Comscore Tracker

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!

Karena seks bukan hanya sebatas hubungan fisik

Sebagai pasangan yang telah menikah dan hidup bersama selama beberapa waktu, kamu dan dia pasti mengalami fase tidak terlalu bergairah untuk melakukan hubungan seks. Penyebab yang paling umum adalah kesibukan kerja masing-masing sehingga hal utama yang ingin dilakukan di rumah adalah tidur.

Padahal, kehidupan seks juga perlu dijaga sebagai komponen untuk meningkatkan hubungan emosional di antara kamu dan pasangan. Seks akan membuatmu merasa lebih dekat dengan pasangan dan sebagai salah satu cara menghormati dan menghargai hubungan kalian. 

Sayangnya, selain pekerjaan yang kerap menguras mood bercinta, ada beberapa hal sederhana yang sering dilakukan tetapi justru menjadi sumber berkurangnya kualitas kehidupan seksmu bersama pasangan. Percaya atau tidak, pasti ada hal-hal berikut ini yang masih kamu lakukan.

1. Terus berkutat dengan ponsel

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!bestlifeonline.com

Sebagai bagian dari masyarakat di era digital, boleh jadi kamu pun telah bertransformasi menjadi pecandu ponsel. Entah untuk urusan kerjaan atau hiburan, gawai yang satu ini sangat sering menyita perhatianmu.

Menurut Katherine Hertlein Ph.D di Men's Health, cobalah untuk mengistirahatkan dirimu dari ponsel dan lebih fokus terhadap hubunganmu dengan pasangan. Hal ini dapat menjadi booster kehidupan seksmu dengan si dia.

2. Membawa stres dan beban pikiran ke atas ranjang

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!westwindrecovery.com

Dikenal sebagai salah satu cara untuk mengurangi stres bukan berarti kamu justru menjadikan seks sebagai pelampiasan. Bahkan, pengelolaan stres yang kurang baik justru akan mengganggu gairah seksmu. Untuk itu, cobalah untuk melakukan berbagai kegiatan positif lain yang dapat membantumu menenangkan pikiran seperi meditasi, yoga, atau bahkan jalan santai di lingkungan sekitar.

3. Ngemil 'terlalu larut'

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!bustle.com

Terlalu larut bukan berarti kamu ngemil di saat tengah malam, melainkan terus makan kendati perutmu sudah memberi kode kenyang. Kondisi ini memberikan pengaruh negatif terhadap libidomu. Sebagai gantinya, dr. Rachel A. Sussman mengatakan bahwa kamu bisa menjadikan seks sebagai dessert favoritmu nanti.

Makan dengan perut tidak terlalu penuh akan memberikan lebih banyak energi bila kamu ingin bercinta dengan pasangan. Kalau masih ingin ngemil, kamu bisa melakukannya setelah berhubungan agar tidak mengacaukan intimasimu dengan pasangan.

Baca Juga: Awas, Ini 8 Tanda Pasanganmu Tidak Menikmati Aktivitas Seksual Kalian!

4. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!guycounseling.com

Wine dan seks mungkin terdengar seperti kombinasi yang sempurna. Namun, terlalu banyak konsumsi alkohol sebelum bercinta justru akan mengurangi gairah seksmu.

Malah, kemungkinan terbesar kamu akan jatuh tertidur. Untuk itu, boleh-boleh saja kamu dan dia menikmati alkohol untuk meningkatkan suasana romantis di antara kalian, tapi pastikan benar-benar memahami batas toleransi kadar alkohol masing-masing.

5. Memadamkan penerangan di ruangan

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!booking.com

Kamu mungkin lebih menikmati aktivitas seks bersama pasangan dalam keadaan ruangan yang gelap untuk beberapa alasan tertentu. Megan Stubbs, seksolog dari Business Insider, menyatakan bahwa adanya penerangan yang membantu kamu dan pasangan dapat melihat satu sama lain selagi berhubungan dapat memperkuat ikatan emosi kalian. Kalau lampu utama ruangan terlalu mengganggu, kamu bisa menggunakan lampu tidur atau bahkan lilin yang memancarkan aura lebih romantis.

6. Melewatkan sesi foreplay

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!lds.net

Terutama bagi perempuan, foreplay merupakan sesi penting yang sebaiknya tidak terlewatkan bila ingin melakukan seks. Menurut dr. Susan Bock dari She Knows, hal ini tidak lain disebabkan oleh kecenderungan wanita yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk 'panas' dibandingkan pria. Soal berapa lama sesi foreplay yang dibutuhkan itu tidak selalu sama, tapi setidaknya, jangan pernah melewatkan sesi ini untuk mendapatkan pengalaman bercinta yang utuh.

7. Melakoni sesuai rutinitas

Serius, Hindari 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks dengan Pasanganmu!imdb.com

Kalau kamu dan pasangan telah menikah dan bersama dalam kurun waktu tertentu, seks mungkin sudah menjadi sebuah rutinitas. Namun, jangan pernah berhenti dengan yang itu-itu saja. Cobalah hal-hal baru yang dapat membuat kehidupan seksmu dan pasangan selalu bergairah, seperti: menambahkan musik yang seksi dan sensual, mencoba posisi baru, dekorasi penerangan yang unik, wewangian yang menggoda, dan lain sebagainya.

Sesungguhnya, seks bukanlah sekadar hubungan fisik belaka. Bersama dengan pasangan yang kamu pilih menjadi teman hidup sepanjang usia, aktivitas ranjang juga merupakan cara menunjukkan rasa percaya, menerima, dan intimasi antara satu dan yang lainnya. Untuk itu, selalu buat kehidupan seksmu dan pasangan selalu hidup, ya!

Baca Juga: Bagaimana Sih Sebenarnya Gairah Seks yang Sehat? Cek 7 Fakta Ini Ya! 

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You