Comscore Tracker

5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular Seksual

Komitmen dan keyakinan dibutuhkan sebelum aktif seksual

Bagi kebanyakan orang mungkin aktivitas seksual menjadi hal lumrah yang dibutuhkan, khususnya bagi mereka yang sudah berpasangan. Kebanyakan dari mereka cenderung melakukan hubungan seksual atas dasar persetujuan dari satu sama lain.

Meski demikian, pencegahan penyakit menular seksual melalui safe sex ternyata tidak menjamin secara penuh. Beberapa alasan berikut ini menjelaskan mengapa safe sex tidak menjamin terbebas dari risiko penyakit menular seksual.

1. Berciuman menjadi penularan penyakit yang paling mudah

5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular SeksualIlustrasi pasangan hendak berciuman (Pexels/Jonathan Borba)

Bagi mereka yang bahkan belum pernah melakukan aktivitas seksual, mungkin sudah tak asing lagi dengan aktivitas intim seperti berciuman. Tindakan saling mencium bibir ini faktanya juga memiliki risiko lebih terkait penularan penyakit.

Meski kadang dianggap sepele, kamu patut berhati-hati dalam melakukannya. Bahkan, risiko penyakit menular seksual pun dapat menular dari saling berciuman.

2. Kebocoran kondom

5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular SeksualIlustrasi kondom bocor (Unsplash/Charles Deluvio)

Hampir semua pasangan menganggap bahwa kondom mampu menjadi alat kontrasepsi, sekaligus alat untuk mencegah penularan penyakit. Sayangnya penggunaan kondom juga menimbulkan banyak risiko.

Risiko tersebut pada umumnya berasal dari permasalahan yang disengaja atau tidak sengaja. Contohnya adalah kondom yang bocor, kondom yang mudah robek, hingga kualitasnya yang rendah. Tentunya tetap saja akan sia-sia dalam penggunaannya.

Baca Juga: 11 Pertanyaan tentang Seks yang Dilontarkan Para Perjaka dan Perawan

3. Pengonsumsian alkohol atau obat-obatan terlarang

5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular SeksualIlustrasi orang mengonsumsi alkohol (Unsplash/Kelsey Chance)

Kebiasaan buruk untuk mengonsumsi minum-minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang menjadi hal selanjutnya yang harus kamu hindari. Pengonsumsian dua hal tersebut justru bisa membuat hilang kendali.

Jika sudah hilang kendali, tak jarang pasangan dapat melakukan aktivitas seksual berisiko tinggi. Pengaman pun juga jadi tidak digunakan lagi.

4. Kebiasaan sepele dengan tidak membersihkan tubuh dengan benar

5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular Seksualilustrasi mandi (Unsplash/bruce mars)

Kebersihan menjadi hal utama yang harus dijaga. Sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual tentunya kamu tetap harus menjaga kebersihan dengan baik.

Permasalahan sepele seperti kurang maksimalnya dalam membersihkan diri justru bisa membuatmu tampak berisiko dalam melakukan aktivitas seksual. Hal ini menjadi berlebih apabila kebersihan yang dimaksud berkaitan dengan bagian genitalia.

5. Risiko penyakit menular dari pasangan yang tak terlihat

5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular SeksualIlustrasi penis (Unsplash/Scott Sanker)

Salah satu alasan mengapa kamu harus selektif dalam memilih pasangan adalah untuk mencegah risiko penyakit menular seksual. Meski pada kenyataannya tentu saja tak mudah dalam memilihnya.

Kadang kala kamu dapat mengecek kesehatan pasangan dari bagian tubuhnya, apakah terdapat luka dan sebagainya. Meski kadang kala juga tak terlihat dengan jelas.

 

Beberapa alasan di atas membuktikan bahwa safe sex juga tak selamanya dapat menjaminmu terbebas dari penyakit menular seksual. Oleh sebab itu, aktivitas seks membutuhkan komitmen dan kepercayaan yang sebaiknya tak dilakukan di luar pernikahan. Jangan sembarangan, ya!

Baca Juga: 6 Penyakit Menular Seksual Ini Tanpa Gejala, Ada yang Sebabkan Mandul

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya