Comscore Tracker

Aktivitas Terganggu karena Horny Melulu? Ini 5 Cara Mengatasinya

#IDNTimesHealth Terlalu intens membuat kegiatan terhambat

Memiliki libido atau gairah seksual adalah hal wajar bagi sebagian orang. Namun, akan menjadi masalah jika gairah tersebut meledak-ledak bahkan tak terkendali.

Dampaknya akan menimbulkan permasalahan seperti aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Bagi kamu yang merasakan hal ini, simak cara mengatasinya, ya.

1. Konsultasi melalui terapi bicara

Aktivitas Terganggu karena Horny Melulu? Ini 5 Cara Mengatasinyailustrasi pria sedang berkonsultasi (Pexels/cottonbro)

Salah satu solusi yang bisa dipilih adalah dengan mendatangi psikolog yang memahami permasalahan terkait seksualitas. 

Nantinya, psikolog akan memberikan waktu untuk mengutarakan apa yang sedang dirasakan oleh pasien. Hal ini berkaitan dengan beban, pikiran, perasaan, dan segala hal secara keseluruhan yang berkaitan dengan aktivitas seksual.

Jangan malu dan takut, karena sesi konsultasi ini wajar. Psikolog nantinya akan membantu mencari solusi dari permasalahan kamu, kok. 

2. Mengalihkan energi ke aktivitas produktif lainnya

Aktivitas Terganggu karena Horny Melulu? Ini 5 Cara Mengatasinyailustrasi pria berolahraga (Pexels/RODNAE Productions)

Selalu ada dorongan besar untuk melakukan hubungan seksual jika libido sedang tinggi. Kamu dapat mengatasinya dengan mengalihkan energi ke aktivitas produktif yang lainnya. 

Lakukan aktivitas yang melibatkan energi secara fisik maupun spiritual, seperti olahraga atau yoga. Cara tersebut akan ampuh untuk menguras energi, sehingga tak ada tempat untuk libido tinggi menguasai energimu. 

3. Mengalihkan pikiran dengan kegiatan lain yang kamu minati

Aktivitas Terganggu karena Horny Melulu? Ini 5 Cara Mengatasinyailustrasi bermain game (Pexels/JÉSHOOTS)

Segala hal yang berkaitan dengan hal-hal seksual memang tak jarang berawal dari pikiran. Kamu dapat mengalihkan pikiranmu pada hal-hal positif lainnya, seperti melakukan kegiatan yang kamu minati.

Coba lakukan kegiatan lain seperti melukis, bermain game, atau kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi lebih. Cara ini akan membantumu dalam mengalihkan fokus sejenak. 

Baca Juga: Kurang Gairah, 10 Penyebab Paling Umum Libido Rendah Pada Pria

4. Menghindari hal-hal yang dapat memicu libido

Aktivitas Terganggu karena Horny Melulu? Ini 5 Cara Mengatasinyailustrasi pasangan bertatapan mesra (Pexels/freestocks.org)

Setiap orang pasti memiliki pemicu dari libido tinggi yang tak terkendali. Kamu dapat mencari tahu apa saja pemicu yang membuat rasa horny muncul dan menjadi meledak-ledak. 

Ketika sudah mengetahui apa pemicunya, maka kamu dapat menghindari perlahan. Jangan biarkan dirimu terus merasakan pemicu tersebut yang malah membuat kegiatan sehari-hari terhambat.

5. Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter

Aktivitas Terganggu karena Horny Melulu? Ini 5 Cara Mengatasinyailustrasi orang sedang meminum obat (Pexels/JESHOOTS.com)

Jika memang sulit untuk mengatasi hal tersebut secara mandiri, maka kamu dapat konsultasi ke dokter medis apa yang kamu rasakan. Nantinya, dokter akan memberikan resep obat yang harus dikonsumsi. 

Diharapkan, melalui konsumsi obat yang tepat maka libido berlebih dapat terkendali agar kegiatanmu tidak terhambat. 

Tanpa penanganan yang tepat dan aman, libido tinggi akan terus mengusik aktivitasmu. Segera atasi, ya!

Baca Juga: Bisa 'Bunuh' Libido, 5 Makanan Ini Perlu Kamu Waspadai!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya