Comscore Tracker

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!

Ketahui akar permasalahannya dan lakukan solusi yang tepat

Testis yang gatal adalah salah satu situasi yang pasti membuatmu tidak nyaman dan sangat tergoda untuk menggaruknya. Namun, di banyak kasus yang terjadi, menggaruk justru akan memperburuk keadaan. Solusinya, cari tahu dulu penyebab gatal yang terjadi sehingga meminimalkan risiko yang tidak diinginkan.

1. Intertrigo

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!menshealth.com

Intertrigo adalah sebuah peradangan yang terjadi sebagai respons dari infeksi bakteri atau jamur. Oleh karena itu, biasanya permukaan kulit di area tersebut pun akan kemerahan dan terasa menyengat.

Peradangan paling sering terjadi di area lipatan dan lembap pada tubuh. Tentu saja, skrotum yang memiliki tekstur berlipat dan lembap menjadi lingkungan yang ideal bagi bakteri maupun jamur untuk tumbuh.

2. Herpes

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!thesun.co.uk

Herpes merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang menyebabkan ruam dan rasa gatal pada permukaan kulit. Tidak berhenti di sini, ruam pun akan berubah dalam waktu yang singkat sampai jadi melepuh dengan rasa terbakar yang menyakitkan. Bahkan, Lepuhan herpes ini juga mungkin pecah sehingga menyebabkan luka yang begitu menyakitkan.

3. Kutu kemaluan

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!medicalnewstoday.com

Benar, di area ini pun kamu juga dapat menemukan makhluk super kecil yang satu ini. Sayangnya, kehadiran kutu kemaluan ini berpotensi menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman di area privatmu yang satu itu.

Beberapa orang dapat melihat telur kutu yang tumbuh dekat akar rambut kemaluan. Beberapa lainnya bisa melihat langsung kutu berwarna keabu-abuan yang berjalan di sekitar rambut kemaluan.

Baca Juga: Guys, Ini 7 Pesan Penting dari Urolog Soal Kondisi Penis Pria Umumnya!

4. Gesekan yang meradang

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!causeiloverunning.com

Peradangan dapat terjadi ketika gesekan berlangsung secara konstan dan berulang di area kulit yang sama. Friksi yang terjadi antara kaki yang satu dan yang lainnya dapat menimbulkan lecet dan peradangan, seperti ketika bersepeda, berlari, maupun aktivitas fisik serupa lainnya. Hasilnya, selain gatal dan tidak nyaman, biasanya rasa perih akibat lecet juga mungkin dialami.

5. Dermatitis kontak

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!fabhow.com

Dermatitis kontak adalah suatu reaksi alergi. Biasanya kondisi ini terjadi saat kulit melakukan kontak dengan bahan-bahan baru yang asing seperti kandungan pada sampo, deterjen, sabun mandi, bahkan pakaian yang dikenakan.

Penderita dermatitis kontak pun akan mengalami rasa gatal dan kemerahan pada permukaan kulit hingga mengeluarkan cairan kekuningan. Ruam serupa juga bukan tidak mungkin terjadi pada testis. Bahkan semakin tebal kulit pada bagian testis, semakin terasa gatal dan ketidaknyamanan yang dihasilkan.

6. Kutil kelamin

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!ajp.com.au

Kutil kelamin adalah contoh lain dari infeksi menular seksual yang memberikan sensasi gatal pada testis dan area sekitar kelamin lainnya. Walau begitu, kondisi yang paling sering terjadi pada situasi ini adalah benjolan kecil.

Kutil kelamin sering dihubungkan dengan HPV (Human Pappilomavrius). Walau dapat dihilangkan, kutil kelamin tetap dapat muncul di masa mendatang karena pada dasarnya virus tersebut tidak dapat disembuhkan.

7. Tinea cruisis

7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!medicalnewstoday.com

Boleh jadi di antara yang lain, tinea cruris merupakan penyebab gatal pada testis yang paling sering terjadi. Tinea cruris sendiri merupakan infeksi jamur yang terjadi di area liptatan tubuh.

 

Gangguan kulit ini akan muncul dengan warna kemerahan meski tampak pastinya sangat bergantung pada tipe jamur penyebabnya. Adapun beberapa jenis infeksi lainnya boleh jadi terlihat berlapis-lapis, mengelupas, dan kering.

Itulah beberapa hal umum yang menyebabkan rasa gatal pada testis. Hindari untuk menggaruknya dan melakukan penanganan pribadi tanpa dasar medis yang jelas untuk menekan risiko memperburuk keadaan area sensitifmu di bawah sana, ya.

Baca Juga: Wah, 10 Fakta Mengagumkan Soal Penis Ini Bisa Jadi Belum Kamu Ketahui!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You