Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih dalam Bercinta, Cintai Diri!

#IDNTimesHealth Cemas berlebih akan mengganggu aktivitas seksmu

Aktivitas seks memang dianggap sebagai hal yang umum dilakukan oleh pasangan. Meski dianggap umum, namun faktanya tak semua orang dapat melakukan hal tersebut dengan perasaan yang lepas dan rileks.

Tak jarang justru beberapa orang merasa cemas berlebih dalam urusan bercinta. Jika kamu mengalami hal seperti ini, maka beberapa tips penting berikut ini wajib kamu ingat.

1. Cobalah untuk mencintai tubuhmu sendiri

5 Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih dalam Bercinta, Cintai Diri!ilustrasi siluet perempuan (Pexels/Jill Wellington)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merefleksikan diri. Ketahuilah segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Cobalah untuk mencintai apa yang ada pada dirimu, termasuk bentuk tubuhmu. Cara tersebut akan ampuh dalam mengusir segala rasa khawatir yang kamu rasakan.

2. Diskusikan apa yang menjadi fantasi seksualmu dan pasangan

5 Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih dalam Bercinta, Cintai Diri!ilustrasi pasangan romantis (Unsplash/Toa Heftiba)

Ada banyak hal yang bisa menjadi pencetus rasa khawatir dari aktivitas seks. Salah satunya adalah mungkin fantasi yang mempengaruhi ekspektasi seksualmu.

Jangan jadikan semuanya sebagai beban yang harus kamu tanggung sendirian. Diskusikan dengan pasanganmu tentang apa yang menjadi fantasi seksualmu, begitu pula dengan pasanganmu.

3. Mencari solusi bersama untuk permasalahan seks

5 Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih dalam Bercinta, Cintai Diri!ilustrasi pasangan romantis (Unsplash/Toa Heftiba)

Tak semua pasangan dapat memperoleh kualitas aktivitas seks yang baik dan berkualitas. Beberapa di antaranya justru harus menghadapi permasalahan internal.

Jangan menghadapi hal tersebut dengan pikiran yang penuh dengan rasa khawatir. Cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan dan berusaha mencari solusinya bersama.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Hubungan Seks di Siang Hari, Tak Kalah Bergairah!

4. Melakukan metidasi atau aktivitas lainnya

5 Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih dalam Bercinta, Cintai Diri!ilustrasi perempuan sedang meditasi (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kadar kekhawatiran yang dimiliki setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang masih di tahap wajar atau bahkan ada pula yang sudah berlebihan.

Kamu dapat mencoba untuk melakukan meditasi atau olahraga, jika dirasa kekhawatiran tersebut menganggu aktivitas. Berbagai cara tersebut akan membantumu untuk lebih rileks lagi.

5. Memahami konsep hubungan intim sebagai keterikatan emosional

5 Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih dalam Bercinta, Cintai Diri!ilustrasi pasangan sedang bercumbu (Unsplash/NeONBRAND)

Salah satu alasan yang mungkin membebani banyak orang dari aktivitas seksual adalah konsep yang seolah menggambarkannya sebagai bentuk kepuasan semata. Padahal, pada hubungan yang terjalin, aktivitas seksual memiliki makna yang lebih dari itu.

Kamu dan pasangan harus dapat memaknai, bahwa konsep berhubungan seksual memiliki keterikatan secara emosional yang lebih kuat. Hal ini jelas tak hanya sebatas tentang kepuasaan semata.

Melalui segala bentuk cara yang bisa dilakukan, maka diharapkan kecemasan tidak akan memengaruhi aktivitas seksualmu lagi. Rileks dan santai, ya!

Baca Juga: Jangan Abai, 5 Cara Mengatasi Gairah Seks Rendah agar Selalu Jos!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya