Comscore Tracker

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Ini

Ada banyak bahaya tersembunyi yang tidak kasatmata

Setiap orang tentu memiliki opini masing-masing tentang bagaimana cara menjaga kebersihan 'di bawah sana' yang berdampak pada kesehatan. Terlepas dari hal tersebut, tetap saja ada beberapa hal dasar yang perlu untuk diterapkan oleh setiap individu untuk meningkatkan kualitas seksnya seperti berikut ini.

1. Mengganti pakaian dalam secara rutin

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Inietsy.com

Mengganti celana dalam setiap hari tentu bukan hal yang mengejutkanmu, kan? Kebiasaan ini dapat menekan risiko terjangkitnya infeksi, iritasi, dan bau yang tidak sedap di area genital. 

Namun, bila kamu melakukan aktivitas yang membuat berkeringat lebih banyak, tentu frekuensi penggantiannya perlu lebih banyak. Jangan lupa, pilih jenis bahan katun untuk menjaga sirkulasi area bawahmu tetap lancar.

2. Menyisakan rambut kemaluan

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Inipopsugar.com

Selama sekitar dua dekade terakhir, baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki preferensi tinggi soal mencukur rambut kemaluan. Padahal di masa lampau, orang-orang menerimanya begitu saja tanpa repot-repot harus trimming dan sebagainya.

Tak ada salahnya memang jika kamu ingin merasa lebih 'rapi' dan bersih. Namun perlu diingat, keberadaan rambut kemaluan sendiri sebenarnya berfungsi untuk menjaga organ kelaminmu tetap bersih, hangat, hingga menambah kenyamanan tersendiri saat berhubungan seks.

3. Menganakan celana dengan potongan loose fit

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Initheadventurejunkies.com

Potongan loose fit adalah pilihan paling aman buatmu, baik dalam konteks celana dalam, boxer, atau celana sekalipun. Pasalnya, pakaian yang ketat memiliki banyak risiko terhadap kesehatan reproduksimu.

Celana yang ketat dapat meningkatkan suhu di area bawah sana yang berpengaruh terhadap kesuburanmu. Seakan tidak cukup, terlalu sering dan lama menggunakan celana ketat juga akan memicu munculnya infeksi seperti infeksi jamur alias jock itch.

4. Menjaga penis dalam keadaan bersih dan kering

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Initheweeklyknob.com

Selain membersihkannya dengan air dan sabun, pastikan kamu selalu menjaga penis dan area sekitarnya tetap kering. Artinya, kamu juga harus segera mengeringkan area ini setelah mandi, berenang, atau bahkan berkeringat biasa sekalipun untuk menghindari jock itch.

Tak ada salahnya pula bila kamu membersihkan penis terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seksual yang melibatkan penetrasi Mr.P. Hal ini merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Jangan lupa, selalu bersihkan residu yang mungkin menempel di kulup sebab area ini merupakan pusat isu kebersihan pada penis.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Makanan Sehat Dapat Tingkatkan Kualitas Kehidupan Seksmu

5. Mengecek kondisi secara berkala

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Inimetro.co.uk

Jadikan kegiatan mengecek penis dan testismu sebagai bagian dari kebiasaanmu. Dengan begitu, kamu akan jadi lebih mudah menyadari bila ada hal-hal yang lain dari biasanya.

Selalu periksa apakah kamu mengalami rasa sakit, nyeri, sensasi panas, permukaan yang kemerahan, kulit melepuh, bahkan kutil di area sensitif ini. Beberapa kondisi di atas umumnya merupakan indikasi isu kesehatan seksual seperti PMS (Penyakit Menular Seksual), kanker, dan lain-lain. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter bila mengalami hal-hal yang tidak lazim ini.

6. Berkonsultasi dengan dokter dengan jujur

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Inipatch.com

Pemeriksaan fisik setahun sekali secara reguler adalah hal yang sangat direkomendasikan. Terutama bila kamu melakukan hubungan seksual secara aktif, lakukan pemeriksaan PMS secara rutin alih-alih menunggu sampai terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Pastikan bahwa kamu juga menceritakan kondisi yang sebenarnya ketika sedang berkonsultasi dengan dokter. Terutama bila ada indikasi kondisi yang kurang ideal, berikan informasi utuh dan sebenar-benarnya agar diagnosis dan perawatan yang dilakukan optimal.

7. Memproteksi diri dari bahaya tersembunyi

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Iniindependent.co.uk

Tak perlu yang ekstrem, aktivitas seksual yang sangat umum seperti seks vaginal dan anal juga memungkinkan terjadinya pendarahan dan kulit yang robek. Bila kamu dan pasangan melakukan aktivitas ini, menggunakan kondom adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan.

Pasalnya, PMS sangat mungkin terjadi ketika terjadi terjadi sobekan dalam ukuran mikroskopis sekalipun. Karena ukurannya yang sangat kecil ini dan ditambah dengan tidak terjadinya pendarahan yang cukup terlihat, kamu pun tidak akan menyadarinya. Untuk itu, menggunakan kondom dalam hubungan seksual adalah hal yang sangat direkomendasikan.

8. Berkomunikasi dan mengecek satu sama lain

Guys, Tingkatkan Kualitas Seksmu dengan Menjaga Kebersihan 8 Hal Iniverywellhealth.com

Komunikasi dengan pasangan terkait aktivitas seksual merupakan hal krusial yang perlu untuk dilakukan. Selain preferensi dan histori, pembicaraan soal PMS, risiko kesehatan, pemeriksaan, dan sebagainya juga sangat penting.

Kamu dan pasangan pun juga semestinya peduli dengan saling mengecek apakah salah satu ada yang menunjukkan gejala infeksi maupun isu kesehatan seksual lainnya. Namun mengingat kebanyakan PMS tidak menunjukkan gejala visual, melakukan tes secara rutin adalah opsi yang paling memungkinkan untuk menjaga kesehatan seksual.

Jadi, siapa bilang kebersihan hanya soal membasuh dengan air saja?

Baca Juga: 7 Kesalahan saat Membicarakan Seks dengan Pasangan, Jangan Lakukan ya

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You