom yang sudah basah terkena cairan tersebut bisa membahayakan.

7. Gunakan pelumas untuk mengurangi kerusakan pada kondom

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Wounds_and_Cracks

Kamu bisa menggunakan pelumas secukupnya bila perlu. Pemberian pelumas ini bisa mengurangi resiko kerusakan baik pada kondom maupun pada organ intim pasangan yang menggunakannya. Beberapa pelumas juga mengandung spermisida yang bisa membantu mengurangi timbulnya kehamilan.  

8. Sesekali cek keadaan kondom ketika sedang berhubungan seks

8 Cara Pakai Kondom dengan Benar Demi Hubungan Seks yang Amanpixabay.com/Bru-nO

Meski telah digunakan, selama berhubungan seks kamu bisa sesekali memeriksa keadaan kondom. Hal ini penting untuk melihat apakan kondom yang digunakan itu rusak atau tidak. Apabila ternyata terjadi kerusakan, tentu kamu harus segera menggantinya dengan kondom yang baru. 

Nah gimana? Sudah dapat banyak pengetahuan bermanfaat tentang kondom 'kan? Jangan anggap topik seperti ini tabu dulu ya, karena bagaimana pun edukasi seks itu penting kok.

Baca Juga: 6 Jenis Kondom yang Perlu Kamu Tahu, Ternyata Beda-beda!

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:15:06

Progress: 755.500 dari 813.350 TPS (92.88744%)

Just For You