Comscore Tracker

Tak Melulu Syahdu, 10 Lagu Tentang Hujan Ini Bisa Masuk Playlist-mu

Cocok didengarkan saat sedang hujan

Saat ini kita sedang mengalami musim hujan dan oleh karenanya hampir setiap sore hujan selalu turun. Awan mendung, suara rintik, dan suasana hujan sering kali menjadi inspirasi para musisi dalam membuat lagunya yang dapat kita nikmati untuk menemani saat hujan turun.

Tidak selalu harus bernuansa syahdu, ada juga lagu dengan nada-nada mengasyikkan. Berikut ini 10 lagu Indonesia bertema hujan yang cocok kamu dengarkan untuk menemanimu saat hujan turun.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Jogja Bikin Rindu, Selalu Ada Alasan untuk Kembali

1. Hivi! - Musim Hujan 

https://www.youtube.com/embed/620_VyjIVUs

Musim hujan akhirnya datang 

Aku telah merindukannya 

Musim hujan selalu terkenang 

Aku mengingat Indahnya

Terdapat dalam Album Ceritera yang merupakan album ketiga Hivi!, lagu "Musim Hujan" ini cocok untuk menyambut datangnya musim hujan. Bercerita tentang kerinduan pada seseorang, lagu ini dinyanyikan secara ceria dan bisa menemanimu dalam sunyi.

2. Senar Senja - Dialog Hujan 

https://www.youtube.com/embed/9Ko9QshUOP8

Tanpa kata,tanpa Nada 

Rintik hujan pun menafsirkan kedamaian

Hanya rasa, hanya prasangka 

yang terdengar di dalam dialog hujan 

Beranggotakan Febri dan Adit, grup Senar Senja sudah terbentuk dari tahun 2012. Dengan musik yang slow dan tenang, lagu indie dari duo akustik ini sangat pas untuk kamu dengarkan saat hujan. Lagu ini bercerita tentang bagaimana hujan mampu menafsirkan apa yang kita rasakan dalam setiap rintik hujan yang turun.

3. Senandung - Hujan di Balik Jendela

https://www.youtube.com/embed/Arxrx0bnAxw

Tak berkedip mata berbisik 

Isyaratkan rindu yang dalam kepadamu 

Aku tenggelam bersama hujan 

Kan berlabuh di tepi ruang tak berujung 

Senandung adalah musisi indie yang terdiri dari Dwi Ardiyanto sebagai vokalis dan Innal sebagai gitaris. Mereka memulai debut pada tahun 2017.

Hujan terkadang membangkitkan memori kita pada seseorang dan ketika kita terpisah jarak serta waktu, akan muncul kerinduan yang mendalam dan terkadang sulit untuk diungkapkan. Lagu "Hujan di Balik Jendela" pas didengarkan buat kamu yang merasakan rindu tapi tak tahu bagaimana harus melampiaskannya.

4. Fatin - Pelangi dan Hujan 

https://www.youtube.com/embed/8qvN71oFvfg

Bersama pelangi dan hujan 

sepatu kita kan terus melangkah 

iringi riang jiwa 

yang sedang jatuh cinta 

Baru-Baru ini penyanyi jebolan X-Factor Indonesia, Fatin Shidqia mengeluarkan single bernuansa City Pop Jepang berjudul ''Pelangi Hujan". Lagu ini bercerita tentang pasangan yang baru saja menjalani hubungan sehingga cocok didengar buat kamu yang sedang jatuh cinta. Melengkapi nuansa City Pop Jepang, di dalam lagu ini ditambahkan sedikit lirik berbahasa Jepang.

5. Payung Teduh - Puan Bermain Hujan 

https://www.youtube.com/embed/fqEXoKriBXc

Menjelma bayang-bayang 

Dalam hening, dalam kerinduan 

Kudapati puan menangisi hujan 

Meratapi hujan

Lagu ini merupakan salah satu lagu dalam album terakhir Payung Teduh dengan Istiqamah Djamad atau biasa dipanggil Is. Lagu "Puan Bermain Hujan" bernuansa Keroncong dengan nada-nada yang mengasyikkan.

Baca Juga: 6 Lagu Indie Bertema Rindu yang Wajib Masuk Playlist, Bikin Baper!

6. Maliq & D'Essentials - Menari 

https://www.youtube.com/embed/bEy39kATNug

Menari-nari kita terus menari  meski hujan rintik turun 

mengalun-alun bersama alunan angin malam 

berpelukan (denganmu), berbagi senyuman (denganmu)

Mungkin banyak yang mengira Maliq dalam nama Maliq & D'Essentials merupakan sebuah nama. Padahal Maliq adalah kepanjangan dari Music and Live Instrument Quality. Lagu "Menari" merupakan single kedua Maliq & D'Essentials yang rilis pada tahun 2011. Lagu ini sangat pas dinikmati oleh orang yang sedang jatuh cinta. Bernuansa jazz, lagu ini mengajakmu untuk terus menari walau rintik hujan turun. 

7. Inna Kamarie - Hujan Gerimis 

https://www.youtube.com/embed/01CQy0k2XYQ

Eh ujan gerimis aje 

Ikan teri diasinin 

Eh jangan menangis aje, bang 

yang pergi jangan dipikirin

Lagu berjudul "Hujan Gerimis" ini merupakan lagu yang diciptakan dan dinyanyikan pertama kali oleh seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bang Ben. Lagu ini dinyanyikan kembali oleh Inna Kamarie dengan nuansa yang berbeda. Lagu yang berlirik pantun ini mengisyaratkan bahwa tidak perlu bersedih sebab putus cinta karena jodoh tak akan ke mana.

8. Sherina Munaf - Pelangiku 

https://www.youtube.com/embed/AOtdiA429Mk

Titik - titik hujan

Masih membasahi

Kala kau menyapa

Pelangiku

Meski ini lagu anak-anak, lagu yang satu ini juga masih terasa cocok untuk didengar oleh orang dewasa. Dinyanyikan Sherina Munaf, lagu yang satu ini menceritakan kerinduan akan kemunculan pelangi selepas hujan.

9. Frau - Mesin Penenun Hujan 

https://www.youtube.com/embed/ZkbhlIZyuiA

Merakit mesin penenun hujan 

Hingga terjalin terbentuk awan 

Semua tentang kebalikan 

Terlukis, tertulis, tergaris di wajahmu 

Lagu "Mesin Penenun Hujan" yang dinyanyikan Lani Frau memang paling pas menemani di saat hujan datang. Dengan alunan "Oscar", sebutan piano kesayangan sang penyanyi, lagu ini mengajakmu untuk segera bangkit walau awan kelabu dan hujan turun. Kamu boleh hilang seperti hujan, namun tak lama setelahnya kamu akan kembali menjadi awan yang lebih cerah dan indah.

10. Efek Rumah Kaca - Desember 

https://www.youtube.com/embed/thCLgGhJrLw

Aku selalu suka sehabis hujan dibulan Desember

Di bulan Desember

Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi

Dibalik awan hitam

Memasuki bulan Desember, lagu dari Efek Rumah Kaca ini bisa membuatmu merasa adem dan merenung saat hujan. Efek Rumah Kaca merupakan musisi indie yang sudah terbentuk sejak 2001 dan lagu mereka yang berjudul "Desember" ini menceritakan kesabaran seseorang menunggu datangnya pelangi setelah hujan.

 

Nah, itulah sederet rekomendasi lagu Indonesia bertema hujan yang bisa kamu masukkan ke playlist kamu saat musim hujan seperti saat ini. Selamat menikmati musim hujan!

Baca Juga: Padi Reborn dan Efek Rumah Kaca Basuh Kerinduan Fans di Medan

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/nidiapraja/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya