Comscore Tracker

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!

Nonton drama Korea juga bisa nambah wawasan #WaktunyaKorea

Hai KDrama Lovers! Bosan dengan cerita drama Korea yang gitu-gitu aja? Nah, rekomendasi drama kali ini menarik, lho. Gak cuma bikin kalian baper dan ketawa, tapi juga bisa menambah wawasan. Terutama wawasan mengenai dunia kerja. Soalnya, drama Korea gak melulu soal cinta, Guys

Karakter di dalam ceritanya bakal relate banget, nih, sama kalian yang baru atau sedang berjuang menghadapi dunia kerja. Penasaran? Yuk, buat yang lagi jenuh sama kerjaan, istirahat sejenak. Deretan drama ini dijamin bakal nge-charge semangat kamu lagi! 

1. 'Ad Genius Lee Tae Baek' (2013)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama 'Ad Genius Lee Tae Baek' (dok. KBS/Ad Genius Lee Tae Baek)

Kalo kalian lagi cari drama yang punya tema gak biasa, kalian wajib nonton Ad Genius Lee Tae Baek. Drama ini mengangkat tema mengenai dunia bisnis periklanan. Ceritanya tentang seorang pemuda bernama Lee Taebaek (Jin Goo) yang sejak muda tertarik dengan dunia periklanan dan memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan sesuatu lewat gambar.

Sayangnya, karena kondisi ekonomi dan latar belakang pendidikannya, nasib Taebaek berakhir menjadi tukang pasang billboard iklan. Namun, karena Taebaek adalah pemuda yang optimis dan punya semangat yang tinggi, ia tetap berjuang untuk menggapai mimpinya terjun ke dunia periklanan.

Suatu hari ia bertemu dengan Baek Jiyoon (Park Ha Sun), seorang copywriter magang di perusahaan iklan terkenal, Geumsan. Kemudian mereka berkolaborasi untuk membuat suatu iklan mobil, namun sayang idenya dicuri oleh Addie Kang (Jo Hyun Jae) yang merupakan direktur perusahaan Geumsan.

Drama Ad Genius Lee Tae Baek benar-benar mengajak kalian mengenal dunia bisnis periklanan, lho. Terlihat dari banyaknya adegan yang menunjukkan bagaimana Taebaek dan kawan-kawannya membuat strategi pemasaran sebuah produk dan menggali ide untuk membuat konsep iklan yang menarik. Buat kamu yang tertarik dengan dunia periklanan, drama ini cocok banget buat ditonton.

2. 'Misaeng' (2014)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama 'Misaeng' (dok. tvN/Misaeng)

Jika dalam drama Reply 1988 kita melihat Choi Taek yang sukses sebagai pemain baduk profesional, Jang Geu Rae (Im Si Wan) dalam drama Misaeng atau Incomplete Life justru mengalami nasib sebaliknya. Geurae yang sejak kecil menjadi pemain baduk, gagal mewujudkan mimpinya untuk menjadi pemain baduk profesional. Karena hal tersebut, akhirnya Geurae meniti karir sebagai pegawai kantoran.

Bukan menjalani nasib yang baik, Geurae malah mendapat nyinyiran dan diremehkan oleh rekan-rekan kerjanya karena latar belakang pendidikan yang rendah. Namun, Geurae tetap berusaha untuk beradaptasi di kantornya walaupun tidak ada senior yang membantunya. Menariknya, Guerae berhasil bertahan menghadapi tekanan-tekanan yang diterimanya karena menerapkan prinsip hidup dari filosofi-filosofi baduk yang ia pelajari sewaktu kecil.

Drama yang diadaptasi dari webtoon ini murni menceritakan seputar dunia kantor, jadi jangan berharap ada adegan-adegan romantis seperti drama Korea biasanya, ya. Nah kalian juga bisa melihat hubungan Geurae dengan rekan-rekan kerjanya yang memiliki kepribadian berbeda-beda, seperti An Young Yi (Kang So Ra) yang cantik dan cerdas, Jang Baek Ki (Kang Ha Neul) yang kompetitif, dan Han Seok Yul (Byun Yo Han) yang aneh dan misterius.

Pokoknya drama ini sangat menggambarkan kerasnya dunia perkantoran, Guys. Pasti relate banget nih sama kalian yang pegawai kantoran. Saking bagusnya, drama ini mendapat banyak penghargaan. Salah satunya dalam BaekSang Art Award 2015.

3. 'Radiant Office' (2017)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama 'Radiant Office' (dok. MBC/Radiant Office)

Mana, nih, suaranya para jobseeker? Kalian pernah, gak, gagal interview lebih dari sekali Jangan nyerah dulu, Guys! Ada yang punya nasib lebih buruk dari kalian. Dalam drama Radiant Office, Eun Howon (Go Ah Sung) bahkan ditolak perusahaan sampai seratus kali.

Howon bahkan hampir putus asa dan mencoba bunuh diri, namun usahanya untuk bunuh diri gagal dan takdir justru mempertemukan Howon dengan dua laki-laki bernama Do Ki Taek (Lee Dong Hwi) dan Joo Kang Ho (Hoya) yang memiliki nasib serupa dengannya. Kemudian, mereka menjadi sahabat dan akhirnya diterima sebagai pegawai kontrak di perusahaan Haulin. Nah, di sinilah konflik cerita dimulai. Howon dan dua temannya menghadapi senioritas dari rekan kerjanya, terutama Howon yang sering mendapat tekanan dan tantangan dari manajernya Seo Woojin (Ha Seok Jin). Karena sifat Howon yang berani dan pantang menyerah, ia selalu kuat menghadapi manajernya dan mengatasi berbagai macam tantangan di tempat kerja.

Drama yang mendapatkan penghargaan sebagai naskah miniseri terbaik 2017 ini mengajarkan kita untuk berani menghadapi tantangan dan tidak cepat menyerah dalam menghadapi kerasnya dunia kerja. Nah, buat kamu para jobseeker yang hampir putus asa, coba, deh, nonton drama ini. Dijamin bisa bikin kamu semangat lagi!

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

4. 'Chief Kim' (2017)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama 'Chief Kim' (dok. KBS2TV/Chief Kim)

Drama Chief Kim atau Good Manager bercerita tentang seorang akuntan yang berasal dari Gunsan bernama Kim Seong Ryeong (Namkoong Min). Seongryeong terkenal sering memalsukan laporan keuangan perusahaan-perusahaan kecil dan mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri. Walaupun Seongryeong sudah sering bolak-balik kantor polisi, ia tidak pernah ditahan di penjara karena tidak ada bukti yang kuat atas perbuatannya itu.

Karena seluk-beluk Seongryeong sudah ketahuan di Gunsan, akhirnya dia melamar kerja di TQ Group, sebuah perusahaan terkenal di Seoul. Seongryong pun diterima bekerja atas bantuan Seoyool (Junho), seorang direktur baru perusahaan tersebut. Awalnya, Seongryeong berniat untuk melakukan korupsi seperti yang ia lakukan di Gunsan, sampai akhirnya dia menyadari bahwa banyak kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat-pejabat di TQ Group. Karena memiliki prinsip 'curilah uang bosmu tapi jangan curi uang karyawanmu', Seongryeong justru mencoba mengungkapkan kasus-kasus gelap tersebut bersama rekan-rekan kerjanya.

Walaupun banyak membahas ilmu akuntansi, di dalam drama Chief Kim tetap dihiasi adegan bromance yang kocak antar Seongryeong dan Seoyool. Tidak heran, ya, kalau Namkoong Min dan Lee Jungho memenangkan penghargaan Best Couple dalam KBS Drama Award 2017. Drama ini juga merupakan salah satu drama yang populer di Korea lho. Terbukti dengan rating yang meningkat tiap episodenya saat ditayangkan di KBS2.

5. 'Pegasus Market' (2019)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama 'Pegasus Market' (dok. tvN/Pegasus Market)

Bagaimana jadinya kalau supermarket dihias dengan konsep clubbing? Setiap pelanggan yang datang akan disambut dengan lagu EDM live dari DJ. Nah, hal ini sangat mungkin dilakukan oleh mantan direktur pada drama Pegasus Market, Guys. Drama komedi ini bercerita tentang Jung Bokdong (Kim Byung Chul) yang ingin melakukan balas dendam karena diturunkan dari jabatannya sebagai direktur di Daema Group. Lalu, ia dipindahkan ke cabang perusahaan yang terkenal paling buruk, Cheonlima Mart. Di sana ia bertemu seorang manajer bernama Moon Sukgoo (Lee Dong Hwi) yang memiliki kepribadian tekun dan cerdas.

Karena memiliki niat ingin membuat Cheonlima Mart bangkrut, Jung Bokdong nekat melakukan hal-hal yang gila dan tidak masuk akal. Ia merekrut preman pasar menjadi raja supermarket yang tugasnya mendengarkan keluhan para pembeli, bahkan merekrut orang suku Bbaya dari pedalaman. Moon Sukgoo yang sempat pusing akibat melihat ulah Jung Bokdong akhirnya mengikuti semua yang dilakukannya. Ajaibnya, Cheonlima Mart justru menjadi semakin terkenal dan memiliki banyak pelanggan karena manajemen mereka yang unik dan karyawannya yang tidak disangka memiliki bakat marketing luar biasa.

Wah, menarik, ya! Walaupun mengangkat tema tentang dunia bisnis, drama ini sangat ringan untuk ditonton, karena banyak adegan-adegan kocak antara Jung Bok Dong dan para karyawannya. Drama Pegasus Market ini diadaptasi dari webcomic asal Korea berjudul Ssabnida Cheonrimamateu. Selain jalan ceritanya yang kocak, drama ini menggambarkani banyak persaingan yang tidak sehat di dalam dunia bisnis. Nah, buat kalian yang sedang terjun ke dunia bisnis, strategi marketing Jung Bok Dong bisa banget jadi inspirasi!  

6. 'Itaewon Class' (2020)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama 'Itaewon Class (dok. JTBC/Itaewon Class)

Itaewon Class berkisah tentang kehidupan Park Saeroyi (Park Seo Joon), seorang anak pindahan yang dikeluarkan dari sekolah pada hari pertamanya. Miris, tak lama setelah itu Ayahnya meninggal dan Saeroyi dipenjara selama 7 tahun akibat dituduh melakukan percobaan pembunuhan. Rasa dendam yang dimiliki oleh Saeroyi membuat dirinya termotivasi untuk membuka bisnis setelah keluar dari penjara. Mimpi itu pun terwujud dan Saeroyi berhasil membangun sebuah restoran di Itaewon bernama DanBam.

Pada bulan bulan pertama restorannya tidak begitu laris, sampai akhirnya ia bertemu dengan seorang influencer muda bernama Jo Yiseo (Kim Dami) yang menjadi manajer DanBam. Yiseo membuat restoran DanBam sukses dan ramai oleh pengunjung. Namun, setelah itu banyak masalah-masalah yang dihadapi Saeroyi dan timnya. Saeroyi harus berjuang untuk mengalahkan restoran nomor satu di Itaewon ,yaitu restoran milik Jangga Group.

Drama yang diadaptasi dari webcomic ini sangat cocok ditonton untuk kalian yang baru merintis bisnis, kalian bisa belajar bagaimana cara Saeroyi mencari investor untuk DanBam dan strategi marketing yang dilakukan Yiseo dan teman-temannya untuk membuat DanBam menjadi restoran nomor satu di Itaewon. Selain itu, tekad dan prinsip yang dimiliki Saeroyi sangat menginspirasi, mengingatkan bahwa kita harus optimis menggapai mimpi kita. Begitupun Yiseo yang punya keberanian untuk mengambil tindakan, membuat cerita drama ini semakin apik.

Drama Itaewon Class menjadi salah satu drama tersukses JTBC. Tidak heran, karena dalam ceritanya banyak adegan yang bikin penonton tegang dan penasaran. Terutama saat melihat persaingan sengit antara restoran DanBam dengan Jangga Group. Gak usah ragu lagi, drama ini dijamin worthed banget buat ditonton.

7. 'Start-Up' (2020)

7 Drama Korea yang Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja, Ada Start-Up!drama Start-up (dok. tvN/Start-up)

Drama Start-up berkisah tentang kehidupan seorang gadis bernama Seo Dalmi (Baek Suzy) yang memiliki mimpi besar untuk menjadi Steve Job-nya Korea Selatan, Guys. Setelah perceraian orangtuanya,Dalmi harus berpisah dengan kakaknya dan tinggal bersama ayahnya. Dalmi kecil sangat sedih dan mengalami masa-masa sulit karena kondisinya itu. Sang nenek yang melihatnya berinisiatif meminta tolong seorang anak laki-laki mengirimkan surat untuk menghibur Dalmi. Walaupun tidak pernah bertemu langsung dengan pengirim surat, Dalmi merasakan seolah-olah ia selalu ada di sisinya, Dalmi pun kembali semangat menjalani hari-harinya.

Saat beranjak dewasa dan mulai meniti karirnya, Dalmi bertekad untuk membangun sebuah bisnis. Takdir mempertemukannya dengan seorang programmer bernama Nam Dosan (Nam Joohyuk) yang juga memiliki perusahaan rintisan bernama Samsan Tech bersama dua orang temannya. Pada sebuah kompetisi yang diadakan oleh Sandbox, akselerator perusahaan rintisan terbesar Se-Asia, Dalmi dan Dosan akhirnya menjadi satu tim dan bekerjasama mengerjakan sebuah proyek besar untuk bisa memenangkan kompetisi tersebut. Tentu perjuangannya tidak mudah, karena Dalmi juga harus bersaing dengan perusahaan rintisan milik kakaknya, Won Injae (Kang Han Na).

Nah, itu dia rekomendasi drama Korea yang membahas seputar dunia kerja. Bingung mau nonton yang mana dulu?

Fa Photo Writer Fa

An ordinary girl who loves poetry and watching movies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya