Comscore Tracker

Studi: 7 Fantasi Seks yang Paling Sering Dibayangkan Perempuan

Fantasi seks nomor berapa saja yang pernah kamu bayangkan?

Meski tidak banyak dibicarakan, perempuan juga menyimpan berbagai fantasi seks yang diam-diam diidamkan. Tidak hanya dengan pasangan, beberapa ide fantasi seksual tersebut menginginkan orang lain terlibat di dalamnya.  

Mulai penasaran apa saja fantasi seks paling populer yang dibayangkan perempuan? Artikel ini akan memberikan jawabannya beserta analisis dari para pakar mengapa fantasi itu menjadi tren umum. Baca terus sampai akhir, ya!

1. Ingin didominasi laki-laki

Sebanyak 65 persen perempuan berfantasi tentang dominasi seksual. Ini berdasarkan laporan berjudul "What Exactly Is an Unusual Sexual Fantasy?" dalam The Journal of Sexual Medicine tahun 2014. Survei dilakukan terhadap 1.516 orang dewasa, dan kemudian didapat hasil bahwa ada kecenderungan perempuan ingin menjadi submisif di depan pasangannya.

Fantasi seks bahwa perempuan ingin didominasi ini tidak menandakan perempuan lemah atau mengunggulkan pasangannya, tetapi bisa jadi bersumber dari keinginan untuk mendapatkan atau melepaskan kendali atas kehidupan pribadi, pekerjaan, atau peran di dalam masyarakat.

Penelitian berbeda yang dilakukan terhadap 4.175 orang Amerika Serikat, peneliti seks Justin Lehmiller menyebutkan dalam bukunya berjudul Tell Me What You Want bahwa fantasi dominasi seks berhubungan dengan pertukaran kekuasaan dalam hubungan.

Kepada Insider, Lehmiller menjelaskan fantasi tersebut bisa berwujud bondage-discipline, dominance-submission dan sadism-masochism (BDSM). Ketika seseorang berfantasi tentang pasangan yang mendominasi, sering kali fantasi itu membuat orang yang bersangkutan merasa dipuja karena pasangannya menunjukkan ketertarikan yang tak tertahankan.

Orang yang memiliki kecemasan terkait seks juga dinilai dapat tertarik pada fantasi "penyerahan diri", karena bisa menghilangkan tekanan untuk menjadi pihak dominan. Keinginan didominasi bisa menjadi semacam pengalaman yang membebaskan  bagi sebagian perempuan. 

2. Melakukan seks multi partner

Studi: 7 Fantasi Seks yang Paling Sering Dibayangkan Perempuanilustrasi seks multi partner (pexels.com/cottonbro)

Masih bersumber dari studi dalam The Journal of Sexual Medicine tahun 2014, fantasi seks terpopuler kedua diperlihatkan melalui perolehan 57 persen perempuan yang menginginkan seks dengan dua orang atau lebih, yang disebut threesome

Menurut seksolog klinis Cyndi Darnell, fantasi menjadi pusat perhatian dalam threesome mungkin berhubungan dengan kerinduan untuk dilihat dan dihargai sebagai orang penting. Sementara dalam penelitian Lehmiller, threesome memperoleh 89 persen suara responden sebagai fantasi seks yang paling diinginkan.

Ketika orang memimpikan threesome dengan pasangan dan satu orang asing, itu bisa menggambarkan  kecenderungan seseorang yang menginginkan semua perhatian tertuju kepadanya.

Akan tetapi, untuk fantasi seks multi partner ketika seseorang memasuki hubungan orang lain, alih-alih menginginkan perhatian, seseorang mungkin mendambakan petualangan.

3. Berhubungan intim dengan perempuan lain

Masih bersumber dari penelitian Lehmiller, ditemukan sebanyak 59 persen perempuan pernah berfantasi untuk berhubungan seks dengan perempuan lain. Dating coach Channa Bromley membantu menganalisis makna fantasi seks tersebut.

Perempuan heteroseksual yang berfantasi seks dengan perempuan lain tidak berarti lantas menjadi tidak menyukai laki-laki. Bisa jadi itu mengungkapkan keinginan untuk dipuaskan dengan cara yang paling dipahami perempuan. Seks antara perempuan dengan perempuan berfokus pada stimulasi oral dan klitoris, yang mana keduanya adalah cara terbanyak perempuan mendapatkan orgasme.

Diperkuat dengan pemikiran Darnell yang disampaikan kepada Oprah Daily, bahwa fantasi seks dengan sesama perempuan adalah bentuk mengekspresikan kebebasan dan pilihan seputar seks, di mana perempuan belajar meminta hal yang diinginkan di tempat tidur.

Jadi, memimpikan tindakan seks sesama jenis mungkin lebih tentang pembebasan itu sendiri daripada orientasi seksual. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan itu juga mewakili kebebasan maupun orientasi seksual. 

Darnell menyatakan bahwa fantasi gender mungkin menyuarakan kerinduan untuk membebaskan diri dari kewajiban sosial yang dibebankan oleh pembatasan gender. 

4. Fantasi bercinta di tempat umum

Studi: 7 Fantasi Seks yang Paling Sering Dibayangkan PerempuanIlustrasi fantasi seks di tempat umum (Unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Fantasi seks lain yang berhubungan dengan ekspresi kebebasan diri adalah imajinasi untuk melakukan seks di tempat umum. Sebanyak 57 persen perempuan memiliki fantasi untuk mengambil tindakan lebih jauh terkait berhubungan intim di ruang terbuka. 

Bromley mengartikan fantasi memiliki penonton saat berhubungan seks berkaitan dengan gagasan bahwa seseorang memiliki kepercayaan diri akan penampilan yang menggairahkan orang lain secara seksual. 

Menyukai gagasan bertelanjang di depan orang lain tidak langsung mengartikan seseorang memiliki sifat eksibisionis. Karena, menurut psikolog dan terapis pernikahan David A. Levy, fantasi memungkinkan orang untuk terlibat dalam skenario imajiner tanpa komplikasi dunia nyata seperti kecemburuan, perasaan terluka, menyinggung orang lain atau risiko dari sebuah tindakan.

Itulah mengapa fantasi seks cenderung menjadi liar dan tidak terkendali, karena itu adalah kebebasan berpikir yang berakhir menjadi gagasan.

Baca Juga: 5 Tips Mengutarakan Fantasi Seks pada Pasangan, Jangan Malu

5. Berimajinasi melakukan seks dengan orang asing

Hampir 50 persen perempuan melaporkan bahwa mereka berfantasi melakukan hubungan intim dengan orang yang tidak dikenal. Memiliki fantasi tersebut bisa memberi arti adanya keinginan untuk menghindari masalah keterikatan, keintiman, atau kecemburuan karena anonimitas memberi batasan yang jelas.

Makin asing orang yang terlibat dalam fantasi seks, ini dapat menunjukkan seseorang mungkin mencoba melepaskan diri dari sesuatu yang tidak diperoleh dari hubungan yang sedang dijalani. 

Darnell menjelaskan bahwa fantasi tentang seks dengan orang asing dapat mengungkapkan keinginan untuk bebas dari tekanan, tugas, dan tanggung jawab kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Sering kali fantasi seks tersebut lebih mewakili diri sendiri dibanding identitas partner seksual dalam fantasi.

6. Atau melakukan seks dengan seorang kenalan

Studi: 7 Fantasi Seks yang Paling Sering Dibayangkan PerempuanIlustrasi hubungan seks berisiko (Pexels/Ron Lach)

Selain dengan orang asing, 66 persen perempuan juga menunjukkan pernah berfantasi melakukan seks dengan seseorang yang dikenal. Bisa jadi itu atasan di tempat kerja, suami teman, atau bahkan tetangga yang kerap bertegur sapa. 

Fantasi seks dengan orang-orang yang dikenal bisa muncul karena disebabkan oleh fakta bahwa mereka secara teratur muncul dalam kehidupan nyata. Kebosanan adalah salah satu musuh terbesar dari hasrat dan kepuasan seksual dalam hubungan jangka panjang, maka sifat kebaruan, misteri, rasa ingin tahu, dan imajinasi adalah ciri khas dari timbulnya gairah seksual. 

Bahkan, jika kamu pernah berfantasi mengenai seseorang yang dibenci, itu juga memiliki arti tersendiri. Jenis fantasi tersebut dinilai sebagai cara untuk menerima dinamika dan mengendalikan pikiran untuk berdamai di dunia nyata.

7. Bercinta di lokasi romantis

Fantasi seks populer selanjutnya adalah keinginan untuk bercinta di tempat romantis, seperti pantai yang sepi. Jenis fantasi yang mewakili 85 persen responden perempuan ini menjadi bukti kalau fantasi seksual tidak selalu berkaitan dengan hal liar. Faktnya, banyak perempuan hanya berfantasi tentang hubungan seks yang bermakna dan merasa diinginkan seutuhnya. 

Tempat yang romantis juga mengidentifikasi adanya kebutuhan emosional yang dapat membantu perempuan lebih bergairah. Fantasi juga digunakan sebagian orang untuk meningkatkan aspek tubuh atau kinerja seksual yang dirasa masih kurang dalam kehidupan nyata.  

Dalam sudut pandang berbeda, Lehmiller melihat adanya keterkaitan antara fantasi seks yang romantis dengan ketakutan akan ditinggalkan (fear of abandonment). Ini karena citra romantis dan penuh gairah dalam fantasi bisa muncul sebagai upaya menenangkan rasa tidak aman yang dimiliki. Memenuhi kebutuhan emosional lewat angan-angan seks yang bergairah kadang memperlihatkan kecenderungan sedang menghadapi kecemasan akan keterikatan. 

Dari sekian banyak fantasi seks terpopuler milik perempuan di atas, tidak menutup kemungkinan masih ada imajinasi lain yang belum disebutkan. Berbagai pemikiran pakar yang memaknai fantasi tertentu juga tidak terbatas pada arti yang telah dijelaskan. Tidak mungkin membuat pernyataan menyeluruh tentang motivasi yang mendasari fantasi seksual karena setiap orang bisa memiliki fantasi yang sama untuk alasan yang berbeda.

Fantasi seks bisa menjadi pendekatan untuk membantu memproses sesuatu alih-alih menerimanya sebagai cerminan dari hasrat yang terpendam. Meski kadang terkesan kompleks dan rumit, tetapi tidak seluruh fantasi seks harus dianggap serius.

Penulis: Dian Rahma Fika Alnina

Baca Juga: 6 Pola Komunikasi untuk Mengajak Si Dia Mencoba Fantasi Seks

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya