Comscore Tracker

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual 

Konsumsi ini untuk menambah gairah saat bercinta!

Afrodisiak, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan aphrodisiac, adalah makanan maupun obat yang dapat membangkitkan hasrat, gairah, atau kenikmatan seksual menjadi lebih meningkat. Ada banyak obat-obatan yang secara khusus bisa kamu temukan atau diperjualbelikan.

Meski banyak obat yang bisa membuat hasrat seksualmu meningkat secara instan, beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan alternatif yang lebih alami karena lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berarti. Itulah mengapa banyak yang memilih untuk mengonsumsi afrodisiak alami.

Perlu untuk kamu ketahui, ada beberapa obat aphrodisiac yang tidak memiliki penjelasan ilmiah dan beberapa produk alami yang juga memiliki dampak negatif. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui hal ini. Dilansir Healthline, berikut beberapa ramuan alami pembangkit gairah seksual.

Akar Maca

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi bubuk maca (pinterest.com/Natalie's Health)

Maca atau bahasa latinnya Lepidium meyenii merupakan sebuah sayuran, di mana akarnya memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Di Amerika Selatan, tumbuhan ini disebut dengan Viagra Peru karena digunakan untuk meningkatkan kesuburan.

Kamu bisa menjumpai tumbuhan ini di pegunungan Peru. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan terjadi peningkatan gairah seksual atau libido dan fungsi ereksi setelah mengonsumsi maca. Selain itu, penelitian lain pada manusia juga menunjukkan hal yang sama.

Akan tetapi, sebuah penelitian kecil menunjukkan maca dapat membantu untuk mengurangi hilangnya libido yang disebabkan oleh efek samping dari obat antidepresan tertentu. Beberapa peserta yang ikut terlibat dalam penelitian ini juga mengalami efek samping, namun masih bisa ditoleransi. Akan tetapi, penting untuk lebih lanjut menentukan dosis yang aman penggunaanya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Gairah Seks bagi Lansia?

Tribulus

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi tribulus terrestris (pinterest.com/Healthline)

Tribulus atau Tribulus terrestris merupakan tanaman tahunan yang cenderung tumbuh di iklan yang kering. Beberapa produsen suplemen sering menggunakan bahan ini untuk membangkitkan gairah seksual.

Sebuah penelitian mengenai tanaman ini menunjukkan adanya peningkatan kadar testosteron pada hewan yang memakan tribulus. Akan tetapi, hal ini belum dapat terbukti apakah ini juga berpengaruh pada tingkat kesuburan manusia.

Ginseng Merah

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi ginseng merah (dok.healthwisdom.shop)

Ginseng merah merupakan salah satu ramuan yang banyak digunakan untuk pengobatan Cina. Biasanya, tumbuhan ini digunakan untuk mengobati penyakit seksual pada laki-laki dan wanita. Termasuk juga penyakit libido rendah dan peningkatan fungsi seksual.

Selain itu, terdapat sebuah penelitian kecil juga menyebutkan bahwa ginseng merah juga mampu membangkitkan gairah seksual pada masa menopause. Akan tetapi, belum banyak penelitian kuat yang menyimpulkan hal ini.

Apabila kamu ingin mengonsumsi ini, sebaiknya hanya minum setiap hari selama 4–12 minggu dengan berat 1,2–3 gram saja. Adapun efek samping dari minum ramuan ginseng merah, yaitu sembelit, sakit kepala, serta sakit perut yang ringan.

Ginkgo biloba

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi pohon ginkgo biloba (pinterest.com/National Geographic Espana)

Aphrodisiac adalah makanan pembangkit gairah seksual, salah satunya tumbuhan ginkgo biloba. Merupakan salah satu suplemen herbal yang berasal dari spesies pohon tertua di dunia. Tumbuhan ini merupakan ramuan tradisional China yang digunakan untuk mengobati penurunan fungsi seksual hingga depresi.

Sebagai aphrodisiac, ginkgo biloba mampu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Sayangnya, penelitian mengenai tumbuhan ini masih beragam dan perlu adanya penelitian lebih lanjut lagi.

Baca Juga: 6 Strategi Nutrisi untuk Gairah Seksual yang Lebih Kuat

Kacang pistachio

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi kacang pistachio (unsplash.com/Joanna Kosinska)

Kacang pistachio memiliki kandungan gizi yang tinggi, kaya akan protein, serta, serta lemak sehat. Pistachio memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mengatur berat badan, serta membantu mengurangi gejala disfungsi ereksi pada laki-laki.

Sebuah penelitian kecil membuktikan laki-laki yang rutin mengonsumsi pistachio 100 gram per hari selama 3 minggu mengalami ereksi lebih kencang. Dikarenakan jenis kacang ini mampu merangsang aliran darah untuk mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih baik lagi. Namun, tetap dibutuhkan lebih banyak penelitian lain untuk menarik kesimpulan yang kuat.

Fenugreek

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi Fenugreek (pinterest.com/Healthline)

Fenugreek merupakan sebuah tanaman yang banyak dibudidayakan. Biji dari tanaman ini banyak dijumpai pada masakan Asia selatan. Selain itu, fenugreek juga digunakan pengobatan Ayurveda sebagai obat anti-inflamasi dan peningkatan gairah seksual.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa laki-laki yang mengonsumsi rutin ekstrak fenugreek selama 6 hari memiliki peningkatan gairah seksual dan sering mengalami orgasme. Demikian pula gejala yang ditunjukkan pada perempuan. Hasilnya, terdapat peningkatan yang signifikan pada hasrat seksual. 

Safron

Mengenal Aphrodisiac: 7 Ramuan Alami Pembangkit Gairah Seksual ilustrasi saffron (unsplash.com/Mohammad Amiri)

Safron merupakan rempah-rempah yang paling mahal bila disesuaikan dengan beratnya. Tanaman ini biasanya digunakan menjadi obat alternatif seperti mengurangi depresi, stres, serta meningkatkan mood

Selain itu, safron juga memiliki sifat aphrodisiac. Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang meminum safron mengalami tingkat gairah seksual yang lebih tinggi. Meski demikian, penelitian ini masih perlu untuk dilakukan pengujian lagi terlebih dahulu. 

Afrodisiak atau aphrodisiac adalah makanan atau obat-obatan, baik alami maupun kimia yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Hal ini sangat penting untuk diketahui bagi setiap pasangan, khususnya mereka yang mengalami penurunan kenikmatan seksual. Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: Erotic Blueprint, Peta Gairah Seksual yang Harus Dikenali

Topic:

  • Nadia Agatha Pramesthi

Berita Terkini Lainnya