Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dibersihkan Setelah Bercinta, Jangan Ditunda!

Kebersihan menjadi prioritas utama, ya

Bercinta merupakan aktivitas seksual yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan banyak pasangan, khususnya yang sudah menikah. Hal ini sudah dianggap sebagai kebutuhan biologis yang tidak dapat dipisahkan begitu saja.

Sebab bercinta erat kaitannya dengan aktivitas fisik, sehingga tidak heran bila kebersihan menjadi faktor penting dari hal tersebut. Untuk memastikan segalanya tetap dalam keadaan bersih, kamu harus membersihkan beberapa hal berikut ini setelah selesai melakukan aktivitas intim alias bercinta. Apa saja?

1. Membasuh dan membersihkan organ intim

5 Hal yang Wajib Dibersihkan Setelah Bercinta, Jangan Ditunda!ilustrasi vagina (Pexels/Dainis Graveris)

Bercinta tentunya melibatkan organ intim sebagai bagian terpenting. Hal ini membuat organ intim memperoleh stimulasi khusus yang membuatnya harus dibersihkan setelah sesi bercinta.

Jangan sampai kamu justru lalai dalam membersihkan organ intim dengan tepat. Hal ini jelas akan memengaruhi kebersihan dan kesehatan organ intim.

2. Mencuci tangan dengan bersih

5 Hal yang Wajib Dibersihkan Setelah Bercinta, Jangan Ditunda!Ilustrasi mencuci tangan (Pexels.com/CDC)

Kebiasaan mencuci tangan semestinya sudah melekat pada keseharian setiap orang. Hal ini jelas akan menunjukan perilaku yang higienis dan memprioritaskan kebersihan.

Pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas intim. Dengan menerapkan kebiasaan tersebut, tentunya akan membuatmu dapat menjaga diri dari berbagai risiko kesehatan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perempuan Inginkan Saat Bercinta, Sudah Tahu?

3. Membersihkan mulut dengan berkumur

5 Hal yang Wajib Dibersihkan Setelah Bercinta, Jangan Ditunda!Ilustrasi berkumur mouthwash (Pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Melakukan aktivitas intim kadang kala tidak hanya melibatkan organ intim dan juga tangan sebagai perantaranya, namun juga mulut. Sering kali banyak pasangan yang tidak terlalu mementingkan kebersihan mulut selama melakukan sesi bercinta.

Untuk menyiasatinya, maka kamu perlu rutin membersihkan mulut dengan cara sikat gigi dan berkumur. Cara ini tentu untuk memastikan kebersihan mulut tetap terjaga.

4. Langsung mengganti dan mencuci sprei

5 Hal yang Wajib Dibersihkan Setelah Bercinta, Jangan Ditunda!Ilustrasi melakukan foreplay (Pexels.com/Yan Krukov)

Kebanyakan pasangan pasti melakukan aktivitas intimnya di kasur sebab lebih nyaman dan bersih. Tentunya hal ini pula yang menuntut pasangan untuk selalu menjaga kebersihan kamar dan kasur secara berkala.

Setelah bercinta tentu disarankan untukmu dalam mengganti spreinya. Tujuannya tentu untuk mencegah apabila terdapat debu atau hal-hal lainnya yang dihasilkan setelah bercinta.

5. Membersihkan sex toys dengan cara yang tepat

5 Hal yang Wajib Dibersihkan Setelah Bercinta, Jangan Ditunda!Ilustrasi sebuah vibrator (Pexels.com/cottonbro)

Khusus untuk kamu atau pasangan yang rutin melakukan aktivitas intim dengan sex toys, jangan mengesampingkan urusan kebersihan yang diperlukan. Sex toys sering kali digunakan sebagai alat bantu, namun justru tidak diperhatikan kebersihannya.

Kamu perlu membersihkan sex toys bahkan sebelum dan sesudah menggunakannya. Tata cara membersihkannya juga tidak bisa sembarangan, sehingga kamu harus membaca kembali instruksinya.

 

Hal-hal di atas tentunya harus dapat menjadi poin penting untuk menjaga kebersihan setelah melakukan aktivitas intim. Jangan diabaikan, ya!

Baca Juga: 5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama Kalinya

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya