Comscore Tracker

Kehidupan Seks Terusik saat Usia Bertambah? Ini 5 Penyebabnya!

#IDNTimesHealth Penurunan gairah terjadi karena usia bertambah

Aktivitas seks menjadi salah satu kebutuhan biologis yang dimiliki oleh setiap manusia. Kadang kala frekuensi dari aktivitas seks setiap orang jelas berbeda.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi frekuensi aktivitas intim tersebut, salah satunya adalah usia. Beberapa hal berikut ini menjadi alasan mengapa bertambahnya usia ternyata dapat berpengaruh terhadap kehidupan seks seseorang.

1. Gairah yang semakin menurun

Kehidupan Seks Terusik saat Usia Bertambah? Ini 5 Penyebabnya!Ilustrasi wanita sedang lemas (Unsplash/Lux Graves)

Tidak dapat dipungkiri, frekuensi hubungan seks seseorang bergantung pada gairah yang dimiliki. Semakin tinggi gairah seseorang, maka keinginan untuk berhubungan intim pun juga tinggi, diikuti dengan frekuensinya. 

Untuk usia yang semakin bertambah, umumnya gairah seks juga semakin menurun, tak seperti dahulu. 

2. Penggunaan obat-obatan yang berpengaruh pada gairah dan mood

Kehidupan Seks Terusik saat Usia Bertambah? Ini 5 Penyebabnya!ilustrasi obat-obatan (Unsplash/Christina Victoria Craft)

Pada beberapa orang yang mengonsumsi obat-obatan untuk kesehatan, ternyata juga dapat berpengaruh pada kehidupan seksnya. Hal ini tentunya berkenaan dengan kandungan yang terdapat pada obat-obatan yang dikonsumsi. 

Gak cuma itu, perubahan hormon yang terjadi juga sangat berpengaruh pada mood seseorang. Dampaknya tentu akan membuat aktivitas seksual pun tak sama seperti dulu, bahkan bisa berkurang. 

3. Mengalami disfungsi ereksi

Kehidupan Seks Terusik saat Usia Bertambah? Ini 5 Penyebabnya!ilustrasi disfungsi ereksi (Unsplash/Deon Black)

Pria yang usianya semakin bertambah, tak jarang mengalami banyak permasalahan seksual. Salah satu di antaranya adalah disfungsi ereksi. 

Disfungsi ereksi tentunya akan menyebabkan kesulitan dalam melakukan aktivitas seksual. Hal yang terjadi justru kehidupan seks akan terganggu dan terhambat.

Baca Juga: 5 Dampak Sexless Marriage, Pernikahan dengan Frekuensi Seks Minim

4. Kesehatan yang menurun dan tidak prima

Kehidupan Seks Terusik saat Usia Bertambah? Ini 5 Penyebabnya!ilustrasi pria sedang lemas (Unsplash/Siavash Ghanbari)

Semakin bertambahnya usia seseorang, tentu saja kesehatannya akan mengalami penurunan. Hal ini juga berpengaruh pada tenaga yang dimiliki. 

Ketika tenaga tak lagi prima, akan membuat kehidupan seks tak sekuat dahulu waktu muda. Mudah lelah adalah kejadian yang akan ditemui, atau kram pada beberapa bagian tubuh juga akan sering muncul. Hal ini bisa jadi menurunkan gairah seks pasangan atau membuat minder diri sendiri. 

5. Prioritas utama keluarga yang berubah

Kehidupan Seks Terusik saat Usia Bertambah? Ini 5 Penyebabnya!ilustrasi keluarga bahagia (Unsplash/Tyson)

Pasangan yang telah bertambah usia dan memiliki banyak anak, tentunya akan berbeda dalam segi pola pikir. Mereka akan menempatkan banyak prioritas penting di dalam hidup.

Kadang kala, keduanya terlalu fokusnya pada prioritas yang dituju yang justru akan membuat seakan-akan lupa akan kehidupan seks. Hal itu yang kemudian membuat aktivitas seksual tak menjadi prioritas lagi.

Di balik kehidupan seks yang berkualitas, tak dapat dipungkiri usia menjadi faktor salah satunya. Ketika usia bertambah, stamina menurun, begitu juga gairah, betuh penanganan medis yang tepat untuk menghasilkan kembali kehidupan seks yang begitu panas dan berkualitas. Semoga kehidupan seksmu selalu menyenangkan, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Safe Sex Tidak Menjamin dari Risiko Penyakit Menular Seksual

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya