Comscore Tracker

5 Film Produksi Netflix yang Mendapatkan Nominasi Oscar

Oscar adalah salah satu festival film bergengsi di dunia

Academy Award atau Piala Oscar adalah ajang festival film paling bergengsi di dunia. Hampir seluruh impian sineas menginginkan filmnya berada di jajaran nominasi Oscar. Mengetahui bahwa Piala Oscar merupakan salah satu festival film tertua di dunia. Diketahui Piala Oscar 2020 akan diadakan di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angels, California, Pada tanggal 9 Februari 2020.

Media platform streaming digital Netflix juga diketahui telah mengirimkan film-filmnya ke Piala Oscar. Dan berhasil menembus serta mendapatkan beberapa nominasi Oscar. Film asli garapan produksi Netflix ini mendapatkan nominasi Oscar dari mulai Best Picture, Best Actor, Best Documentary Feature, bahkan Best Animated Feature. Yuk, lihat siapa aja film-film produksi Netflix yang mendapatkan nomoniasi Oscar di bawah ini

1. The Irishman

https://www.youtube.com/embed/RS3aHkkfuEI

Film The Irishman kali ini menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta film. Faktanya banyak ulasan positif dari kritikus film. Film The Irishman juga merupakan reuni antara sang sutradara dan sang aktor, yaitu Martin Scorsese dan Robert De Niro.

Film yang bertajuk pada biography kejahatan ini diadaptasi dari buku I Heard You Paint Houses karya Charles Brandt. Film The Irishman merupakan kisah nyata seorang pembunuh bayaran, Frank Sheeran yang diperankan oleh Robert De Niro. Di film ini juga mengupas kejahatan mafia di abad 20. Dari kejahatan terorganisir setelah perang dunia ke dua di Amerika, penculikan Jimmy Hoffa salah seorang bos serikat pekerja legendaris Amerika, hingga kejahatan terorganisir di lingkungan pekerja. 

Alasan film The Irishman masuk jajaran nominasi Oscar ialah karena akting apik dari para aktor dan tatanan cinematography-nya yang tidak membosankan serta ceritanya yang begitu nyata.

Semenjak kemunculan ke layar bioskop, film The Irishman membuktikan keunggulannya dengan meraih penghargaan di beberapa festival film. Dan kini melalui akun Instagram Theacadamy atau Oscar, film The Irishman meraih 10 nominasi Oscar 2020, di antaranya Best Picture, Best Director, dan Best Supporting Actor. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi sutradara, aktor, ataupun crew. Mengingat Martin Scorsese juga telah vakum membuat film selama 3 tahun. Film terakhirnya ialah Silence pada tahun 2016 

2. Marriage story

https://www.youtube.com/embed/BHi-a1n8t7M

Pernikahan menjadi hal bahagia bagi setiap orang. Memiliki keluarga kecil juga impian banyak orang. Tapi, pertengkaran rumah tangga menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari hingga berujung ke perceraian. 

Seperti di film Marriage story yang dibintangi oleh Adam Driver dan Scarlett Johansson. Film yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang awalnya baik-baik saja dan bahagia. Hingga dirundung pertengkaran dan berakhir di meja hijau atau perceraian. Di balik itu semua, sebenarnya mereka masih menyayangi satu sama lain. Tapi, keduanya sudah memutuskan untuk tetap bercerai. Alasan film Marriage Story masuk nominasi Oscar karena film ini mampu menguras emosi penonton dan juga akting apik dari Adam Driver dan Scarlett Johansson menjadi salah satu faktor film Marriage story masuk jajaran nominasi Oscar 2020 dengan meraih 6 nominasi

3. The Two Popes

https://www.youtube.com/embed/T5OhkFY1PQE

Salah satu film Netflix yang sedang ramai dibicarakan di penghujung tahun 2019 hingga kini adalah The Two Popes. Film ini merupakan kisah nyata tentang kehidupan dua petinggi Gereja Katolik atau Paus. Sekitar tahun 2012, Kardinal Bergoglio merasa frustasi dengan aturan gereja, dan dia meminta izin kepada Paus Benediktus XVI untuk pensiun. Namun, bukannya diperbolehkan untuk pensiun, Kardinal Bergoglio justru disuruh menggantikan Paus Benediktus XVI sebagai paus yang baru, yang kita kenal saat ini sebagai Paus Francis.

Film ini dibintangi oleh Anthony Hopkins sebagai Paus Benediktus XVI dan Jonathan Pryce sebagai Kardinal Bergoglio dan disutradarai oleh Fernando meirelles. Alasan film ini pantas masuk nominasi Oscar adalah karena film ini mampu menyajikan tentang kehidupan dua Paus yang bertolak belakang dalam pemikirannya, dan juga sentuhan humanis, kesederhanaan, dan keimanan yang dikemas sangat sempurna. Film The Two Popes telah meraih penghargaan di beberapa festival film. Dan kini film The Two Popes masuk nominasi Oscar 2020 dengan mendapatkan 3 nominasi Oscar. Di antaranya adalah Best Actor, Best Supporting Actor, dan Best Adapted Screenplay.

Baca Juga: 5 Film Komedi yang Berhasil Masuk Nominasi Best Picture Oscar

4. American Factory

https://www.youtube.com/embed/m36QeKOJ2Fc

American Factory adalah sebuah film dokumenter yang menceritakan sebuah pabrik General Motors yang telah tutup tahun 2008, dan pada tahun 2014 perusahaan Tiongkok mengambil alih dan membukanya dengan menamai Fuyao Glass American, dengan memproduksi kaca automative. Alasan film ini masuk nominasi Oscar karena film ini begitu berani, yang menceritakan apa jadinya perusahaan pabrik Tiongkok yang membuka usaha di Amerika, dan juga apa jadinya jika orang Tiongkok dan orang Amerika berkumpul menjadi satu kerjaan. Film dokumenter ini memang sangat berani, di mana pada masa-masa itu juga  hubungan antara Tiongkok dan Amerika kurang baik.

Hal yang menarik dari film ini adalah ada campur tangan mantan Presiden Amerika ke-44 dan juga istrinya, yaitu Barack Obama dan Michelle Obama. Melalui rumah produksi yang dibikin oleh Obama dan Michelle yang bernama Higher Ground ini merupakan debut mereka membuat film, berkolaborasi dengan Netflix. Dengan begitu, film American Factory memasuki jajaran nominasi Oscar 2020 dalam kategori Best Documentary Feature. 

5 I Lost My Body

https://www.youtube.com/embed/J9YEKRJ4TA4

Film I Lost My Body adalah film animasi dari Francis. Film animasi ini merupakan adaptasi dari novel karya Amelie dan disutradarai oleh Jeremy Clapin. Film ini bercerita tentang tangan yang terputus dari pemiliknya dan disimpan di laboratorium, lalu bergerak keluar untuk menemukan bagian tubuh yang lainnya.

Kenapa film ini pantas masuk nominasi Oscar? karena ketika film I Lost My Body mendapatkan penghargaan utama di "Animation is Film Festival 2019", salah satu juri "Animation is Film Festival", Peter Debruge mengatakan film ini memiliki visual animasi yang mengejutkan dan cerita orisinal yang tidak konvensional. Mungkin ini juga menjadi alasan kuat film ini mendapatkan nominasi Oscar dalam kategori Best Animated Feature.

Itu dia 5 film produksi Netflix yang Mendapatkan nominasi Oscar. Ada yang udah pernah nonton salah satu film di atas?

Baca Juga: 10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!

Moh Afif Bukhori Photo Writer Moh Afif Bukhori

Cukup diam, biarkan angin yang mengantarkan semua do'a yang telah diucapkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya