Comscore Tracker

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasi

Selalu dirasa, belum berarti sudah terbiasa

Setiap wanita pasti tahu bahwa menjelang periode haid, ada beberapa persiapan mental yang perlu dilakukan. Pasalnya, hal-hal seperti kram perut, jerawat hormonal, kembung yang tidak nyaman, hingga konstipasi yang menyebalkan sangat mungkin terjadi dan membuatmu harus berusaha lebih ekstra saat menjalani hari dibandingkan hari-hari lain.

Namun, perubahan yang terjadi dan membutuhkan penyesuaian selagi haid tidak hanya urusan fisik belaka. Otakmu pun mengalami beberapa perubahan yang menyebabkan perubahan pada emosi dan mental seperti berikut ini.

1. Lebih mudah mengalami migrain

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasiaol.com

Kadar estrogen yang meningkat sebelum haid menyebabkan pergeseran magnesium darah ke tulang dan otot. Rendahnya jumlah magnesium dalam otak ini tidak dapat menangkal aksi pembekuan kalsium pada darah. Artinya, ketika terjadi gumpalan darah kecil yang menyumbat pembuluh darah otak, kamu pun jadi lebih mudah mengalami migrain.

2. Gariah seks menurun

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasird.com

Gairah seks tidak selalu soal fisik, tetapi juga mental. Sedihnya, saat menstruasi, perubahan pada tubuh juga membuat otak menjadi kurang reseptif terhadap dorongan seksual. Dalam periode ini, kadar hormon testosteron sebagai hormon yang berperan penting dalam libido pada wanita yang pada dasarnya relatif sedikit jadi semakin rendah sehingga membuatmu tak sebergairah biasanya.

3. Mood swing lebih parah

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasimedicalnewstoday.com

Mood swing selagi periode haid adalah hal yang teramat wajar dan kamu sadari. Namun, yang mungkin belum kamu pahami adalah bahwa perubahan susunan kimiawi dalam otak ini dapat menciptakan gejala depresi.

Hal ini dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon estrogen, progesteron, dan testosteron. Bila situasi mood swing ini berlangsung lebih lama dari waktu haid normalnya, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter.

Baca Juga: 10 Hal yang Jangan Pernah Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahli

4. Hormon energi menurun

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasinewsweek.com

Merasa lebih mudah lelah saat menstruasi? Ternyata, saat sel telur tidak dibuahi, hormon yang menciptakan lingkungan siap untuk dibuahi tersebut tidak dibutuhkan dan menjadi anjlok kadarnya. Fluktuasi ini pun akan berdampak pada rasa lelah yang kamu rasakan, terlepas dari seberapa banyak kamu tidur dan beberapa faktor lain.

5. Kemampuan spasial terganggu

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasiautodeal.com.ph

Jika saat menstruasi tiba-tiba kamu jadi susah untuk memarkir mobil secara paralel, menyusun puzzle, mengingat rute ke tempat favorit, dan aktivitas semacamnya, jangan terlalu merasa buruk. Pasalnya, siklus menstruasi juga ternyata memiliki efek pada kemampuanmu melakukan tugas-tugas spasial. Agar kondisi ini tidak semakin buruk, yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidak terlalu keras dan menyalahkan diri sendiri atas situasi ini.

6. Susah berpikir jernih

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasipopsugar.com

Kamu bukan satu-satunya wanita yang tidak dapat berpikir jernih saat haid. Hal ini sama sekali tidak memengaruhi tingkat kecerdasanmu, tetapi fase ini memang membuat otak cenderung sedikit lebih susah dalam menyelesaikan tugas-tugas kognitif. Istirahatlah untuk membuat kondisi lebih baik.

7. Pikiran jadi acak

7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasisagelynaturals.com

Selain susah berpikir jernih, perubahan kadar hormon pada periode menstruasi juga membuat pikiranmu jadi cenderung lebih acak. Fluktuasi hormon ini sesungguhnya adalah hal yang sangat wajar, tetapi tidak ada salahnya bila kamu melakukan tes untuk dapat benar-benar menentukan bila ada komposisi hormon yang turun atau meningkat tajam.

Dengan hakikat sebagai wanita, tujuh kondisi ini akan selalu kamu rasakan setiap bulan hingga nanti menjelang menopause. Karena itu, dengan mengetahui pola apa yang akan dialami, ada baiknya kamu melakukan beberapa persiapan dan mengetahui cara terbaik untuk mengatasinya sehingga tak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasi

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You