Comscore Tracker

Maestronya Lagu Minang, 5 Lagu Ipank Ini Berhasil Bikin Hati Galau!

Lagu daerah harus tetap dilestarikan

Selain Melayu, Minang pun tak kalah menghasilkan lagu-lagu yang hits. Apalagi lagu Minang tersebut memiliki ciri khas tersendiri, yaitu bahasa, musik, dan suara yang memukau. Maka dari itu, lagu Minang selalu menjadi pilihan tersendiri, bukan hanya untuk orang asli Minang saja, dari daerah lainnya pun sangat menyukai lagu-lagu dari Sumatra Barat ini.

Mungkin Ipank salah satu penyanyi Minang yang sangat terkenal. Lagu-lagunya selalu berhasil bikin pendengarnya galau dan bersedih hati. Tak kecuali dengan 5 lagunya ini!

1. Ipank feat Rayola - Rantau Den Pajauah

https://www.youtube.com/embed/UWnpPLc2zsg

Lagu Rantau Den Pajauah mungkin salah satu lagu Ipank yang paling hits, karena telah didengar sebanyak 45 juta pengunjung di YouTube. Berduet dengan penyanyi asli Minang, Rayola, lagu ini mengisahkan bagaimana cinta jarak jauh. Bagaimana kebiasaan orang Minang yang suka merantau ke negeri orang dengan berdagang, harus merelakan kekasihnya dijodohkan oleh sang orang tua wanita tersebut.

2. Ipank - Harok Dirantau Urang

https://www.youtube.com/embed/kgwQCJ_kLQc

Sama halnya dengan lagu sebelumnya, lagu Ipank yang berjudul Harok Dirantau Urang ini juga mengisahkan perantauan. Bagaimana sang pria mengenang masa-masa yang indah dengan kekasih yang ditinggalkannya di kampung. Dan merasakan perjuangan kerasnya hidup sebagai pedagang di rantau orang.

3. Ipank - Sakit dalam Bercinta

https://www.youtube.com/embed/IADtbBs83nM

Kali ini, di lagu Sakit dalam Bercinta, Ipank mencoba menyanyi dengan bahasa Indonesia. Lagu ini mengisahkan kenangan seorang pria terhadap kekasihnya yang pergi meninggalkannya. Bagaimana ia mencoba melupakan, akan tetapi tak bisa, karena teringat kembali manis manjanya sang mantan kekasih.

Baca Juga: 10 Olahan Gulai dari Ranah Minang, Ondeh Mandeh Lamak Bana!

4. Ipank - Kandak Rang Tuo

https://www.youtube.com/embed/xWpjPXUiHzA

Lagu Kandak Rang Tuo ini memiliki makna yang pedih. Bagaimana sang pria merelakan kekasihnya yang dijodohkan. Karena sang pria hanyalah orang biasa yang tak memiliki harta. Dan kekasih dijodohkan sama orang yang terpandang.

5. Ipank - Cinto Apo Adonyo

https://www.youtube.com/embed/0vK37wZP4ls

Sebenarnya lagu Cinyo Apo Adonyo diciptakan oleh Ipank untuk dinyanyikan oleh penyanyi wanita Minang, Kintani. Lagu ini mengisahkan bagaimana sang wanita mencoba untuk setia terhadap kekasihnya. Walaupun banyak pria yang menggoda, akan tetapi wanita tetap teguh, untuk memilih setia.

Itulah 5 lagu Ipank yang berhasil bikin hati menjadi galau. Lagu-lagu berbahasa daerah harus tetap dilestarikan, karena memiliki ciri khas tersendiri, dan sangat melekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Baca Juga: 10 Olahan Gulai dari Ranah Minang, Ondeh Mandeh Lamak Bana!

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 05:00:04

Progress: 749.888 dari 813.350 TPS (92.19745%)

Just For You