Comscore Tracker

Bruno Mars Sabet Banyak Penghargaan, Ini 4 Alasan di Balik Keberhasilannya

Ternyata jadi orang baik banyak untungnya ya?

Lihat Billboard Music Awards gak kemarin? Kalau lihat berarti kamu sudah tahu nih siapa saja para musisi yang memenangkan Billboard Music Awards. Mulai dari U2, Ed Sheran, Camilla Cabello, hingga The Chainsmokers. Tapi sadar gak sih kamu kalau ada satu nama yang cukup banyak disebutkan memenangkan penghargaan-penghargaan tersebut? Ya dia adalah Bruno Mars.

Untuk Billboard Music Awards, Bruno Mars menyabet lima penghargaan: Top R&B Artist, Top R&B Male Artist, Top R&B Tour, Top R&B Album dan Top R&B Song. Jika ditambahkan dengan penghargaan di Grammy Award, maka total dia menyabet 11 awards untuk tahun ini. Wow.

Namun demikian, ternyata banyak lho media yang mempertanyakan banyaknya kemenangan yang diraih Bruno Mars tersebut. Menurut media-media seharusnya Kendrick Lamar melalui albumnya DAMN yang lebih banyak mendapatkan penghargaan. Hmmm, kira-kira apa ya yang menjadi alasan Bruno Mars bisa banyak menang? Kita coba analisa bersama yuk!

1. Salah satu album terbaik Bruno Mars

Bruno Mars Sabet Banyak Penghargaan, Ini 4 Alasan di Balik Keberhasilannyabillboard.com

24K Magic yang dirilis pada 2016 diakui oleh para penikmat musik memiliki lagu-lagu yang catchy abis. Dengan menggabungkan unsur-unsur musik di era R&B / hip-hop era 80-90an, Bruno Mars mampu menciptakan musik modern yang mampu membawa 80’s feel sehingga dapat mengenalkan musik 80-an bagi para pemuda.

Drum yang menendang, ritme yang diikuti dengan ketukan-ketukan rendah, serta musik yang mengalir dengan lancar di telinga membuat lagu-lagu di album 24K Magic mampu disetarakan dengan album Michael Jackson, Dangerous. Belum lagi klip video yang sangat berwarna. Cek saja Finesse di Youtube. Pasti kamu akan teringat Michael Jackson.

2. Menembus batas generasi

Bruno Mars Sabet Banyak Penghargaan, Ini 4 Alasan di Balik Keberhasilannyabbc.co.uk

Tadi sudah dijelasin kan bagaimana 24K Magic memiliki unsur-unsur musik 80-90an? Hal ini membuat banyak anak muda mengecek kembali seperti apakah musik-musik di era itu. Namun, di sisi lain persilangan generasi di musik tersebut juga menarik telinga para generasi tua. Pasalnya mereka yang tumbuh besar di era 80-90an turut menyukai 24K Magic karena membuat mereka bernostalgia akan masa muda.

Ini menjadi nilai plus bagi para juri di ajang-ajang penghargaan macam Grammy Award. Dengan rata-rata para juri yang sudah berumur 40 tahun ke atas, sudah pasti lagu-lagu dengan yang memiliki nuansa seperti itu menjadi daya tarik tersendiri. Tidak perlu dipertanyakan lagi jika juri-juri menyukai dan memilih untuk memenangkan Bruno Mars.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa BTS Sangat Digilai di Amerika Serikat

3. Track record yang cukup lama di industri musik

Bruno Mars Sabet Banyak Penghargaan, Ini 4 Alasan di Balik Keberhasilannyabillboard.com

Semisalnya dalam sebuah obrolan gosipin orang, mana yang lebih kamu percayai? Teman lamamu atau teman baru? Pastinya teman lama kan. Itu yang terjadi sama Bruno Mars. Si Bruno sudah cukup lama berada di industri musik.

Kali pertama Bruno Mars memasuki industri musik adalah 2004 dengan ikut pada label Motown Records. Itu artinya Bruno sudah memasuki industri musik kurang lebih 14 tahun. Kurun waktu segitu sudah lebih dari cukup untuk mencari koneksi. Bukan hal yang mengagetkan jika Bruno Mars banyak memenangkan penghargaan.

4. Figur yang menyenangkan

Bruno Mars Sabet Banyak Penghargaan, Ini 4 Alasan di Balik Keberhasilannyabrunomars.com

Apakah kamu pernah melihat Bruno Mars mengucapkan kata-kata yang offensive, mungkin di Twitter atau di Instagram, yang membuatnya dicap jadi public enemy? Gak pernah. Hal macam itu juga menjadi nilai plus di mata juri-juri pemberi penghargaan. Contoh aja nih kamu adalah juri sebuah acara penghargaan dan kamu disuruh memilih pemenang.

Di situ terdapat satu kandidat yang terhitung perfect, akan tetapi dia memiliki attitude yang jelek. Pasti ada pertimbangan lagi kan dengan kemungkinan besar kamu pasti akan milih kandidat yang lain, tapi memiliki attitude yang lebih baik. Itu juga yang terjadi pada Bruno Mars.

FYI, Kanye West pernah menjelek-jelekkan Bruno Mars pada 2013, namun dua tahun berikutnya Kanye menge-tweet “Aku juga ingin meminta maaf kepada Bruno Mars. Dulu aku membencinya tetapi sekarang aku menghargainya sebagai seorang artis.” Jika seorang Kanye West saja meminta maaf, kenapa tidak memberikan penghargaan kepada Bruno?

Itulah beberapa faktor-faktor yang bisa dianalisis kenapa Bruno Mars banyak mendapatkan penghargaan tahun ini. Apakah kalian punya analisa yang lain? Atau malah mungkin kalian tetap merasa Kendrick Lamar tetap lebih berhak mendapatkan lebih banyak penghargaan ketimbang Bruno Mars? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya...

Baca juga: Daftar Pemenang Grammy Awards 2018, Bruno Mars Borong Banyak!

Topic:

Berita Terkini Lainnya