Comscore Tracker

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seks

Sayang banget kalau dilewatkan, sempatkanlah!

Kamu pun tahu bahwa seks adalah hal yang menyenangkan. Namun, selain rasa puas dan relaks yang diperoleh, tahukah kamu bahwa ada banyak benefit lain yang didapatkan dari hubungan seks yang sehat?

Dan no, seks juga lebih dari sekadar masuk hitungan olahraga dan menghilangkan stres. Nyatanya, aktivitas manusiawi satu ini juga memberikan manfaat mulai dari meyeimbangkan hormon hingga membuatmu terlihat lebih muda, lho!

1. Kualitas relaksasi dan tidur lebih baik

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seksrd.com

Ketika melakukan hubungan seks dan mencapai orgasme, tubuh akan melepaskan oksitosin dan endorfin. Kombinasi dua hormon ini dapat bekerja sebagai sedasi alias penenang.

Saat kamu akhirnya istirahat dan tidur dengan nyenyak pun, dampak lain yang bisa kamu peroleh pun jadi lebih banyak. Salah satunya seperti ada lebih banyak asupan energi untuk beraktivitas selanjutnya, memperpanjang usia hidup dan semacamnya.

2. Menurunkan risiko serangan jantung dan osteoporosis

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seksmedicalnewstoday.com

Kehidupan seks yang baik dan sehat juga bersahabat dengan kondisi jantungmu. Selain membantu meningkatkan detak jantung, seks juga membantu menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan testosteron. Adapun ketidakseimbangan dua hormon seks ini berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan seperti osteoporosis dan gangguan jantung.

3. Memperkuat sistem imun tubuh

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Sekstripsavvy.com

Berdasarkan riset, individu yang melakukan seks lebih sering memiliki kadar immunoglobin A (IgA) lebih banyak pada salivanya. IgA sendiri merupakan jenis antibodi yang berperan sangat penting dalam pencegahan penyakit dan menjadi garda terdepan tubuh dalam memerangi virus HPV. 

Baca Juga: Yuk Kenali, 5 Kepribadian Berdasarkan Perilaku Seksnya

4. Memblokir dan mengurangi rasa sakit, mulai dari kepala hingga kram menstruasi

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seksmedicalnewstoday.com

Daripada harus mengonsumsi aspirin atau pain killer lainnya, melakukan seks dengan pasangan bisa membantukan meredakan rasa nyeri dan sakit pada tubuh. Berita baiknya, efek pereda sakit ini juga bisa kamu dan pasangan dapatkan bahkan bila tidak mencapai orgasme. Melalui stimulasi pada vagina misalnya, efek serupa juga tetap bisa diperoleh. 

5. Menekan risiko kanker prostat

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seksparentsafrica.com

Menurut sebuah studi yang telah dipubilkasikan di Journal of the American Medical Association, laki-laki yang mengalami ejakulais secara teratur (paling tidak 21 kali dalam sebulan) memiliki kecenderungan risiko kanker prostat lebih rendah. FYI, benefit ini juga bisa diapat tanpa harus melakukan hubungan penetrasi seperti masturbasi. Namun, perlu diingat bahwa ada banyak faktor lain pula yang meningkatkan risiko kanker prostat. 

6. Meningkatkan libido

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seksindependet.co.uk

Kalau libidomu berkurang, mungkin ini saatnya kamu harus 'memaksa' untuk memperbaiki frekuensi kehidupan seksmu bersama pasangan. Bagi wanita, seks juga meningkatkan lubrikasi vagina, aliran darah, dan elastisitas. 

7. Membuatmu terlihat lebih muda dan segar

Dear Pasutri, Ini 7 Benefit Utama yang Kamu Peroleh dari Hubungan Seksunplusdebienestar.com

Sebuah studi menemukan korelasi antara frekuensi aktivitas seks dan wajah yang terlihat lebih muda. Pada usia yang lebih dewasa, signifikansi tersebut bahkan mencapai tujuh hingga 12 tahun lebih muda, lho!

Hal ini disebabkan oleh produksi estrogen ketika melakukan seks. Selain itu, partisipan yang terlibat dalam riset tersebut juga secara mayoritas adalah mereka yang merasa nyaman untuk mengekspresikan seksualitas masing-masing.

Bagaimanapun, seks adalah kebutuhan mendasar dari setiap manusia. Sekarang saat kamu sudah punya pasangan halal untuk melakukannya, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini, ya!

Baca Juga: Ssstt... Ini yang Terjadi pada Tubuh Bila Kamu Berhenti Melakukan Seks

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You