Comscore Tracker

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudah

Biar gak penasaran lagi apa bisa cepet timang bayi~

Bagi kebanyakan orang, kesuburan adalah sebuah misteri sampai mereka mulai serius untuk fokus gimana caranya bisa hamil. Terlepas dari berbagai kondisi medis yang ada pada seseorang dan bisa membuat sistem reproduksi mereka bermasalah, ada beberapa tanda alami yang sebenarnya menyatakan kalau kamu itu orangnya subur.

Meski sekarang mungkin kamu belum ingin atau siap punya anak, tapi tahu apakah tubuhmu tergolong subur atau tidak itu tetap perlu karena sistem reproduksi tak hanya melulu soal kehamilan saja. Mengetahui kamu subur atau tidak mungkin juga bisa memotivasimu untuk merencanakan masa depanmu sebaik mungkin.

Memang apa saja sih tanda kalau tubuh kita tergolong subur dan sehat? Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Siklus mesntruasimu (sangat) teratur

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahhealthline.com

Tak peduli kamu sedang dalam penggunaan alat kontrasepsi hormonal atau tidak, siklus menstruasi yang teratur adalah tanda kalau kamu termasuk orang yang subur.

Perempuan dengan siklus menstruasi sekitar 28 hari biasanya cenderung lebih mudah untuk melacak ovulasi mereka sehingga akan lebih mudah untuk memiliki anak.

2. Merasa sehat secara keseluruhan

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahrawpixel.com/mckinsey

Punya kesehatan yang bagus secara keseluruhan adalah tanda yang bagus bagi tubuh, yang artinya kamu subur. Beberapa studi menyatakan bahwa mengalami kondisi gangguan mental bisa membuat kehamilan semakin sulit. Jadi kalau kamu memiliki karakter yang kuat dan gak memiliki banyak masalah kesehatan, kemungkinan besar kamu juga punya tubuh yang subur.

3. Kamu gak pernah punya gangguan infeksi pelvis

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahmichigansportsandspine.com

Ada banyak hal yang bikin seseorang tidak subur, salah satunya infeksi pelvis. Kalau kamu belum pernah kena infeksi apa pun, kamu bisa jadi termasuk orang yang subur.

Kalau kamu punya siklus menstruasi teratur, gak pernah kena infeksi, dan tahu kapan masa suburmu, usia adalah salah satu faktor yang membatasi kesuburan seseorang. Tapi untuk mengetahui hal tersebut lebih lanjut, sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter kandungan.

Baca Juga: Ladies, 7 Hal Ini Ternyata Gak Menjadi Fokus Pria Saat Behubungan Seks

4. Kamu punya jadwal ovulasi atau masa subur yang teratur

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahrawpixel.com/377878

Tak hanya jadwal menstruasi, kalau mau tahu tanda kesuburan lainnya adalah melalui ovulasi. Ketika memasuki masa subur, vaginamu akan mengeluarkan cairan seperti lendir dan payudaramu akan terasa lebih lembut dari biasanya. Kalau tubuhmu mengalami hal-hal ini, ada kemungkinan kalau kamu sedang dalam masa subur dan lebih mudah untuk hamil.

5. Kamu bukan seorang perokok

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahrawpixel.com/48484

Beberapa kasus studi mengemukakan kalau merokok juga punya dampak negatif terhadap kesuburan. Kalau kamu gak pernah merokok, kehamilan mungkin bukan hal yang menyusahkan bagimu. Asap rokok terbukti meningkatkan banyaknya telur yang luruh saat menstruasi dan ada kaitannya dengan memperpendek jangka usia subur bagi wanita.

Kalau kamu perokok dan sedang dalam program kehamilan, mungkin sudah saatnya kamu mengurangi jumlah rokok per hari.

6. Menstruasimu tidak terlalu deras dan berat

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahrawpixel.com/80589

Memang semua orang punya menstruasi yang berbeda, tapi seberapa deras menstruasimu bisa menentukan kesuburanmu juga. Perempuan yang menstruasi terlampau deras mungkin memiliki fibroid, yang berarti tumor jinak yang bisa mengubah struktur rahim dan memengaruhi implantasi embrio.

7. Menstruasimu tidak menyakitkan dan membuatmu menderita

7 Tanda Bahwa Reproduksimu Sehat, Subur dan Bisa Hamil dengan Mudahrawpixel.com/329614

Memang menstruasi kadang menyebalkan, tapi jika hampir tak pernah menstruasi dengan rasa nyeri yang tak tertahankan adalah tanda yang bagus bagi tubuhmu.

Menstruasi yang sangat menyakitkan bisa menjadi tanda endometriosis, timbulnya jaringan di dalam rahim yang bisa menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Pastikan kamu selalu mengawasi tanggal menstruasimu dan cek kesehatan ke OB/GYN ketika memang sedang program kehamilan.

Gak memiliki kemampuan untuk hamil bukanlah sebuah kegagalan, dan pengobatan modern kini semakin mempermudah bagi para perempuan yang kesulitan untuk hamil. Kamu masih tetap bisa memiliki anak dengan cara apa pun, dan yang paling penting adalah kamu harus tahu apa yang terjadi dengan tubuhmu sendiri.

Baca Juga: Waspadai 5 Infeksi yang Paling Sering Terjadi pada Masa Kehamilan Ini

Jaladriana Photo Verified Writer Jaladriana

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You