Comscore Tracker

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!

Lebih nyaman, lebih sehat?

Bra adalah pakaian dalam wanita yang kerap dipakai oleh kaum hawa ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah. Meskipun menggunakan bra punya manfaat seperti membuat payudara terlihat kencang, tidak memakainya pun ternyata juga ada keuntungannya loh.

Penasaran apa saja keuntungan yang didapat ketika berhenti memakai bra? Simak penjelasan berikut yuk!

1. Membuat bentuk payudara terjaga

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!Google

Banyak orang berasumsi bahwa tidak mengenakan bra bisa membuat payudara menjadi turun dan melorot. Faktanya, penelitian di Prancis yang telah berjalan lama membuktikan bahwa kemungkinan besar memiliki efek sebaliknya.

Dilansir dari tiphero.com, mengenakan bra justru dapat menyebabkan payudara kehilangan bentuknya seiring waktu. Penelitian mengatakan "dukungan" dari bra bisa melemahkan otot-otot di dada dan membuat payudara terkulai.

2. Tidur menjadi lebih berkualitas

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!mirror.co.uk

Imbauan mengenai tidak mengenakan bra ketika tidur sudah lama kita dengar. Salah satu penyebabnya adalah terdapat rumor yang mengatakan kalau tidur mengenakan bra dapat memicu kanker payudara yang padahal belum terbukti secara ilmiah. Meski begitu, kamu pasti akan setuju jika tidak mengenakan bra ketika tidur dapat membuat tidurmu semakin nyenyak dan berkualitas.

3. Memperlancar sirkulasi

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!bornrealist.com

Ketika kamu mengenakan pakaian ketat, terutama bra yang sangat ketat, hal yang kurang baik akan terjadi pada tubuhmu. Penggunaan bra ketat mempunyai dampak yang buruk untuk sirkulasi aliran darah serta udara.

Dilansir dari tiphero.com, semua membuat sesak dan "meremas" area sekitar dada kamu dapat memperlambat sirkulasi karena tertekannya pembuluh darah utama. Ini sebenarnya telah terbukti membuat masalah kardiovaskular yang tentunya akan menyebabkan masalah besar lainnya.

4. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!healthline.com

Meskipun semua tergantung pada apakah benar atau tidaknya cara mengenakan bra, braless sebenarnya dapat membantu meredakan rasa sakit. Ini juga dapat menyebabkan lekukan di bahu atau di punggung.

"Bra yang ketat dapat menyebabkan nyeri tulang rusuk, punggung, dan leher," kata dr. Anuradha Seshadri, ahli penyakit dalam di UCLA Health, dilansir dari Bustle.

Baca Juga: Ini 8 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita

5. Memberikan rasa nyaman seharian

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!insider.com

Jika kamu belum yakin dengan efek braless, maka kamu bisa mengikuti kampanye di No Bra Day pada setiap tanggal 13 Oktober nanti. Ketika kamu melakukannya, kamu akan merasakan efeknya secara langsung. Tubuhmu akan lebih nyaman dan rileks karena tidak ada "rantai" yang mengekang pada dada kamu.

6. Mengenakan bra tidak memiliki dampak positif jangka panjang

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!diabetes.co.uk

Profesor Jean-Denis Rouillon dari Universitas Franche-Comté melakukan penelitian selama 15 tahun mengenai efek bra pada payudara dalam periode waktu tersebut. Dilansir dari bustle.com, ia menemukan bahwa tidak ada manfaatnya untuk mengenakan bra. Rouillon juga mengatakan bahwa secara medis, fisiologis, dan anatomis, payudara tidak mendapat manfaat dari "kekurangan gravitasi".

7. Membuat payudara semakin "kuat"

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!dynamicore.es

Dalam studi yang sama, Roullion menemukan bahwa tidak mengenakan bra justru membuat payudara wanita lebih kuat. Efek jangka panjang dari tidak mengenakan bra menunjukkan bahwa lebih banyak jaringan otot yang tumbuh untuk memberikan "dukungan" alami.

Tak apa bila kamu merasa lebih nyaman ketika memakai bra ataupun sebaliknya

Tak Disangka, Tidak Menggunakan Bra Punya 7 Manfaat kesehatan Ini!Pixabay/Engin_Akyurt

Pada dasarnya, setiap orang berhak menentukan keputusan yang terbaik dalam hidupnya. Jika kamu merasa lebih nyaman ketika menggunakan bra maka pakailah. Beberapa orang mungkin mendapatkan kenyamanan mental dan lebih percaya diri ketika tidak mengenakan bra. So, it's your choice!

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Terserang Kanker Payudara, Penting untuk Diketahui!

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya