Comscore Tracker

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senang

Penting dan jangan disepelekan

"Kita memahami bahwa apa yang terjadi pada vagina wanita jauh lebih penting, lebih baik dan lebih buruk, daripada yang kita sadari." - Anonim.

Momen setelah berhubungan seks sering kali membuatmu ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal-hal penting yang seharusnya kamu lakukan jadi kamu anggap sepele dan kamu lewatkan begitu saja.

Aduh, padahal itu bisa bahaya sekali lho bagi kesehatan Miss V-mu. Agar gak sampai menyesal karena telanjur memperlakukan miss-v dengan salah setelah berhubungan seks, bacalah 8 poin penting menurut para ahli berikut!

1. Cepat bilas daerah kemaluanmu agar terhindar dari infeksi

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangae01.alicdn.com

Kamu harus tahu bahwa setiap kotoran kecil yang menempel pada vaginamu selama berhubungan seks dapat menyebabkan infeksi saluran kencing, entah berasal kemaluan, jari tangan atau mulut. Maka sebaiknya sesegera mungkin setelah selesai berhubungan seks, bersihkan daerah kemaluanmu dengan cara membilas dengan air atau mengusap menggunakan lap hangat dari depan ke belakang.

2. Pastikan area luar vaginamu dalam keadaan kering

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangsheratonstore.cn

Jamur dan bakteri sangat senang dengan kondisi lembap. Maka dari itu, setelah membilas vagina, jangan malas juga untuk mengusap bagian luar vaginamu hingga kering. Ini berlaku tidak hanya ketika kamu usai berhubungan seks, tetapi juga untuk keseharianmu setelah kamu mandi atau buang air.

3.Buang air kecil untuk mencegah bakteri mencapai kandung kemih

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangmamamia.com.au

Jessica A. Shepherd, MD di laman SweetSpot Labs mengatakan buang air kecil setelah berhubungan seks penting untuk membantu menyingkirkan bakteri dari saluran kemih dan mencegah bakteri mencapai kandung kemih, sehingga infeksi saluran kencing dan infeksi kandung kemih dapat dihindari. Waktu yang disarankan untuk buang air kecil adalah 5-60 menit setelah kamu berhubungan seks.

4. Minum air putih untuk mengobati lelah dan dehidrasi

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangmedicalnewstoday.com

Berhubungan seks yang bersemangat membuatmu berkeringat. Sama seperti usai berolahraga, kamu membutuhkan air putih karena dehidrasi akan mempengaruhi seluruh tubuhmu. Kamu butuh air putih agar tubuhmu tetap segar dan tidak malas untuk melakukan poin-poin lainnya yang wajib kamu lakukan juga.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dianggap Normal Pada Vagina, Padahal Berbahaya

5. Santap makanan yang kaya akan prebiotik

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangzliving.com

Kelly Kasper, M.D., ob-gyn di Indiana University of Health mengatakan bahwa yoghurt, kimchi, kombucha dan makanan fermentasi lainnya memiliki bakteri baik. Kandungan bakteri baik di dalamnya dapat mengubah pH urine dan membuat lingkungan menjadi tidak nyaman bagi bakteri untuk tumbuh. Biasakanlah mengemil makanan-makanan tersebut setelah berhubungan seks untuk membantumu mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh jamur.

6. Periksa kembali kondom yang baru saja digunakan

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangthenypost.com

Setelah melakukan hubungan seks, sebaiknya kamu selalu memastikan bahwa kondom yang baru saja digunakan tersebut tidak pecah, lalu kemudian buanglah ke tong sampah. Alasan harus selalu dicek kembali adalah untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu tidak terkena risiko infeksi atau bahkan kehamilan.

7. Manjakan diri dengan berendam

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangs-i.huffpost.com

Berendam setelah berhubungan seks merupakan ritual menyenangkan yang dapat bermanfaat juga bagi kesehatan vaginamu. Tambahkan minyak kelapa murni ekstra ke dalam air hangat untuk membantu menghidrasi kulit vagina bagian luar dan menyemai pembengkakan atau iritasi vagina yang terjadi setelah berhubungan seks. Eits, tapi jangan berlebihan dalam penambahan wewangian ya, itu malah akan mengiritasi vaginamu.

8. Mengobrol dan berpelukan membuatmu lebih bahagia dari sebelumnya

Lakukan 8 Hal Wajib Ini Setelah Bercinta, Agar Miss V Sehat dan Senangblog.doctoroz.com

Momen setelah berhubungan seks adalah saat yang tepat untuk melakukan obrolan panjang bersama pasanganmu. Pada tingkat emosional itu, pelukan juga akan membuatmu bahagia.

Para peneliti telah menemukan bahwa setelah berhubungan seks, rasa sayang akan meningkat, dan apa yang dilakukan setelah berhubungan seks sangat menentukan hubungan selanjutnya, bahkan dan kepuasan seksual dalam jangka panjang.

Ternyata mudah saja kan melakukan hal-hal di atas? Itu demi kesehatan Miss V-mu juga, lho! Mulai sekarang jangan malas-malas lagi ya untuk perhatian sama Miss V-mu.

Baca Juga: Buat Cewek, Ini 5 Tanda Kamu Telah Mengalami Kekeringan Vagina

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You