Comscore Tracker

5 Warna Menstruasimu Ini Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu Lho

Kamu sudah tahu belum girls?

Pernah gak sih kamu memerhatikan bagaimana warna menstruasimu? Setiap hari pasti ada perubahan warna yang terjadi. Apakah kamu tahu apa artinya? Ternyata warna menstruasi memiliki arti masing-masing tentang kesehatanmu, lho.

Makanya, perhatikan semua warnanya di bawah ini dan cari tahu yang mana yang paling merepresentasikan warna menstruasimu. Semakin kamu paham tentang arti warnanya, semakin kamu tahu bagaimana kesehatanmu.

1. Merah muda

5 Warna Menstruasimu Ini Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu LhoUnsplash.com/Chuttersnap

Warna menstruasi yang cenderung terang dan lebih pada pink menandakan kadar esterogen yang rendah. Olahraga yang tidak terkontrol atau terlalu berat adalah penyebab utama yang bisa membuat kadar esterogen menurun. Karena hormon ini sangat berguna bagi kesuburan atau reproduksi wanita maka yang kamu butuhkan adalah istirahat yang cukup dan tidak terlalu banyak melakukan olahraga berat.

2. Pink yang hampir muda seperti bening

5 Warna Menstruasimu Ini Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu LhoUnsplash.com/Lexi Xu

Hampir tanpa warna merah di dalamnya menandakan kamu kekurangan gizi. Dalam beberapa kasus, ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu terjangkit kanker ovarium. Tapi, jangan dulu panik, mulailah makan semua makanan bergizi untuk menyeimbangkan kadar gizi dalam tubuh. Jika warnanya belum berubah maka tidak ada salahnya untuk menemui dokter.

Baca juga: 7 Hal yang Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasi

3. Gumpalan darah merah gelap seperti selai

5 Warna Menstruasimu Ini Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu LhoUnsplash.com/Natural Chef Carolyn Nicholas

Jika warnanya memang merah gelap dan ada seperti gumpalan yang keluar tandanya kamu memiliki progesteron yang rendah dan esterogen yang tinggi. Ini tidak berarti apa-apa. Namun, jika hal ini terjadi terus-menerus maka berarti kamu memiliki ketidak seimbangan hormon. Ini hal yang wajar selama masa menstruasi, tidak ada yang perlu kamu takutkan.

4. Merah darah seperti buah cranberry

5 Warna Menstruasimu Ini Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu LhoUnsplash.com/Jennifer Pallian

Jika kamu mendapatkan warna ini selama masa menstruasimu berlangsung maka ini dinilai sehat dan bagus. Kamu hanya harus waspada terhadap siklus waktunya saja. Kalau terjadi lebih dari waktu yang seharusnya kamu berhenti, maka itu tanda kamu pendarahan dan butuh bertemu dokter.

5. Oranye

5 Warna Menstruasimu Ini Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu LhoUnsplash.com/Guillaume De Germain

Warna yang cukup asing ini pertanda bahwa kamu memiliki infeksi dan bisa jadi kanker serviks. Untuk memastikan semuanya baik-baik saja, segera menemui dokter setelah kamu mendapatkan warna ini sangat dianjurkan.

Karena menstruasi hanya terjadi satu bulan sekali, maka pastikan kamu tahu benar siklusmu seperti apa beserta dengan warnanya juga. Jika kamu tahu ada yang tidak beres, kamu jadi semakin paham bagimana cara mengatasinya.

Baca juga: 6 Masalah yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Kalau Kamu Malas Olahraga

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !