Comscore Tracker

5 Alasan Kesehatan Perempuan Boleh Masturbasi saat Menstruasi

Bisa memperbaiki mood sampai bikin tidur lebih nyenyak, lho

Masturbasi pada dasarnya adalah aktivitas seksual dengan cara menstimulus diri sendiri, baik dengan penggunaan alat bantu maupun tidak. Meski dianggap kotor atau kurang bersih, masturbasi saat menstruasi bisa mendatangkan manfaat. Berbagai penelitian pun telah membuktikannya.

Meski begitu, masturbasi saat haid harus dilakukan dengan hati-hati agar tetap bersih dan mencegah iritasi. Misalnya memilih lokasi yang nyaman, fokus pada stimulasi klitoris eksternal sehingga jari tidak masuk ke vagina, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk masturbasi tanpa menggunakan pembalut maupun menstrual cup untuk menjaga kebersihan vagina dan mengurangi iritasi pada kulit.

Tahu tidak, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Charlottesville, Amerika Serikat, dan diterbitkan dalam jurnal Journal of Sex & Marital Therapy tahun 1999, partisipan perempuan melaporkan paling menikmati masturbasi ketika sedang haid. Aktivitas ini dianggap dapat membantu meredakan ketidaknyamanan selama datang bulan.

Apakah kamu juga tertarik untuk melakukannya? Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah beberapa manfaat masturbasi yang dilakukan saat menstruasi.

1. Memperbaiki mood

5 Alasan Kesehatan Perempuan Boleh Masturbasi saat Menstruasipexels.com/Chevanon Photography

Saat haid, mood perempuan cenderung berubah (mood swing). Untuk segera meredakan suasana hati yang nggak karuan ini, masturbasi ternyata bisa membantu.

Menurut sebuah penelitian berjudul "The role of orgasm in the development and shaping of partner preferences" dalam jurnal Socioaffective Neuroscience & Psychology tahun 2016, masturbasi bisa melepaskan hormon dopamin, oksitosin, opioid, dan prolaktin yang membuat mood jadi lebih kalem dan stabil.

2. Menghilangkan sakit kepala

5 Alasan Kesehatan Perempuan Boleh Masturbasi saat Menstruasipexels.com/Jonathan Borba

Siapa yang sakit kepala saat menstruasi? Bagi sebagian perempuan, menstruasi bukan hanya menimbulkan kram perut, tetapi juga kerap disertai sakit kepala. Untuk mengusirnya, daripada minum obat, kenapa tidak mencoba masturbasi?

Berdasarkan sebuah penelitian berjudul "The impact of sexual activity on idiopathic headaches: an observational study" dalam jurnal Cephalalgia tahun 2013, aktivitas seksual bisa kamu andalkan untuk mengurangi sakit kepala secara natural.

Baca Juga: Sadari 9 Pertanda Buruk Bahwa Kamu Sudah Kebanyakan Masturbasi

4. Meredakan kram perut

5 Alasan Kesehatan Perempuan Boleh Masturbasi saat Menstruasipexels.com/Polina Zimmerman

Melansir Her World, masturbasi juga dapat mengurangi nyeri perut saat haid. Bila masturbasi mencapai orgasme, itu dapat meningkatkan aliran darah ke area kewanitaan. Peningkatan aliran darah ini dan pelepasan hormon oksitosin saat orgasme dapat meredakan sakit secara alami.

4. Masturbasi saat haid tidak berbahaya bagi tubuh

5 Alasan Kesehatan Perempuan Boleh Masturbasi saat Menstruasipexels.com/Polina Zimmerman

Masturbasi saat haid juga dikatakan tidak memiliki efek samping negatif, selain memang bisa agak "berantakan".

Yang penting adalah jaga kebersihan diri dengan baik saat datang bulan dan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan setelah melakukannya. Bila menggunakan bantuan sex toy, jaga pula kebersihannya.

Selain itu, melansir Planned Parenthood, kalau kamu pakai tampon, lepas dulu, ya, apalagi bila kamu akan memasukkan sex toy. Bila tidak, tampon dan talinya akan terdorong makin ke dalam dan berisiko tersangkut dan tak bisa dikeluarkan.

5. Memperbaiki kualitas tidur

5 Alasan Kesehatan Perempuan Boleh Masturbasi saat Menstruasipexels.com/Bruce Mars

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Public Health tahun 2019, norepinefin dan serotonin yang dikeluarkan saat masturbasi bisa membuat tidurmu yang gelisah menjadi lebih nyenyak. Tentu saja ini baik untuk memperbaiki kualitas tidurmu.

Nah, itu dia manfaat dari masturbasi yang dilakukan saat menstruasi. Apakah kamu juga tertarik untuk mencobanya saat datang bulan nanti?

Baca Juga: Benarkah Masturbasi Bisa Bikin Muka Jerawatan? Ini Fakta Medisnya

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya