Comscore Tracker

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham ya

Harus komunikasi, jangan sebatas asumsi

Seks adalah salah satu hal yang bisa membuat orang tenggelam dalam kenikmatan. Momen melakukannya bisa membuat seseorang melupakan hal lain di sekelilingnya. Kendati seks adalah hal yang menyenangkan, bukan berarti setiap orang selalu ingin melakukannya setiap saat. Kalau tiba-tiba pasanganmu jadi kehilangan gairah untuk menikmati sesi seksi ini selama beberapa waktu terakhir, beberapa hal berikut bisa jadi penyebabnya.

1. Isu finansial

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yafinancialprofessionals.com.au

Mengingat bagaimana masalah keuangan juga kerap menjadi penyebabnya rusaknya sebuah hubungan, bukan tidak mungkin faktor ini juga yang memicu si dia tak lagi bersemangat untuk bercinta. Menurut konselor kesehatan mental Crystal Hollenbeck EdD, kondisi finansial yang tak bagus juga bisa menyebabkan perasaan negatif terhadap pasangan, rasa takut, cemas, hilangnya kepercayaan, gejala depresi, dan menurunnya gairah seks. 

2. Ketegangan dalam hubungan

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yabeyondthewanderlust.com

Seksolog Claudia Six mengatakan bahwa ketegangan apa pun dalam sebuah hubungan dapat membunuh nafsu bercinta. Ketegangan ini pun dapat dipicu oleh berbagai hal, baik yang besar maupun yang kecil (dan biasanya terakumulasi dan menjelma jadi bom waktu). Mau tidak mau, yang perlu dilakukan adalah dengan menyelesaikan konflik dan saling memaafkan dengan sungguh-sungguh.

3. Kurang olahraga

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yatodayonline.com

Saat detak jantung berdegup lebih cepat dan mulai berkeringat ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat mood seseorang jadi lebih baik. Tentu saja, pengaruh mood ini pun akan berdampak pada urusan ranjang termasuk kepercayaan dirinya.

4. Terlalu banyak distraksi

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yapsychologytoday.com

Di zaman sekarang, sulit untuk mengenyahkan ponsel dari aktivitas sehari-hari. Kapan kali terakhir kamu pergi berkencan dengan si dia atau bahkan sebatas duduk menonton televisi di rumah tanpa dia mengecek ponselnya?

Bila hal ini penyebabnya, konsultan kesehatan seks Celeste Holbrook, Ph.D menyarankanmu untuk membuat perubahan. Setidaknya, buat kesepakatan antara kalian untuk menikmati quality time meski hanya 10 menit tanpa gangguan barang elektronik.

5. Kurangnya kepercayaan diri

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yakeepingitfabulous.com

Isu body image dialami oleh baik laki-laki maupun wanita. Saat krisis ini melanda, tentu akan menjadi tantangan tersendiri untuk bercinta. Konselor profesional Wendi L. Dumbroff  menyarankan untuk melakukan peningkatan komunikasi atau bahkan melakukan terapi kepada ahlinya untuk menghilangkan perasaan negatif tersebut. Selain itu, latihan mindfulness juga bisa jadi alternatif yang dapat membantu mengembalikan penerimaan dan kepercayaan diri sendiri.

Baca Juga: Kenali 7 Mitos tentang BDSM, Benarkah Berhubungan Seks dengan Kasar?

6. Konsumsi obat-obatan

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yaabc.net.a

Banyak jenis obat yang menyebabkan penurunan libido maupun kondisi kering pada vagina. Dijelaskan Dr. Holbrook, kategori antihistamin misalnya, dapat membuat membran dari hidung hingga vagina menjadi kering. 

7. Disfungsi ereksi

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yamedicalnewstoday.com

Disfungsi ereksi menjadi hal yang semakin banyak dialami. Bahkan menurut Massaschusettes Male Aging Study, disfungsi ereksi diperkirakan telah menyerang sekitar 52 persen laki-laki. Karena kondisi ini, laki-laki pun jadi cenderung malu dengan pasangannya. Kalau dia mengalami ini, maka bantu dia untuk kembali percaya diri dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter.

8. Kecanduan seks

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yaorganicauthority.com

Bila pasanganmu telah berkali-kali selingkuh dan punya sikap seksual terselubung, Dr. Hollenbeck memperingatkanmu bahwa hal ini bisa jadi indikasi kecanduan seks. Penderita ini biasanya kerap mencari kesenangan seks dengan orang lain selain pasangannya, terobsesi dengan pornografi, masturbasi terlalu sering, atau bahkan menghindari bercinta dengan pasangannya sendiri karena merasa malu dan bersalah dengan sikapnya. Untuk menanganinya, konsultasi dengan terapis profesional terkait adalah langkah yang tepat.

9. Rasa sakit

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yapopsugar.com

Menurut Dumbroff, rasa sakit saat bercinta membuat seseorang (terutama wanita) menjadi enggan untuk melakukan hubungan seks. Mengingat ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini, penting untuk segera dilakukan pemeriksaan dan perawatan medis. 

10. Kurangnya menjaga kebersihan dan etiket

10 Alasan Kenapa Dia Tak Ingin Bercinta, Jangan Keburu Salah Paham yaklairscosmetics.com

Bisa jadi, kamu yang tak lagi terlalu peduli dengan kebersihan terhadap tubuh sendiri membuatnya jadi agak enggan untuk bercinta. Atau boleh jadi, kamu yang selalu bersolek dan berpenampilan sempurna saat akan pergi ke kantor atau keluar rumah, tetapi tidak berlaku demikian saat berada di rumah dengan si dia juga bisa jadi alasannya. Hal-hal seperti ini tentu perlu dikomunikasikan agar tak terlalu lama dipendam dan meledak di kemudian hari.

Yang namanya keinginan dan hasrat tentu tak selalu stabil, pun untuk urusan bercinta yang terlihat begitu menggoda. Agar situasi ini tak berlangsung terlalu lama dan memengaruhi kualitas ikatanmu dengan si dia, selalu jaga komunikasi dengan baik dan terbuka, ya.

Baca Juga: Dear Ladies, Kamu Tak Perlu Malu tentang 9 Hal Seksual Ini ya!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You