Comscore Tracker

7 Kartun Nostalgia Generasi 90-an yang Sudah Tidak Muncul di Televisi

Nostalgia dulu, skuy!

Pas lagi suasana physical distancing seperti sekarang ini, banyak banget waktu luang yang kita punya, bahkan sampai membuat kita dapat melakukan hal yang biasanya tidak sempat kita lakukan. Salah satunya adalah menonton kartun di Televisi (TV). Beda banget pas kita waktu kecil dulu ya?

Nahh buat kamu yang lahir di tahun 90-an, pasti masih ingat bagaimana senangnya maraton menonton kartun di TV setiap hari minggu. Daripada bingung ngabisin waktu di tengah-tengah suasana seperti sekarang ini, mending kita bernostalgia bareng mengingat kartun-kartun masa kecil kita dulu. Berikut tujuh kartun tahun 90-an yang sudah tidak muncul lagi di TV dan bikin kangen untuk ditonton lagi!

1. The Fairly Odd Parents

7 Kartun Nostalgia Generasi 90-an yang Sudah Tidak Muncul di Televisiimdb.com

Waktu kecil dulu, kartun ini bisa kita tonton di channel Lativi (TV One pada zamannya). Kartun ini bercerita seputar kehidupan sehari-hari tokoh utamanya yang seorang anak SD yang bernama Timmy. Timmy ditemani oleh orangtua perinya yang bernama Cosmo dan Wanda yang selalu siap membantu Timmy ketika diganggu oleh pengasuhnya yang bernama Vicky atau ketika Timmy menginginkan sesuatu.

Kartun ini sukses bikin anak 90-an pada zamannya berharap mempunyai peri yang selalu siap mengabulkan harapannya.

2. Let's and Go MAX

7 Kartun Nostalgia Generasi 90-an yang Sudah Tidak Muncul di Televisizerochan.net

Kalau kartun—biasa juga disebut anime, karena berasal dari Jepang—yang satu ini bercerita seputar kakak-beradik yang bernama Ritsu dan Go yang senang bermain mobil 4WD (4 Wheel Drive) atau biasa kita kenal dengan nama Tamiya. Satu fakta unik yang perlu anak 90-an tahu, nama sang tokoh utama si kakak beradik ini sesuai dengan judul kartunnya, sang kakak yang bernama Ritsu merupakan pelafalan "Let's" oleh lidah orang Jepang yang sulit mengucapkan bahasa Inggris.

Pokoknya, anime ini sukses bikin tamiya jadi tren mainan anak 90-an pada zamannya!

3. Chalk Zone

7 Kartun Nostalgia Generasi 90-an yang Sudah Tidak Muncul di Televisinarvii.com

Kalau kartun yang satu ini sepaket dengan kartun nomor 1, sehabis menonton kartun nomor 1, pasti maraton kartun dilanjut dengan menonton Chalk Zone. Seperti namanya, kartun ini bercerita seputar dunia kapur yang hanya bisa dimasuki oleh sang tokoh utama yang mempunyai kapur ajaib. Cerita bercerita seputar petualangan 3 sekawan, yaitu Rudy, Penny, dan Snap.

Rudy si cowok tokoh utama yang kreatif, Penny si anak cewek berkacamata sahabat baik Rudy, dan Snap yang merupakan teman baik Rudy sebagai penghuni dunia kapur. Animasinya yang khas membuat kartun ini mempunya tempat yang spesial di kenangan anak 90-an.

Baca Juga: 5 Film yang Dibuat Ulang dari Animasi atau Kartun, Sudah Nonton?

4. The Magic School Bus

7 Kartun Nostalgia Generasi 90-an yang Sudah Tidak Muncul di Televisiimdb.com

Kartun yang satu ini mungkin ga banyak yang tahu judulnya, tapi pasti banyak yang suka nonton ceritanya. Ceritanya seputar sebuah kelas di suatu sekolah dasar yang mempunyai cara unik dalam belajar ilmu sains.

Dipimpin oleh sang ibu guru, Ms. Frizzle, kelas tersebut akan menaiki sebuah bus ajaib yang bisa berubah bentuk dan pergi belajar sains dengan melihatnya secara langsung, seperti mempelajari molekul air secara langsung menjadi molekul air itu sendiri. Kartun edukasi yang bikin anak-anak 90-an jadi senang belajar ilmu sains

5. Ninja Cilik Hattori

7 Kartun Nostalgia Generasi 90-an yang Sudah Tidak Muncul di Televisiafaqs.com

Eitss, kalo anime yang satu ini khas dengan logat karakter utamanya yang selalu diucapin di akhir kalimat "nyo-nyo". Apalagi kalau bukan anime favorit yang khas dengan lagu pembukanya yang pasti masih terngiang di pikiran para pembaca setia IDN Times.

Ninja Cilik Hattori (atau judul asli versi Jepangnya Ninja Hattori-kun) bercerita seputar kehidupan Kenichi dan Hattori yang bahu-membahu melewati tatangan kehidupan yang unik setiap harinya.

6. Pokonyan! Rocky Rackat

https://www.youtube.com/embed/SmfVzW-yL3g

TimesKartun ini biasa anak 90-an tonton di pusatnya kartun di pertelevisian Indonesia, yaitu TV Anak Spacetoon. Miki, si tokoh utama merupakan anak cewek SD yang menjalani kehidupan layaknya anak SD seusianya, namun semuanya berubah setelah datangnya Nyanpoko, si rakun ajaib yang bisa berbicara dan mempunyai mantra ajaib yang mampu merubah wujudnya ataupun wujud Miki.

Mantra dan tarian khasnya saat menggunakan sihir perubahan wujudnya merupakan ciri khas anime ini dan sukses bikin kangen anak 90-an!

7. Yu-Gi-Oh!

https://www.youtube.com/embed/JGU8ErksAsU

Terakhir, adalah anime legend yang sampai sekarang masih digandrungi permainannya, yaitu Yu-Gi-Oh! Anime ini mempunyai cerita seputar petualangan seorang remaja yang sangat menyenangi berbagai jenis game. Yugi Mutou adalah remaja biasanya yang menyenangi berbagai jenis permainan, hingga akhirnya ia mendapatkan sebuah puzzle dari kakeknya yang ketika ia selesaikan ternyata terdapat roh yang merasuki tubuhnya dan menjadi kepribadiannya yang lain. Anime bertajuk "Card Game" dan sukses membuat booming anak 90-an berebut membeli kartu untuk dikoleksi.

Meskipun anime Yu-Gi-Oh! masih terus berlanjut dengan generasi demi generasi setelahnya, tapi tetap Yu-Gi-Oh! generasi pertama tetaplah yang nomor 1 di hati anak 90-an! Apalagi lagu pembukanya yang terus terngiang-ngiang di benak anak 90-an.

Itulah tujuh kartun anak 90-an yang bikin kangen dan sayangnya udah tidak ada lagi di pertelevisian generasi milenial seperti sekarang. Gimana nih menurut pembaca setia IDN, jadi ingin nonton kartunnya lagi kan? Sebutkan kartun favorit kalian di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Pertarungan Terbaik di Serial Kartun 'Avatar: The Last Airbender'

Adham Rizki Ananda Photo Writer Adham Rizki Ananda

Seorang mahasiswa di Universitas yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Baru hidup 1 kali, tapi telah menyerah berkali-kali, namun tetap bangkit satu kali lebih banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya