Comscore Tracker

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!

Jangan malu untuk mencari tahu~

Sebagai laki-laki, kamu mungkin merasa malu dan risih jika harus membicarakan soal hal-hal yang bersifat personal. Terlebih lagi, bila menyangkut 'jagoan' di bawah sini, mungkin kamu akan lebih merasa nyaman bila mencari informasi secara diam-diam.

Meski sebenarnya kamu tidak perlu merasa malu untuk berdiskusi soal ini, hal tersebut dapat dipahami. Untuk membantumu mendapatkan lebih banyak informasi soal kejantananmu yang satu itu, berikut adalah beberapa hal dari urolog yang perlu kamu ketahui!

1. Isu soal ereksi terjadi lebih umum dibanding yang kamu perkirakan

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!medicalnewstoday.com

Bila kamu mempunyai isu tentang 'performansi', well, kamu tidak sendiri. Di berbagai kelompok usia pun, gangguan ereksi dan ejakulasi dini sangat normal terjadi. 

Sebuah studi menunjukkan dari 4 ribu laki-laki, hampir separuhnya mengalami gangguan ereksi. Sayangnya, mereka tidak segera mencari pertolongan dan akhirnya menderita tanpa seorang pun tahu.

2. Gairah seks rendah tidak selalu dikarenakan rendahnya kadar testosteron

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!whitsundayprofessionalcounselling.com

Hormon testosteron memang kerap menjadi faktor utama yang disangkutpautkan terhadap gairah seks. Namun, bukan berarti faktor ini merupakan penyebab utamanya.

Gairah seks merupakan kombinasi dua faktor, yakni biologis dan psikologis. Karena itu, meski cari tahu apa yang membuat kadar testosteron rendah dan membuatmu jadi kurang bergairah. Boleh jadi, penyebabnya adalah stres, depresi, kurang olahraga, dan lain-lain.

3. Latihan kegel dapat membantu meningkatkan kehidupan seksmu

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!medicalewstoday.com

Latihan kegel memang terlanjur diasosiasikan dengan wanita. Namun, siapa sangka justru latihan ini juga sangat bermanfaat bagi pria?

Saat buang air kecil, cobalah untuk menahannya, lalu baru mengeluarkannya. Latihan ini akan melatih otot-otot PC (Pubococcygeus). FYI, otot ini sangat berperan dalam performansimu: ejakulasi dini, gangguan ereksi, hingga orgasme.

Baca Juga: 8 Cara Memperbesar Penis Secara Alami, Gak Perlu Pakai Obat!

4. Benjolan tidak selalu berarti kanker

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!innovationcompounding.com

Tentu kamu harus merasa curiga bila menemukan benjolan, bengkak, atau nyeri pada testikel. Walau begitu, kamu tidak perlu merasa terlalu cemas dengan menganggapnya sebagai gejala kanker.

Gejala tersebut saja tidak cukup kuat sebagai dasar diagnosis kanker. Bahkan, menurut Canadian Cancer Society, meski kanker testis sangat umum menyerang laki-laki Kanada dengan kelompok usia 15-29 tahun, kemungkinan kankernya hanya mencapai 1persen.

5. Pria juga dapat mengalami ISK

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!uqora.com

Infeksi Saluran Kemih alias ISK memang sangat dominan dialami wanita. Meski demikian, bukan berarti pria bebas dari risiko ini.

Beberapa gejalanya antara lain hasrat untuk buang air kecil yang lebih sering, rasa nyeri saat buang air kecil, dan dalam beberapa kasus yang berat, ada darah di dalam urin yang dihasilkan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan kamu memerlukan resep antibiotik dan penanganan lain dari dokter.

6. Apa yang bagus untuk jangtungmu, bagus untuk penismu

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!menshealth.com

Pun sebaliknya dengan hal-hal yang tidak bagus untuk jantungmu, tidak bagus pula untuk penismu. Merokok, konsumsi alkohol berlebihan, hingga obesitas juga dapat mengganggu kesehatan penis dan kehidupan seksmu.

Solusinya, terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah baik di jantung maupun penismu. Lakukan olahraga secara berkala, diet seimbang, dan istirahat yang cukup.

7. Ukuran penis rata-rata

Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!vox.com

Ukuran penis memang menjadi salah satu hal yang sangat umum untuk dibahas dan dikhawatirkan. Lantas, berapa angkanya?

Studi menemukan bahwa rerata panjang penis adalah 5,17 inci saat ereksi dan 3,61 saat dalam kondisi normal. Walau begitu, angka-angka ini tidak menentukan kemampuan maupun gairah seksmu.

Jadi, sudah dapat pencerahan? Itulah fakta penis secara umum dari para urolog!

Baca Juga: Penis Sering Ereksi Tiba-tiba? Ini 7 Penyebabnya yang Jarang Diketahui

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You