Comscore Tracker

5 Ragam Pelumas Alami yang Bisa Digunakan saat Seks, Aman

#IDNTimesHealth Agar tidak terjadi iritasi, gunakan pelumas, ya!

Pelumas mungkin sudah bukan menjadi hal yang aneh untuk banyak pasangan, khususnya yang hendak berhubungan seks. Pada beberapa pasangan yang sudah bertambah usia, kadang kala pelumas menjadi solusi terbaiknya.

Pelumas dapat digunakan sebagai solusi untuk beberapa hal, contohnya adalah ketika vagina dalam keadaan kering sebab bertambahnya usia. Nantinya, pelumas dapat membantu proses penetrasi ataupun aktivitas seks lainnya. Meski demikian, pelumas tidak boleh digunakan sembarangan.

Kamu dan pasangan sebaiknya memilih beberapa jenis pelumas alami yang tetap aman untuk digunakan. Aneka ragam pelumas alami berikut ini mungkin bisa menjadi rekomendasinya.

1. Lidah buaya

5 Ragam Pelumas Alami yang Bisa Digunakan saat Seks, AmanMinyak lidah buaya (newsbytesapp.com)

Semuanya pasti percaya bahwa lidah buaya ampuh untuk memerangi kulit kering akibat paparan sinar matahari.

Hal ini membuat lidah buaya cenderung aman untuk digunakan pada daerah vagina. Meski demikian, kamu harus memastikan lidah buaya yang digunakan bersih total dan tak ada campuran bahan berbahaya lainnya.

2. Minyak zaitun

5 Ragam Pelumas Alami yang Bisa Digunakan saat Seks, AmanMinyak zaitun (Unsplash/Dimitri Karastelev)

Minyak zaitun memang terkenal sebagai salah satu jenis yang bagus untuk memasak. Di lain hal tersebut, ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pelumas alami.

Pada beberapa area vagina dan penis, mungkin minyak zaitun akan sedikit sulit meresap, sehingga harus segera dibasuh dengan air. Hindari pula penggunaan minyak zaitun bersamaan dengan kondom karena khawatir akan merusak lapisannya.

3. Minyak kelapa

5 Ragam Pelumas Alami yang Bisa Digunakan saat Seks, AmanMinyak kelapa (Unsplash/Rio Lecatompessy)

Minyak kelapa juga dikenal sebagai salah satu jenis minyak nabati dengan kandungan baik. Jenis minyak ini memang sudah banyak digunakan untuk area kulit.

Sama halnya dengan minyak zaitun, tentu penggunaan minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelumas karena lebih awet. Namun, hindari penggunaan bersama kondom karena berpotensi merusaknya.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Hubungan Seks di Siang Hari, Tak Kalah Bergairah!

4. Minyak alpukat

5 Ragam Pelumas Alami yang Bisa Digunakan saat Seks, AmanMinyak alpukat (productnation.co)

Minyak alpukat mungkin belum menjadi sesuatu yang umum di masyarakat. Padahal, kegunaan minyak nabati ini cocok digunakan untuk melumasi penis atau vagina.

Tak hanya untuk penetrasi saja, minyak alpukat juga cocok digunakan untuk melumasi penis selama oral seks. Penggunaannya pada vagina juga biasa digunakan selama proses masturbasi.

5. Ghee

5 Ragam Pelumas Alami yang Bisa Digunakan saat Seks, AmanGhee oil (verywellfit.com)

Ghee merupakan salah satu jenis mentega yang cukup populer di Asia. Memang penggunaan ghee cukup banyak untuk beragam masakan.

Tak banyak yang tahu bahwa ghee juga cocok dijadikan pelumas pada penis, khususnya untuk melakukan oral seks. Teksturnya yang lembut dan dapat melembabkan area sekitar penis, juga membuatnya cocok digunakan sebagai pelumas. 

Semuanya tentu bisa digunakan sesuai kebutuhan, selama tak berlebihan penggunaannya. Mana yang paling sering kamu gunakan?

Baca Juga: 5 Tips Ngobrol Seks dengan Pasangan agar Makin Intim

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya