Comscore Tracker

Sudah Tahu Panseksual? Orientasi Seks dari Lola Zieta Cosplayer Jogja

Lalu apa bedanya dengan gay dan lesbian?

Jogjakarta, IDN Times - Bicara soal orientasi seksual, kira-kira apa saja yang muncul di benakmu? Orientasi seksual seseorang ternyata bermacam-macam. Ada yang heteroseksual, biseksual, lesbian, gay, maupun queer. Selain itu ada satu lagi orientasi seksual yang masih asing di telinga banyak orang, yaitu panseksual.

Orientasi panseksual kembali menjadi pembicaraan saat cosplayer asal Yogyakarta, Lola Zieta, mengakui bahwa dirinya panseksual dalam video podcast milik Deddy Corbuzier.

Mau tahu lebih banyak tentang orientasi seksual yang satu ini? Yuk, scroll sampai bawah untuk lebih memahaminya.

Baca Juga: 5 Negara Terbaik dalam Menerapkan Kesetaraan Gender, Adakah Indonesia?

1. Panseksual tidak memandang gender, namun lebih tertarik ikatan emosi

Sudah Tahu Panseksual? Orientasi Seks dari Lola Zieta Cosplayer JogjaPixabay/Free-Photos

Panseksual adalah orientasi seksual yang sama sekali tidak memandang identitas gender pasangannya. Dia bisa menerima segala gender, baik lawan jenis, sesama jenis bahkan transgender pun bisa disukai oleh orang yang memiliki orientasi panseksual ini. 

Kata pan sendiri dalam bahasa Yunani artinya semua, sehingga semua jenis kelamin bisa dicintai oleh orang panseksual. Karena meniadakan gender, maka dia akan menyukai seseorang dari ikatan emosional, sifat, romantisme, bahkan kemampuan intelektual seseorang yang dia anggap menarik.

2. Perbedaannya dengan gay, lesbian, biseksual, atau poliseksual

Sudah Tahu Panseksual? Orientasi Seks dari Lola Zieta Cosplayer JogjaPixabay/publicdomainpictures

Panseksual tidak hanya dimiliki oleh wanita saja, tetapi pria juga banyak yang memiliki orientasi seksual ini. Jika gay dan lesbian lebih menyukai orang dari jenis kelamin yang sama, panseksual tidak terikat harus sesama jenis maupun berbeda jenis kelamin.

Begitu juga dengan biseksual atau poliseksual, jika seorang biseksual maka dia bisa menyukai laki-laki maupun perempuan sekaligus, namun panseksual benar-benar tidak memandang hal itu bahkan dengan transgender pun tidak masalah.

Beda pula dengan poliseksual yang berarti memiliki orientasi seksual yang banyak tetapi berarti masih dibatasi gender tertentu seperti menyukai gay dan biseksual saja. Panseksual justru tidak memedulikan sama sekali gender identity tersebut, artinya setiap gender yang ada di dunia ini bisa dia terima dan bisa dia cintai baik itu gay, lesbian, biseksual, transgender, queer, poliseksual bahkan orang yang masih bingung menentukan identitas gender yang dimilikinya.

Baca Juga: Digiseksual: Orientasi Seksual Unik Baru yang Mulai Dikenal Masyarakat

3. Lola Zieta salah satu panseksual yang terkenal di Indonesia

Sudah Tahu Panseksual? Orientasi Seks dari Lola Zieta Cosplayer JogjaInstagram.com/lolazieta

Belum banyak orang yang mengakui dan sadar bahwa dirinya adalah seorang panseksual. Baru-baru ini Lola Zieta, seorang cosplayer yang sering tampil sebagai karakter dari budaya pop, mengakui bahwa dirinya adalah seorang panseksual.

Dalam video podcast Deddy Corbuzier, Lola mengakui bahwa dia tak terlalu mempermasalahkan gender baik transgender atau lesbian jika memang dia suka tidak masalah. Bahkan saat ditanya Deddy, apakah dia memilih Deddy Corbuzier atau Tia yang merupakan salah satu karyawan Deddy, Lola lebih memilih Tia karena baginya Tia adalah orang yang cute.

4. Selebriti luar negeri juga ada yang mengaku panseksual

Sudah Tahu Panseksual? Orientasi Seks dari Lola Zieta Cosplayer JogjaInstagram.com/mileycyrus

Di luar negeri, panseksual sudah lebih banyak orang yang mengakuinya, beberapa selebriti yang termasuk panseksual di antaranya, penyanyi Miley Cyrus, penyanyi Sia, aktris Asia Kate Dillon yang membintangi film John Wick 3, hingga aktris Amber Heard yang memerankan tokoh Mera di film Aquaman.

Nah, itu tadi sejumlah hal yang perlu kamu ketahui tentang panseksual, salah satu orientasi seksual yang belum banyak diketahui orang. Apakah kamu pernah bertemu dengan orang panseksual? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca Juga: 7 Orientasi Seksual Ini Perlu Kamu Tahu, Gak Sesimpel Hetero atau Homo

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You