Comscore Tracker

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasi

Karena menstruasi bisa kamu hadapi dengan sebaik mungkin

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang biasanya tak terlalu dinantikan oleh wanita. Pasalnya, dalam periode ini, ada banyak perubahan dalam tubuh yang terjadi dan memaksa diri untuk beradaptasi dengan cepat terhadap rutinitas.

Bagaimanapun, menstruasi merupakan kondisi biologis yang hanya akan berhenti secara alami bila kamu telah memasuki masa menopause. Artinya, kamu pun harus membiasakan diri selama bertahun-tahun dengan situasi ini.

Nah, agar tak terus menerus merasa kesal dengan periode menstruasi yang pasti akan dialami, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan. Setidaknya, tujuh hal berikut ini bisa membantumu merasa lebih baik saat dinding sel rahim meluruh karena tidak terjadinya pembuahan setiap bulannya.

1. Olahraga secara moderat

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasibodywithmind.co.uk

Olahraga dapat membantu memperlancar aliran darah menstruasi dan mengurangi rasa sakit di sekitar perut. Namun, pilih olahraga yang tidak terlalu ekstrem dan intens seperti yoga ringan, berjalan kaki, dan sebagainya. Hindari olahraga yang terlalu berat dengan sering karena justru dapat memicu menstruasi yang tidak teratur dan menyetop menstruasi.

2. Tingkatkan asupan magnesium

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasialgaecal.com

Salah satu benefit dari magnesium saat menstruasi adalah merelaksasi otot, sehingga meringankan kram perut. Selain itu, mineral yang berperan dalam perkembangan sel telur yang sehat ini juga dapat mencegah migrain dan sakit kepala serta mengurangi retensi air dan kembung.

3. Pantau siklus menstruasi

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasiopen.edu.au

Pemantauan dan pencatatan ini perlu kamu lakukan sebab menjadi salah satu dasar penting evalusasi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, terutama dalam hal kesuburan. Kamu juga dapat mencatat apa saja yang dialami selama menstruasi setiap harinya, seperti keluhan yang dirasa, deras atau tidaknya aliran darah haid, dan lain-lain. Pun termasuk beberapa aktivitas seperti perubahan diet, olahraga, hingga seks yang kamu lakukan dalam fase ini.

Baca Juga: 8 Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan yang Harus Diwaspadai

4. Buat tubuh tetap hangat

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasirentvst.com

Hal sederhana ini dapat membantu mengurangi kram yang sangat berpotensi menyerangmu di setiap siklus menstruasi. Kamu dapat menggunakan botol berisi air hangat atau semacam heat pack

5. Minum teh daun raspberi

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasicpacificfoods.com

Alternatif minuman yang sebaiknya kamu konsumsi selagi menstruasi adalah teh daun raspberi yang hangat. Kandungan vitamin dan mineralnya dalam menjaga kesehatan wanita telah dikenal selama berabad-abad. Fragrine yang berada dalam bahan ini juga membantu memperkuat rahim serta mengurangi ketidaknyamanan serta kram selagi menstruasi.

6. Membuat jurnal

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasimyquietspaces.or

Berkecamuknya emosi dan mental dalam fase menstruasi adalah hal yang wajar. Cobalah untuk lebih tenang dengan melakukan refleksi diri melalui kegiatan penjurnalan. Tulis apa saja yang sedang kamu rasakan, apa yang ingin kamu lakukan, apa yang sedang kamu pikirkan, dan sebagainya. 

7. Hindari produk olahan susu

Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasiopen.edu.au

Susu, keju, krim, dan produk olahan susu lainnya dapat meningkatkan hormon prostoglandin yang akan membuat kram perut jadi lebih menyakitkan serta kembung. Cobalah untuk mengurangi konsumsi produk ini tak hanya pada saat menstruasi, tetapi juga dalam diet harian untuk menjaga kondisi uterus lebih baik.

Setiap orang tentu punya cara masing-masing untuk membuat hari-hari selama menstruasi jadi tidak terlalu melelahkan. Di antara tujuh hal ini, mana yang sudah kamu lakukan?

Baca Juga: 10 Hal yang Jangan Pernah Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahli

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You