Comscore Tracker

Bikin Sedih, 5 Grup KPop Ini Bubar pada Tahun 2021

Fans berharap mereka bisa comeback lagi #WaktunyaKorea

Setiap tahun, industri hiburan Korea Selatan senantiasa menghadirkan wajah-wajah baru, khususnya grup idola. Berbanding lurus dengan hal itu, mereka yang telah eksis juga ada yang harus dibubarkan, entah karena tak memperpanjang kontrak atau beberapa sebab lainnya.

Akibat perpisahan tersebut, tentu saja membuat para penggemar terkejut sekaligus sedih. Banyak dari mereka yang berharap, agar sewaktu-waktu sang idola bisa comeback lagi dengan berbagai cara. Namun tetap saja, hal seperti itu belum dapat dipastikan.

Berikut ini ada 5 grup KPop yang telah dibubarkan pada paruh pertama 2021. Ada yang sudah hampir 7 tahun debut dan ada pula yang belum genap setahun, lho.

1. HOTSHOT

Bikin Sedih, 5 Grup KPop Ini Bubar pada Tahun 2021HOTSHOT (instagram.com/officialhotshot)

HOTSHOT diketahui memulai debut pada hampir 7 tahun yang lalu, tepatnya pada 29 Oktober 2014. Grup yang terdiri atas Choi Jun Hyuk, Kim Timoteo, Roh Tae Hyun, Ha Sung Woon, Yoonsan, dan Ko Ho Jung itu membawakan single perdana mereka yang bertajuk “Take a Shot”.

Tahun 2017, Ha Sung Woon dan Roh Tae Hyun berpartisipasi dalam Produce 101 Season 2. Hal tersebut membuat Sung Woon menjadi anggota sementara dari boy group Wanna One.

Setelah 2 tahun hiatus, tepatnya pada 30 Maret 2021, Star Crew Entertainment mengumumkan bahwa HOTSHOT telah resmi bubar. Hal itu disebabkan karena para anggota telah menyelesaikan aktivitas sebagai grup.

2. IZ*ONE 

Bikin Sedih, 5 Grup KPop Ini Bubar pada Tahun 2021IZ*ONE (instagram.com/official_izone)

Selanjutnya ada IZ*ONE. Idol group generasi ke-4 ini sempat meraih popularitas cukup tinggi. Grup yang terbentuk melalui program Produce 48 ini, bahkan disebut-sebut sebagai leader grup KPop generasi ke-4 dengan penjualan album lebih dari 1 juta keping.

Bubarnya IZ*ONE tentu menjadi sebuah kabar buruk bagi para penggemar. Mau tak mau, girl group ini harus bubar karena kontrak mereka yang telah berakhir pada bulan April 2021.

Baca Juga: 10 Grup KPop Ini Bubar Tanpa Sempat Menang di Acara musik

3. Berry Good 

Bikin Sedih, 5 Grup KPop Ini Bubar pada Tahun 2021BerryGood (instagram.com/berrygood_official)

Berry Good adalah girl group besutan Asia Bridge Entertainment yang debut pada tanggal 21 Mei 2014 dengan single berjudul “Love Letter”. Di awal kemunculannya, Berry Good memiliki 5 anggota, yaitu Subin, Iera, Nayeon, Gowoon, dan Taeha.

Januari 2015, Subin, Iera, dan Nayeon harus meninggalkan grup agar bisa fokus dengan pendidikan mereka. Ketiga anggota tersebut digantikan dengan member baru, yaitu Seoyul, Daye, dan Sehyung.

Setahun kemudian, pada tanggal 1 September, Berry Good menambahkan Johyun sebagai anggota ke-6. Sayangnya, grup ini ditinggalkan kembali oleh dua anggotanya, yaitu Daye yang ingin beristirahat karena masalah kesehatan dan Taeha yang tak lagi memperpanjang kontrak.

Keluarnya dua member grup berdekatan dengan momen Berry Good merilis album ketiga yang menyebabkan berhentinya kegiatan promosi.

Menyusul Taeha, 22 Februari lalu, Gowoon dan Seoyul juga tak lagi memperpanjang kontraknya. Sehingga, anggota grup yang tersisa hanyalah Johyun dan Sehyung.

Sejak Asia Bridge Entertainment membubarkan Berry Good pada 12 Mei lalu, Sehyung resmi keluar dari agensi, sedangkan Johyun memutuskan untuk tetap tinggal.

4. GFRIEND 

Bikin Sedih, 5 Grup KPop Ini Bubar pada Tahun 2021GFRIEND (instagram.com/gfriendofficial)

Kendati debut di agensi kecil, kepopuleran GFRIEND tak bisa dianggap remeh. Mereka bahkan menjadi girl group pertama yang diwawancarai pada The Grammy's Museum Experience Prudential Center yang membahas tentang pengaruh musik bagi generasi muda.

Banyak prestasi yang telah mereka capai. Sayangnya, pada 22 Mei 2021, Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji harus menjalani karier solo. Sebab, Source Music resmi membubarkan mereka dan para member GFRIEND juga tidak memperpanjang kontrak setelah 6 tahun bersama.

5. XUM 

Bikin Sedih, 5 Grup KPop Ini Bubar pada Tahun 2021XUM (twitter.com/officialxumblog)

Memulai debut pada 24 September 2020, XUM dibentuk oleh A100 Entertainment. Ketiga anggotanya, yakni Dayeon, Baekah, dan Iaan, mulanya tergabung dalam girl group NeonPunch.

Setelah grup tersebut bubar pada Agustus 2020, mereka pun debut kembali sebagai anggota XUM. Sayangnya pada Juni 2021 lalu, XUM dibubarkan kendati belum genap setahun memeriahkan dunia KPop.

Jika ada awal, pastinya akan ada akhir. Ini berlaku untuk segala hal di dunia yang bersifat sementara, termasuk eksistensi para idol group di atas. Hal yang bisa dilakukan oleh para fans adalah menerima dan mengharapkan yang terbaik untuk karier para bintang idola kedepannya.

Baca Juga: 9 Grup KPop Ini Mengadakan Reuni setelah Bubar, Bikin Rindu!

Addini Safitri Photo Verified Writer Addini Safitri

Hope what I share can be useful for you. Be my friend on Instagram: @addini_sft

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya