Comscore Tracker

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggar

Walau terlihat garang, aslinya sensitif... Hati-hati lho!

Saat akan menyusuri hutan, kamu tentu memerlukan strategi khusus untuk dapat melampauinya dengan baik. Pun demikian dengan belantara satu ini yang ada dia area privatmu. Mengingat kondisinya yang sangat sensitif dan dapat terluka hanya dengan satu kesalahan kecil, berikut adalah cara aman untuk mencukur rambut kemaluanmu.

1. Jangan memultifungsikan peralatan

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggartoolsofmen.com

Pisahkan gunting maupun pencukur yang akan kamu gunakan untuk mencukur rambut kemaluan dan bagian tubuh lainnya seperti cambang, kumis, jenggot, dan bulu ketiak (apalagi untuk keperluan lain sehari-hari). Kamu tentu tidak ingin bakteri yang bersarang di bagian tubuh ini menyebar ke bagian tubuh lainnya, bukan?

2. Bersihkan sebelum dan sesudah menggunakan

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarliveabout.com

Ada baiknya kamu membersihkan terlebih dahulu gunting yang akan digunakan dengan alkohol dan mencuci tangan dengan bersih. Persiapan ini akan meminimalkan risiko terjadinya infeksi di area genital. Tak lupa, setelah digunakan, kembali bersihkan peralatan dan simpan dalam keadaan dan di tempat yang kering dan sejuk.

3. Menyisakan rambut

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarbaldingbeards.com

Sesuai preferensi, kamu dapat mencukur total seluruh rambut atau menyisakan sebagiannya. Namun, bila memilih opsi pertama, hindari untuk membabatnya habis. Setidaknya, sisakan sedikit sepanjang sekitar 0,5 cm untuk menghindari risiko terjadinya ingrown hair yang menyebalkan.

4. Jangan cukur dalam keadaan kering

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarmaggiescarf.com

Kondisi terbaik untuk bercukur adalah setelah kamu mandi dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membuat proses mencukur jadi lebih lancar dan meminimalkan terjadinya luka. Selain itu, temperatur hangat akan membuat kulit jadi lebih lembut dan menghilangkan kotoran serta minyak dan melubrikasi area tersebut secara alami.

Baca Juga: Wah, 10 Fakta Mengagumkan Soal Penis Ini Bisa Jadi Belum Kamu Ketahui!

5. Menggunakan gel cukur

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarblogool.com

Menggunakan sabun mandi biasa tidak akan membuat rambut akan tercukur dengan baik. Kamu bisa menggunakan gel cukur yang lebih melembapkan. Pilihlah produk yang bebas alkohol untuk mencegah terjadinya iritasi.

6. Mencukur dengan searah

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarupcominghealth.com

Pastikan kamu mencukur rambut kemaluan searah dengan pertumbuhan rambut. Dengan begitu, proses mencukur pun akan lebih smooth serta mencegah terjadinya goresan, luka, iritasi, dan ingrown hair.

7. Lebih berhati-hati di area testis

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarswaggermagazine.com

Testis memiliki tekstur kulit yang berlapis-lapis sehingga membuatnya jadi lebih rentan untuk ikut tercukur dan terluka. Selain itu, bagian ini juga terbukti memerangkap bakteri lebih banyak sehingga sekalinya terluka, bakteri dapat masuk dan menyebar lebih cepat. 

8. Bersihkan luka dengan segera

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggaruline.com

Bahkan setelah sangat berhati-hati sekalipun, bukannya tidak mungkin kamu tetap melukai area ini. Bila terjadi demikian, pastikan untuk membersihkan area tersebut dengan air hangat dan alkohol. Jika cukup parah dan terjadi pendarahan selama lebih dari 15 menit, segeralah ke dokter.

9. Selesaikan dengan pelembap

9 Tips Mencukur Rambut Kemaluan yang Aman bagi Pria, Jangan Dilanggarlivingthenourishedlife.com

Iritasi adalah hal paling umum yang terjadi setelah mencukur rambut kemaluan karena adanya perubahan kondisi pada folikel rambut. Untuk mencegahnya, kamu dapat mengaplikasikan pelembap. Adapun kandungan yang sebaiknya dimiliki produk pelembap tersebut adalah aloe yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

Jadi, sudah seaman apa kamu selama ini? Hati-hati dalam melakukannya ya!

Baca Juga: 7 Kebiasaan Rutin yang Buruk untuk Kesehatan Penis, Sayangi Batangmu

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya