Comscore Tracker

5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama Kalinya

Perasaan seperti ini muncul bila melakukan seks pranikah

Sebagai kebutuhan biologis yang dimiliki oleh setiap orang, tentunya melakukan hubungan seksual sudah bukan lagi menjadi sebuah rahasia umum. Khusus untuk pasangan yang sudah menikah mungkin saja bercinta telah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan.

Tentunya akan berbeda jika kamu melakukan hubungan intim sebelum sah menikah. Hal ini bisa saja menimbulkan beberapa konsekuensi berikut ini yang harus siap untuk dihadapi.

1. Merasa ada yang hilang

5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama KalinyaIlustrasi wanita sedang sedih (Pexels/Kat Smith)

Banyak orang yang cenderung sering merasa kehilangan sesuatu setelah bercinta untuk pertama kalinya. Perasaan seperti ini secara umum lebih banyak dirasakan oleh para perempuan.

Hal ini mungkin saja disebabkan berhubungan intim layaknya sesuatu yang sangat personal untuk dilakukan. Merasakan kehilangan sesuatu yang berharga menjadi konsekuensi yang harus siap dihadapi.

2. Perasaan bersalah

5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama KalinyaIlustrasi perempuan sedih (Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas)

Khusus untuk pasangan yang belum menikah, biasanya akan cenderung merasa bersalah. Perasaan bersalah itu akan terus terasa karena melakukan hal yang sebetulnya tidak sesuai dengan jalur.

Jika kamu merasa hal yang kamu lakukan salah, biasanya selalu ada perasaan bersalah yang menyertai. Hal ini akan berbeda jika kamu melakukan aktivitas seksual pascamenikah sebab sudah lebih menerima dan mampu mengira konsekuensi yang ada.

Baca Juga: 5 Isian Pranikah yang Umum Dibahas Oleh Calon Pengantin, Sudah Tahu?

3. Kesulitan menerima diri sendiri

5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama KalinyaIlustrasi perempuan sedih (Pexels/Austin Guevara)

Tidak mudah dalam menerima bahwa kamu telah melepas sesuatu yang berharga pada dirimu. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang serius jika tidak segera dicari solusinya.

Perasaan stres hingga depresi banyak dirasakan jika melakukan seks pranikah untuk pertama kalinya. Sulitnya menerima diri menjadi hal yang paling sering terjadi sebab apa yang dilakukannya.

4. Risiko kehamilan jika dilakukan tanpa persiapan

5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama KalinyaIlustrasi ibu hamil (Unsplash/Camylla Battani)

Tidak mudah untuk menanggung risiko bila melakukan seks pertama kali tanpa persiapan. Salah satu risiko yang paling umum adalah kehamilan.

Hal ini tentu saja akan banyak memicu konflik atau pun permasalahan yang mungkin terjadi setelahnya. Konsekuensi seperti inilah yang harus siap dipertanggungjawabkan oleh orang-orang yang memutuskan untuk bercinta sebelum menikah.

5. Risiko penyakit menular seksual (PMS) jika tidak mengunakan pengaman

5 Konsekuensi yang Dihadapi saat Bercinta untuk Pertama KalinyaIlustrasi penis pria (Pexels/Dainis Graveris)

Risiko yang ada tidak hanya berkaitan dengan kehamilan semata, namun juga dengan penyakit menular seksual (PMS). Risiko seperti ini cukup banyak terjadi melalui pengetahuan yang minim tentang pendidikan seksual.

Konsekuensi seperti ini jelas tidak mudah, apalagi jika sudah berkaitan dengan kesehatan. Perlunya pengetahuan lebih sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas seksual.

 

Konsekuensi di atas tentunya menjadi hal yang banyak terjadi jika memutuskan bercinta untuk pertama kalinya sebelum menikah. Jangan sampai justru hal tersebut merusak masa depanmu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Melakukan Seks setelah Bertengkar Itu Bagus untuk Hubungan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya