Comscore Tracker

10 Lagu Terbaik James Arthur yang Punya Makna Mendalam

Lagu-lau ciptaan James memang terasa spesial

Penyanyi asal Inggris, James Arthur baru saja merilis singe terbarunya berjudul Falling like the Stars. Singe ini ditulis oleh James bersama dengan Anders Albin Höjer dan Jamie Grey. Banyak penggemarnya berharap singe ini menjadi hits seperti singlenya Say You Won’t Let Go yang sempat hits pada tahun 2016. 

James yang merupakan jebolan X Factor ini memang terkenal merupakan penyanyi yang jenius dan berbakat dalam menciptakan sebuah lagu. Lagu-lagu yang dia ciptakan seolah-olah membawa para pendengar untuk ikut hanyut dan merasakan apa yang digambarkan lagu-lagu tersebut.

Namun, James tidak sembarangan menciptakan lagu-lagunya lho. Dia biasanya memperoleh inspirasi dari kehidupannya sendiri misalnya, kisah cintanya, sehingga lagu-lagunya punya makna yang mendalam seperti lagu-lagu di bawah ini.

1. Say You Won't Let Go

https://www.youtube.com/embed/0yW7w8F2TVA

Lagu ini merupakan sebuah lagu yang menandai kebangkitan James setelah sempat terpuruk selama dua tahun. James menulis lagu ini di Los Angeles. Dia mengatakan inspirasi dari lagu ini adalah kehidupan seseorang yang dia laluinya bersama dengan pasangan. 

Lagu ini menceritakan tentang cinta seseorang kepada pasangannya dan sangat setia sehingga dia tidak akan pernah meninggalkannya. Ini tergambar dalam liriknya :

" I wanna live with you, Even when we're ghosts
Cause you were always there for me, When I needed you most "

2. Impossible

https://www.youtube.com/embed/Mhj15W23IjA

Impossible merupakan salah satu lagu paling populer yang pernah dinyanyikan oleh James. Kamu mungkin pernah mendegar atau mungkin menyanyikan lagu ini.

Lagu ini sendiri adalah salah satu lagu yang mengantarkan dia menjadi juara X Factor seri ke-9 pada tahun 2012. Versi original lagu ini dinyanyikan dan diciptakan oleh penyanyi Shontelle pada tahun 2010. 

Lagu ini menceritakan seseorang yang pernah jatuh cinta, tapi cintanya itu tidak berhasil sehingga menghancurkan hatinya. Meskipun begitu lagu ini mengajarkan kita juga untuk tidak perlu hanyut dalam kesedihan dan kegagalan bukanlah akhir dari dunia.

3. Naked

https://www.youtube.com/embed/WXyLdg4mJxo

Lagu ini merupakan salah satu lagu yang terdapat di dalam album terbaru James bernama JA3 dan merupakan single utama di dalam album ini. Musik didalam lagu ini sendiri terinspirasi dari musik gospel.

Didalam lagu yang ditulis oleh James, Johan Carlsson, Savan Kotecha & Max Martin ini menceritakan tentang kedewasan seseorang dalam menjalani sebuah hubungan cinta. Sebuah pasangan harus membuang ego masing-masing untuk keberhasilan hubungan mereka seperti yang tergambar dalam lirik,

'Cause here I am, I'm givin' all I can, But all you ever do is mess it up
..........I wanna give you everything

4. Empty Space

https://www.youtube.com/embed/HYAQRDGfg3w

James Arthur mengatakan bahwa lagu ini untuk siapa saja yang pernah sangat mencintai dan kehilangan seseorang yang disayangi dalam hidup mereka. Kemudian, mereka harus dihadapkan dengan perjuangan untuk mengisi kekosongan itu.

Kekasih James telah meninggalkannya, tetapi pada awal lagu yang emosional ini, dia menyangkal bahwa dia patah hati.

" I don't see you, You're not in every window I look through
And I don't miss you, You're not in every single thing I do "

Namun, James tetap mengakui dia sangat merindukannya, karena hanya mantan kekasihnya itu yang dapat mengisi kekosongan itu.

5. Rewrite the Stars

https://www.youtube.com/embed/pRfmrE0ToTo

Rewrite the stars mempunyai versi original yang dinyanyikan oleh Zac Efron Ft. Zendaya dan merupakan salah satu lagu yang mengisi soundtrack dalam film The Greatest Showman.

James dan Anne Marie kemudian menyanyikan ulang lagu ini dan berhasil menempatkannya sebagai Nominasi iHeartRadio Music Awards 2019.

Rewrite The Stars mengisahkan dua orang yang jatuh cinta tapi harus menghadapi banyak hambatan karena banyak perbedaan.

Baca Juga: 10 Fakta Niki, Penyanyi Kelahiran Indonesia Teman Lisa BLACKPINK

6. Can I Be Him

https://www.youtube.com/embed/L3dPK8tDn6g

Can i be him merupakan lagu yang berada pada album James yang kedua yaitu Back From the Edgebersama dengan singlenya Say You Won't Let Go.

Lagu ini bercerita tentang seorang yang memiliki keraguan dalam hubungannya dan bertanya apakah dia sudah cukup baik untuk kekasihnya. Dan James mengatakan setiap orang ingin menjadi yang paling istimewa untuk orang yang dia sayang.

7. Safe Inside

https://www.youtube.com/embed/2TtgkKZNTa8

Lagu ini juga termasuk didalam album James Back From the Edge pada tahun 2016. Dan merupakan salah satu lagu yang terbaik dari album tersebut.

Ada kisah yang menyedihkan di balik lagu ini, yaitu adik perempuan tirinya yang ayahnya meninggalkannya ketika masih kecil dan James mengambil alih peran figur ayah dalam hidupnya. Dia berbicara tentang tumbuh dewasa dan pengalamannya untuk "mengasuh" adiknya. Hal ini tergambar dalam liriknya,

" I won't sleep 'til you're safe inside
If you're home I just hope that you're sober
Is it time to let go now you're older "

8. Recovery

https://www.youtube.com/embed/m9DO3zpdWqw

Jika kamu penggemar James dari awal karirnya, maka kamu pasti mengenal lagu Recovery ini. Lagu ini merupakan salah satu lagu yang terdapat pada album pertama James di tahun 2013 bernama James Arthur. James menulis lagu ini bersama Ina Wroldsen, yang menulis "Impossible" karya Shontelle, untuk single debutnya segera setelah memenangkan final X Factor.

Lagu ini menggambarkan bagaimana dia melawan semua kebencian dari orang-orang kepadanya. Dan dia berusaha untuk melawan itu semua dengan caranya.

" Look at all the hate they keep on showing
I don't want to see that
..................
In my recovery
I’m a soldier at war "

9. You're Nobody 'til Somebody Loves You

https://www.youtube.com/embed/lHjUuojffds

Lagu ini merupakan single utama dari album debut James Arthur yang ditulis oleh sang penyanyi sendiri. Lagu ini merupakan lagu terbaik James pada awal-awal debutnya bersama Impossible.

Lirik dalam lagu ini menceritakan tentang seseorang yang melewati masa-masa sulit ketika tidak ada orang yang menginginkan dia. Tetapi dia yakin suatu saat dia akan menemukan seseorang yang tepat.

" You're nobody 'til somebody loves you
It's hard times when nobody wants you "

10. Falling Like the Stars

https://www.youtube.com/embed/IQ7N7xRsRPo

Lagu ini merupakan single terbaru dari James yang berasal dari albumnya JA3. James sepertinya telah bertemu dengan seorang wanita dan mulai dengan cepat jatuh cinta kepadanya. Hal ini dianalogikan oleh James seperti sebuah bintang jatuh dalam liriknya.

" And I need you to know that we're
Fallin' so fast, we're fallin' like the stars, fallin' in love "

Album James JA3 merupakan album ketiga dari James yang rilis pada tahun ini. Selain Falling Like the Stars, lagu-lagu seperti Empty Space dan Naked juga termasuk dalam album ini.

Nah, dari semua lagu-lagu James Arthur di atas, mana nih favorit kamu?

Baca Juga: 8 Fakta Lewis Capaldi, Penyanyi Skotlandia 'Kembaran' Ed Sheeran

Afendi Nahak Photo Community Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You