Comscore Tracker

5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak Lancar

Kamu gini gak?

Tanpa sadar, bisa jadi penyebab menstruasimu tidak lancar itu adalah kamu sendiri. Kamu melakukan sesuatu yang malah menyebabkan siklus haidmu jadi tidak karuan. Sebagai cewek, kamu harus bisa jaga badan. Termasuk paham dengan jadwal bulananmu.

Jangan cuek, 5 hal yang kamu lakukan di bawah ini adalah penyebab menstruasimu gak lancar. Jadi mending kamu mulai hidup teratur kalau mau bulananmu tertarur juga.

1. Pola hidup dan makan yang tidak seharusnya

5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak LancarUnsplash.com/Emmy Smith

Kalau kamu berada dalam posisi diet, maka jangan sampai kamu tidak menghitung kadar kalori yang harus kamu kurangi dan menggantinya dengan nutrisi yang lain. Diet yang berlebihan bisa berdampak pada siklus menstruasimu juga. Apalagi jika dibarengi dengan olahraga yang terlalu berat. Kondisimu yang kelelahan dan kekurangan nutrisi akan berdampak pada semua jaringan dalam tubuhmu

2. Stres yang berlebihan akan berpengaruh pada siklus menstruasimu juga

5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak Lancarwomen-secrets.ru

Pikiran adalah sumber segala sesuatu. Termasuk kesehatan juga bisa bergantung pada pikiranmu. Kalau kamu terlalu stres berlarut-larut, tubuh akan mengeluarkan hormon stres dan akan berpengaruh pada hormon menstruasimu juga. Makanya, pendarahanmu tidak akan teratur seperti biasanya.

Baca juga: 6 Fakta Penting Soal Menstruasi yang Gak Banyak Cewek Tahu

3. Penggunaan kontrasepsi atau tidak mengganti alat kontrasepsi

5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak Lancarself.com

Entah itu pil kb atau penggunaan alat kontrasepsi lain seperti spiral atau suntikan kb bisa menyebabkan pendarahan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini juga memberikan pengaruh yang signifikan pada periode menstruasi dan membuatnya jadi tidak teratur.

4. Aktivitas yang terlalu berlebihan

5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak Lancarcosmopolitan.com

Rasa capek akan akan berpengaruh pada hormon hipotalamus yaitu hormon yang mengatur pertumbuhan dan orientasi seksual manusia. Saat kamu terlalu lelah maka akan ada masalah pada pelepasan ovulasi yang berpengaruh pada menstruasi yang tidak lancar. Bisa juga kamu akan mengalami keterlambatan menstruasi padahal tidak sedang dalam keadaan mengandung.

5. Kelebihan berat badan atau obesitas

5 Hal yang Kamu Lakukan Ini Cuma Buat Menstruasimu Gak LancarUnsplash.com/Christopher Flowers

Jika di poin satu tadi diet yang berlebihan akan mempengaruhi siklus menstruasi, maka sebaliknya kelebihan berat badan juga memiki peranan penting. Berat badan yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi tanda ovarium polikistik yaitu gangguan keseimbangan kadar hormonal di mana tubuh wanita memproduksi hormon laki-laki. Kalau kamu mengalami ini, jelas kamu tidak akan memiliki jadwal haid yang normal.

Semakin kamu sering melakukan hal di atas maka semakin besar kemungkinan menstruasimu jadi tidak lancar. Dan kalau kamu mau supaya kamu punya jadwal yang stabil, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya kamu bisa tahu juga apa ada penyebab lain selain semua hal yang disebutkan di atas.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Gak Sadar Cewek Lakukan Saat Menstruasi

Topic:

Berita Terkini Lainnya